202 views
Apakah ada Hubungan Antara Maag dan Wasir?

Penyakit maag dan wasir merupakan gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan. Ketika asam lambung naik, dapat terjadi iritasi pada lapisan lambung dan kerongkongan, yang dapat memicu peradangan dan luka. Gejala asam lambung naik seperti panas dan nyeri di area perut hingga dada (heartburn) serta mual dan ingin muntah. Lalu apa hubungan antara maag dan wasir? Simak ulasannya pada artikel berikut ini. 

Penyakit Wasir

Wasir merupakan kondisi di mana pembuluh darah di bagian anus atau rektum mengalami pembengkakan dan peradangan. Terdapat dua jenis wasir, yaitu wasir internal dan eksternal. Wasir internal terjadi di dalam rektum dan biasanya tidak terlihat atau terasa, sementara wasir eksternal terletak di sekitar anus dan dapat menimbulkan rasa nyeri dan gatal.

Gejala Wasir

Gejala penyakit wasir pada tingkat dasar dapat hanya berupa darah yang menetes pada saat buang air besar sampai timbulnya benjolan dari anus. Benjolan yang keluar dari anus tersebut bisa masuk secara spontan dengan sendirinya maupun dibantu tangan. Namun, dapat pula tak dapat masuk kembali dan memerlukan tindakan lebih invasif Pada stadium lanjut, wasir perlu dioperasi. Bisa pula timbul keluhan gatal dan nyeri di anus.  

Baca Juga:  5 Pengobatan di Klinik Wasir Jakarta Barat

Penyakit Maag

Penyakit maag  yang secara medis dikenal sebagai penyakit tukak lambung atau gastritis adalah kondisi di mana lapisan pelindung lambung mengalami peradangan atau luka. Maag dapat disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori, penggunaan jangka panjang obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), konsumsi alkohol berlebihan, merokok, stres, serta pola makan yang tidak sehat seperti makan terlalu banyak atau terlalu cepat.

Gejala Sakit Maag

Tidak sulit untuk mengidentifikasi gejala maag. Tanda dan gejala yang dapat dikenali, antara lain:

  • Cepat merasa kenyang saat makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan.
  • Mual.
  • Kembung pada perut bagian atas.
  • Sering bersendawa.
  • Nyeri pada ulu hati dan nyeri di tengah dada yang muncul ketika atau setelah makan.
  • Rasa panas pada perut bagian atas.

Selain gejala di atas, maag juga dapat menimbulkan rasa panas di dalam dada akibat naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan. Stres dapat memperburuk kondisi ini. 

Hubungan Maag dan Wasir

Meskipun maag dan wasir adalah dua kondisi yang berbeda, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hubungan antara keduanya. Berikut ini hubungan antara maag dan wasir.

Kebiasaan buang air besar yang tidak tepat

Seseorang yang menderita maag mungkin cenderung mengalami sembelit atau diare. Buang air besar yang tidak teratur atau terlalu sering dapat menyebabkan tekanan pada daerah perut dan anus, yang dapat memicu atau memperburuk wasir.

Konstipasi

Konstipasi adalah salah satu gejala umum maag. Ketika seseorang menderita konstipasi, ia cenderung mengejan saat buang air besar. Tekanan yang dihasilkan saat mengejan dapat menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus, yang dapat memicu wasir.

Penggunaan Obat Penghilang Rasa Sakit

Beberapa obat penghilang rasa sakit yang sering digunakan untuk meredakan gejala maag, seperti ibuprofen atau aspirin, dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung dan menyebabkan perdarahan yang berkontribusi pada perkembangan atau perburukan wasir.

Baca Juga:  Menjaga Gaya Hidup untuk Mengurangi Risiko Fistula Ani

Pencegahan dan Penanganan Sakit Maag dan Wasir

Untuk mengurangi risiko wasir dan mencegah perburukan gejala wasir pada penderita maag, berikut beberapa langkah yang dapat diambil:

Makan dengan teratur dan sehat

Konsumsilah makanan sehat dan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sereal yang tinggi serat. Ini membantu mencegah sembelit dan memperlancar pencernaan.

Minum air yang cukup

Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik untuk menjaga tinja tetap lunak dan memudahkan buang air besar.

Hindari penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS)

Jika kamu menderita maag, hindari atau batasi penggunaan obat-obatan seperti ibuprofen, aspirin, atau naproxen, kecuali atas rekomendasi dokter. Penggunaan jangka panjang OAINS dapat merusak lapisan pelindung lambung dan meningkatkan risiko wasir.

Olahraga teratur

Lakukan aktivitas fisik secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat dan meningkatkan sirkulasi darah. Olahraga juga membantu mengurangi risiko sembelit, yang dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus.

Hindari mengejan saat buang air besar

Hindari mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Jika kamu merasa kesulitan, cobalah mengubah pola makan dengan menambahkan lebih banyak serat dalam diet kamu, atau konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan pencahar yang aman.

Gunakan bantuan pencahar

Jika kamu menderita maag dan cenderung mengalami sembelit, dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan pencahar yang lembut untuk mencegah konstipasi dan meringankan gejala wasir.

Jaga kebersihan anus

Setelah buang air besar, bersihkan daerah anus dengan lembut menggunakan air hangat atau tisu basah tanpa alkohol. Hindari penggunaan tisu kasar yang dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar anus.

Konsultasikan dengan dokter

Jika kamu menderita maag dan mengalami gejala wasir yang mengganggu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran dan pengobatan yang tepat untuk mengelola kedua kondisi tersebut.

Baca Juga:  Perbandingan Sunat Tradisional Dengan Modern (Sunat Stepler)

Kamu bisa mengunjungi Klinik ST Wasir Center Jakarta yang menawarkan solusi komprehensif untuk pengobatan wasir stadium 1. Klinik ini menyediakan berbagai opsi pengobatan, termasuk obat-obatan dan prosedur non-bedah seperti ligasi karet, ultrasonic, dan radiofrekuensi. Selain itu, ST Wasir Center juga dapat memberikan rekomendasi tentang perubahan gaya hidup dan pola makan sehat untuk mengurangi risiko wasir berulang.

Klinik ST Wasir Center tidak hanya menerima konsultasi langsung di tempat, tetapi juga menyediakan layanan konsultasi online bagi pasien yang berada di luar kota. Jika kamu memiliki pertanyaan tentang wasir dan penyakit anorektal lainnya, kamu bisa menghubungi call center di nomor 0878-8756-6315 atau mengunjungi media sosial mereka seperti Instagram @stwasircenter, Facebook ST Wasir Center, atau Youtube STWC. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut dan mengambil langkah awal untuk menangani masalah wasir dengan nyaman dan terpercaya.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *