54 views
Ada Benjolan di Anus, Apakah Sudah Pasti Ambeien?

Ketika seseorang menemukan benjolan disekitar area anus, hal tersebut bisa menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan dan membuat cemas. Salah satu penyebab yang sering terlintas dalam pikiran adalah ambeien. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua benjola disekitar anus adalah tanda dari kondisi ini. Ada berbagai kondisi medis lainnya yang juga bisa menyebabkan benjolan di daerah tersebut. Mari kita eksplorasi lebih dalam untuk memahami apakah benjolan di anus sudah pasti merupkan tanda ambeien.

Apa itu ambeien ?

Ambeien, yang dikenal sebagai wasir, adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam atau disekitar anus dan rectum bagian bawah. Pembuluh darah ini dapat membengkak dan menjadi teriritasi, menyebabkan gejala seperti benjolan, rasa nyeri, gatal, dan perdarahan saat BAB. Ada 2 jenis ambeien : internal & eksternal

Ambeien internal terjadi didalam rectum, sehingga seringkali tidak terlihat atau teraba. Mereka bisa menimbulkan perdarahan saat BAB. Sementara itu, ambeien eksternal terbentuk di luar anus dan seringkali dapat terlihat dan teraba sebagai benjolan lunak.

Apakah Benjolan di Anus Selalu Ambeien?

Meskipun ambeien adalah salah satu penyebab umum benjolan di sekitar anus, bukanlah satu-satunya penyebab. Benjolan di daerah tersebut juga bisa disebabkan oleh kondisi medis lainnya, termasuk :

1. Abses anus

Ini adalah kantong yang berisi nanah yang terbentuk di sekitar anus atau dalam saluran rectum. Abses anus seringkali menyebabkan rasa nyeri yang parah dan pembengkakan di area tersebut.

2. Fistula anus

Fistula adalah saluran kecil yang terbentuk antara permukaan kulit di sekitar anus dan saluran rectum. Mereka bisa terjadi setelah abses anus pecah dan dapat menyebabkan benjolan , rasa nyeri, dan perdarahan.

Baca Juga:  4 Tips Lengkap Memilih Klinik Wasir Terpercaya

3. Kandiloma akuminata ( kutil kelamin)

Ini adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus HPV ( Human Papillomavirus )> Kandiloma akuminata bisa muncul sebagai benjolan di sekitar anus atau area genital lainnya.

4. Kanker anus

Meskipun jarang, kanker anus juga dapat menyebabkan benjolan di sekitar anus , terutama jika sudah mencapai tahap lanjut

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Jika anda menemukan benjolan di sekitar anus atau mengalami gejala lain seperti nyeri, perdarahan, atau gatal-gatal yang tidak kunjung reda, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis yang berkualifikasi. Mereka dapat untuk pemeriksaan tambahan seperti kolonoskopi atau tes lainnya untuk menegakkan diagnosis dengan tepat. Datang saja ke Klinik Utama Bedah STWC, terdapat dokter-dokter spesialis bedah yang sudah berpengalaman dalam menangani kasus wasir dan penyakit anorectal lainya, silakan hubungi langsung nomor admin untuk booking No wa : 087887566315, atau bisa langsung dating ke klinik alamatnya di : Rukan Kencana Niaga D1/2N, Jl. Aries Utama IV No.7, Meruya Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *