7 views
Apakah Ambeien Luar Bisa Kempes?

Ambeien, atau hemoroid, adalah kondisi yang cukup umum di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum membengkak dan meradang. Ambeien luar, yang terletak di sekitar anus, sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit yang lebih parah dibandingkan ambeien dalam. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah: apakah ambeien luar bisa kempes? Jawabannya adalah ya, ambeien luar bisa kempes dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup. Berikut ini beberapa metode yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan akibat ambeien luar.

Apakah Ambeien Luar Bisa Kempes? Bagaimana Caranya?

  1. Perubahan pola makan

    Diet yang seimbang dan kaya serat sangat penting dalam mengelola ambeien. Makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan membantu melunakkan tinja, sehingga memudahkan buang air besar dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Selain itu, minum banyak air setiap hari sangat penting untuk menjaga hidrasi dan mencegah sembelit.

  2. Penggunaan obat topikal

    Ada berbagai obat topikal yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala ambeien luar. Krim, salep, dan supositoria yang mengandung lidokain dapat membantu mengurangi rasa sakit, sementara hidrokortison dapat mengurangi peradangan. Produk ini biasanya dapat ditemukan di apotek tanpa resep dokter.

  3. Berendam dalam air hangat

    Berendam dalam air hangat selama 15-20 menit beberapa kali sehari, terutama setelah buang air besar, dapat sangat membantu dalam meredakan gejala ambeien luar. Air hangat meningkatkan aliran darah ke area yang terkena, membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

  4. Menghindari mengejan saat buang air besar

    Mengejan saat buang air besar dapat memperburuk ambeien luar. Untuk menghindari ini, pastikan tidak menunda buang air besar dan cobalah untuk buang air besar segera setelah merasa ingin. Selain itu, menggunakan toilet yang memungkinkan posisi jongkok dapat membantu mengurangi tekanan pada daerah anus.

  5. Menggunakan bantalan atau alas duduk khusus

    Bantalan berbentuk donat atau alas duduk yang empuk dapat membantu mengurangi tekanan pada ambeien luar saat duduk. Disarankan untuk menghindari duduk terlalu lama dan berdiri atau berjalan-jalan secara berkala untuk mengurangi tekanan pada daerah anus.

  6. Apakah ambeien luar bisa kempes? Coba prosedur medis minim invasif

    Jika metode konservatif tidak efektif, ada beberapa prosedur medis minim invasif yang dapat membantu mengempiskan ambeien luar. Prosedur ini termasuk ligasi pita karet, skleroterapi, dan koagulasi inframerah. Prosedur ini biasanya cepat dan dapat dilakukan tanpa rawat inap.

  7. Operasi

    Dalam kasus yang sangat parah, operasi mungkin diperlukan untuk menghilangkan ambeien luar. Prosedur ini disebut hemoroidektomi. Meskipun operasi ini efektif, biasanya dianggap sebagai pilihan terakhir setelah semua metode lain gagal.

Kesimpulan: Apakah Ambeien Luar Bisa Kempes

Ambeien luar bisa kempes dengan perawatan yang tepat, perubahan gaya hidup, dan kadang-kadang intervensi medis. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan rekomendasi perawatan yang sesuai. Dengan langkah-langkah yang tepat, banyak orang dapat mengurangi gejala ambeien luar dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

 

Rate this post
Baca Juga:  Fisura Ani Sering Terjadi Pada Anak, Apa Alasanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *