11 views
Akibat Menahan Buang Air Besar (BAB)

Akibat Menahan Buang Air Besar (BAB)

Menahan buang air besar (BAB) adalah kebiasaan yang mungkin pernah dilakukan oleh banyak orang karena berbagai alasan, seperti ketidaknyamanan atau situasi yang tidak memungkinkan. Namun, kebiasaan ini dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan jika dilakukan secara berulang. Berikut adalah beberapa akibat menahan BAB:

  1. Konstipasi

Salah satu akibat langsung dari menahan BAB adalah konstipasi atau sembelit. Ketika feses tetap berada dalam usus besar terlalu lama, air akan diserap kembali oleh tubuh, membuat feses menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan. Ini bisa menyebabkan rasa sakit saat buang air besar dan membuat seseorang merasa tidak nyaman sepanjang hari.

  1. Pembentukan hemoroid atau wasir akibat menahan BAB

Menahan BAB dapat meningkatkan tekanan di dalam usus besar dan rektum. Tekanan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus membengkak, yang dikenal sebagai hemoroid atau wasir. Hemoroid dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan bahkan pendarahan saat buang air besar.

  1. Inkontinensia usus

Kebiasaan menahan BAB dapat melemahkan otot-otot di sekitar anus dan rektum. Jika otot-otot ini menjadi lemah, seseorang dapat mengalami inkontinensia usus, yaitu ketidakmampuan untuk mengontrol buang air besar. Ini bisa menyebabkan bocornya feses secara tidak sengaja, yang tentunya sangat mengganggu dan memalukan.

  1. Keracunan tubuh

Feses adalah sisa pencernaan yang mengandung racun dan bakteri. Ketika feses tetap berada dalam tubuh terlalu lama, racun-racun ini bisa diserap kembali oleh tubuh melalui dinding usus. Ini bisa menyebabkan gejala seperti sakit kepala, mual, dan kelelahan.

  1. Risiko Perforasi Usus

Dalam kasus yang sangat jarang namun serius, menahan BAB dapat menyebabkan perforasi usus. Ini adalah kondisi di mana dinding usus berlubang karena tekanan yang terlalu besar, yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

  1. Gangguan mental dan emosional

Menahan BAB juga bisa mempengaruhi kesehatan mental dan emosional. Rasa tidak nyaman dan sakit yang ditimbulkan oleh konstipasi atau hemoroid bisa menyebabkan stres dan kecemasan. Selain itu, kekhawatiran akan buang air besar di tempat yang tidak nyaman atau tidak bersih bisa menambah beban mental seseorang.

Baca Juga:  Pola Hidup Sehat untuk Penderita Fisura Ani

Cara Mencegah Akibat dan Mengatasi Kebiasaan Menahan BAB

Untuk mencegah dan mengatasi kebiasaan menahan BAB, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Makan makanan tinggi serat
    Makanan tinggi serat seperti buah, sayur, dan biji-bijian dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.
  • Minum cukup air
    Cairan membantu melunakkan feses dan memudahkan buang air besar.
  • Rutinitas toilet yang teratur
    Cobalah untuk buang air besar pada waktu yang sama setiap hari untuk membentuk kebiasaan yang sehat.
  • Aktivitas fisik
    Olahraga dapat merangsang pergerakan usus dan membantu melancarkan pencernaan.
  • Jangan menunda ke toilet
    Jika merasa ingin buang air besar, segeralah ke toilet. Menahan BAB hanya akan memperburuk kondisi.

Kesimpulan: Akibat Menahan BAB

Menahan buang air besar adalah kebiasaan yang sebaiknya dihindari karena dapat membawa berbagai dampak negatif bagi kesehatan. Mulai dari konstipasi hingga masalah yang lebih serius seperti hemoroid dan inkontinensia usus. Oleh karena itu, penting untuk membentuk kebiasaan buang air besar yang sehat dan segera merespons ketika tubuh memberi sinyal untuk BAB. Dengan begitu, kita bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *