14 views
Ambeien Berdarah Saat Hamil

Ambeien, yang juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi umum yang terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus dan rektum mengalami pembengkakan dan peradangan. Kondisi ini bisa sangat mengganggu, terutama saat hamil. Ambeien yang berdarah saat hamil bisa menjadi masalah yang serius dan memerlukan perhatian medis.

Penyebab Ambeien Berdarah Saat Hamil

Ambeien berdarah saat kehamilan terjadi karena tekanan yang meningkat pada pembuluh darah di daerah anus dan rektum. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan ini selama kehamilan meliputi:

  1. Perubahan hormonal
    Selama kehamilan, tubuh mengalami perubahan hormonal yang dapat mempengaruhi pembuluh darah, membuatnya lebih mudah untuk membengkak.
  2. Peningkatan berat badan
    Pertambahan berat badan selama kehamilan menambah tekanan pada daerah panggul dan dubur, menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus dan rektum menjadi tertekan.
  3. Konstipasi
    Konstipasi atau sembelit umum terjadi selama kehamilan karena perubahan hormonal yang memperlambat pergerakan usus. Tekanan yang diberikan saat mengejan saat buang air besar dapat memperparah ambeyen.
  4. Tekanan janin
    Pertumbuhan janin dalam rahim dapat menekan pembuluh darah di sekitar panggul, menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah tersebut.

Gejala Ambeien Berdarah Saat Kehamilan

  • Darah segar yang muncul setelah buang air besar.
  • Rasa gatal atau terbakar di daerah anus.
  • Benjolan yang muncul di sekitar anus yang dapat terasa nyeri atau tidak nyaman.
  • Rasa tidak nyaman atau nyeri saat duduk atau berjalan.

Konsultasikan Kepada Dokter

Sangat penting bagi Anda yang mengalami ambeien berdarah saat hamil untuk berkonsultasi kepada dokter. Jabarkan keluhan Anda kepada dokter yang menangani kehamilan Anda. Setelah itu, Anda bisa mendiskusikan apakah perlu untuk ke dokter spesialis bedah atau tidak. Sangat baik apabila kedua dokter dapat bekerja sama demi kenyamanan dan kesehatan Anda.

Baca Juga:  13 Penyebab Ambeien yang Sering Disepelekan!

Kesimpulan

Ambeien berdarah saat hamil bisa menjadi masalah yang tidak hanya mengganggu tetapi juga menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan. Penting bagi wanita hamil untuk mengetahui penyebab, gejala, dan opsi pengobatan yang tersedia untuk mengatasi kondisi ini. Konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang sesuai jika Anda mengalami gejala ambeyen berdarah selama kehamilan.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *