11 views
Apa Angkat Beban Bisa Sebabkan Ambeien? 

Ambeien, atau dalam istilah medis dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum bagian bawah mengalami pembengkakan atau peradangan. Banyak faktor yang bisa memicu atau memperburuk ambeien, salah satunya yang sering disebut adalah angkat beban. Namun, apakah angkat beban benar-benar bisa menyebabkan ambeien? Mari kita telaah lebih lanjut.

Apa Sebenarnya Ambeien?

Ambeien adalah kondisi umum yang dapat dialami oleh siapa saja. Gejala ambeien meliputi:

  • Pendarahan saat buang air besar
  • Pembengkakan di sekitar anus
  • Gatal atau iritasi di daerah anus
  • Nyeri atau ketidaknyamanan

Ambeien terbagi menjadi dua jenis, yaitu internal dan eksternal. Ambeien internal terjadi di dalam rektum, sementara ambeien eksternal muncul di bawah kulit sekitar anus.

Penyebab Ambeien

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena ambeien antara lain:

  • Konstipasi kronis
  • Diare berkepanjangan
  • Kurangnya asupan serat
  • Duduk terlalu lama di toilet
  • Kehamilan
  • Kelebihan berat badan
  • Faktor genetik

Angkat Beban Menyebabkan Ambeien, Benarkah?

Olahraga, termasuk angkat beban, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, olahraga tertentu yang melibatkan peningkatan tekanan intra-abdomen dapat memicu atau memperburuk ambeien. Berikut adalah bagaimana angkat beban dapat mempengaruhi kondisi ini:

  1. Peningkatan Tekanan Intra-Abdomen: Ketika seseorang mengangkat beban berat, tekanan dalam rongga perut meningkat. Tekanan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di daerah rektum dan anus menjadi tertekan dan membengkak, yang dapat memicu atau memperburuk ambeien.
  2. Menahan Napas (Maneuver Valsalva): Teknik yang sering digunakan dalam angkat beban adalah menahan napas saat mengangkat untuk meningkatkan kekuatan otot inti. Namun, teknik ini juga meningkatkan tekanan intra-abdomen, yang dapat berdampak negatif pada pembuluh darah di rektum dan anus.
Baca Juga:  Apakah Operasi Wasir Harus Rawat Inap?

Cara Mencegah Ambeien Saat Angkat Beban

Meskipun angkat beban dapat meningkatkan risiko ambeien, bukan berarti Anda harus menghentikan aktivitas ini. Beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil untuk mengurangi risiko adalah:

  1. Teknik yang Tepat: Pastikan Anda menggunakan teknik angkat beban yang benar. Konsultasikan dengan pelatih profesional untuk memastikan postur dan teknik Anda benar.
  2. Menghindari Beban Terlalu Berat: Jangan memaksakan diri mengangkat beban yang terlalu berat. Sesuaikan beban dengan kemampuan fisik Anda.
  3. Nafas yang Teratur: Hindari menahan napas saat mengangkat beban. Usahakan untuk bernapas dengan teratur dan konsisten selama latihan.
  4. Perkuat Otot Inti: Memperkuat otot inti dapat membantu mengurangi tekanan pada rektum dan anus saat mengangkat beban.
  5. Konsumsi Serat yang Cukup: Pastikan diet Anda kaya akan serat untuk mencegah konstipasi, yang dapat memperburuk ambeien.
  6. Hidrasi yang Cukup: Minum air yang cukup setiap hari untuk menjaga sistem pencernaan tetap lancar.

Kesimpulan: Apakah Angkat Beban Berat Menyebabkan Ambeien?

Angkat beban memang dapat menjadi salah satu faktor yang memperburuk atau memicu ambeien, terutama jika dilakukan dengan teknik yang kurang tepat dan beban yang berlebihan. Namun, dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda tetap bisa menjalani aktivitas ini tanpa harus khawatir dengan risiko ambeien. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan atau pelatih fitness jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai latihan angkat beban dan kondisi kesehatan Anda. Jika Anda sudah mengalami gejala ambeien, tidak perlu khawatir karena klinik ST Wasir Center bisa menjadi solusi menyembuhkan ambeien anda, hubungi 0878-8756-6315 untuk informasi lebih lanjut. 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *