11 views
Alasan Terjadi Ambeien di Usia Tua

Ambeien di usia tua atau wasir merupakan suatu kondisi yang umum terjadi khususnya pada lansia yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah ini. Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam atau di sekitar anus dan rektum. Pada lansia, berbagai faktor menyebabkan tingkat kejadian wasir yang lebih tinggi.

Alasan Ambeien di Usia Tua Beresiko Lebih Tinggi Terjadi

1. Proses penuaan alami

Salah satu alasan utama adalah proses penuaan alami. Secara alami, elastisitas jaringan tubuh mulai menurun seiring bertambahnya usia. Perubahan ini mempengaruhi pembuluh darah di daerah anus dan rektum, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan lebih mudah terjadi pada pembuluh darah tersebut, yang pada gilirannya dapat menyebabkan wasir.

2. Penurunan aktivitas fisik memicu ambeien di usia tua

Lansia cenderung mengalami penurunan aktivitas fisik. Kurangnya gerakan atau olahraga dapat menyebabkan masalah dengan sirkulasi darah, termasuk sirkulasi di area panggul. Kurangnya sirkulasi darah yang baik dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus dan rektum membengkak dan menyebabkan wasir.

3. Masalah sembelit

Masalah sembelit lebih umum terjadi pada lansia karena perubahan gaya hidup, penurunan asupan serat, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Sembelit dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam saluran pencernaan, termasuk area panggul, yang berkontribusi pada pembentukan atau memperburuk wasir.

Baca Juga:  5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Sunat Agar Luka Cepat Kering

4. Kebiasaan buang air besar yang buruk

Banyak lansia memiliki kebiasaan buang air besar yang buruk, seperti menahan dorongan untuk buang air besar, terlalu sering mengejan, atau duduk terlalu lama di toilet. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat meningkatkan tekanan pada area anus dan rektum, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan pembuluh darah dan akhirnya menyebabkan wasir.

5. Penyakit terkait lansia selain ambeien di usia tua

Beberapa penyakit yang lebih umum terjadi pada lansia, seperti hipertensi, diabetes, atau penyakit jantung, dapat berkontribusi pada risiko wasir. Beberapa obat yang digunakan dalam pengobatan kondisi-kondisi tersebut juga dapat menyebabkan sembelit atau dehidrasi, yang berpotensi memperburuk wasir.

Pencegahan Ambeien di Usia Tua

Meskipun risiko wasir pada lansia meningkat, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil untuk mengurangi kemungkinan terjadinya atau memperburuk kondisi tersebut:

1. Pola makan sehat

Meningkatkan asupan serat dalam makanan dapat membantu mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar. Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber serat lainnya harus menjadi bagian dari pola makan sehari-hari. Selain itu, penting untuk minum cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Aktivitas fisik teratur

Mengadopsi gaya hidup aktif dan rutin berolahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko wasir pada lansia.

3. Hindari menahan dorongan buang air besar

Disarankan untuk segera buang air besar saat merasakan dorongan, dan hindari mengejan terlalu kuat saat buang air besar.

4. Pertahankan berat badan yang sehat

Memperhatikan berat badan dan menghindari obesitas juga dapat membantu mengurangi risiko wasir dan masalah pencernaan lainnya.

5. Periksa secara rutin ke dokter

Lansia, terutama yang memiliki riwayat wasir, sebaiknya menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin. Dokter dapat memberikan nasihat dan pengobatan yang tepat jika wasir mulai berkembang atau memburuk.

Baca Juga:  4 Tanaman Ini Berkhasiat sebagai Obat Herbal untuk Wasir

Kesimpulan

Wasir adalah masalah yang umum terjadi pada lansia, dan ada beberapa alasan mengapa lansia lebih berisiko mengalaminya. Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, memperhatikan pola makan, dan tetap aktif secara fisik, risiko wasir pada lansia dapat dikurangi. Penting bagi lansia untuk lebih memperhatikan kesehatan panggul mereka dan berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala wasir atau masalah pencernaan lainnya.

Konsultasikan wasir atau penyakit anorektal kamu dengan dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta. ST Wasir Center hadir sebagai solusi permasalahan wasir dengan membawa berbagai layanan metode terkini untuk pengobatan wasir. Pengobatannya juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan tenaga medis ahli professional, juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Kamu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *