10 views
Apakah Operasi Ambeien Dijahit?

Ambeien, atau hemoroid, adalah kondisi medis di mana pembuluh darah di daerah anus atau rektum mengalami pembengkakan dan peradangan. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu metode pengobatan ambeien yang sering direkomendasikan oleh dokter adalah operasi. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah operasi ambeien dijahit? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu memahami jenis-jenis operasi ambeien dan teknik yang digunakan.

Apakah Operasi Ambeien Dijahit? Kenali Jenis-Jenis Operasi Ambeien

  1. Hemoroidektomi konvensional

    Hemoroidektomi adalah prosedur pembedahan yang paling umum untuk mengatasi ambeien besar atau ambeien yang tidak merespon pengobatan lain. Pada prosedur ini, dokter bedah akan memotong jaringan ambeien yang membengkak. Biasanya, setelah jaringan ambeien diangkat, area yang dioperasi akan dijahit untuk menutup luka dan mencegah perdarahan. Jahitan ini akan larut dengan sendirinya atau akan dilepas setelah beberapa waktu tergantung pada jenis benang yang digunakan.

  2. Stapled hemorrhoidopexy

    Prosedur ini, juga dikenal sebagai PPH (Procedure for Prolapse and Hemorrhoids), adalah teknik yang lebih modern dibandingkan hemoroidektomi konvensional. Dalam prosedur ini, alat stapler khusus digunakan untuk mengembalikan jaringan hemoroid ke posisi normal dan menghilangkan aliran darah ke hemoroid sehingga mengecil dan mengering. Tidak seperti hemoroidektomi konvensional, prosedur ini tidak memerlukan jahitan karena stapler secara otomatis menutup luka.

  3. Apakah operasi ambeien dengan ligasi arteri hemoroid dijahit?

    Teknik ini menggunakan Doppler untuk menemukan dan mengikat arteri yang menyuplai darah ke hemoroid. Dengan berkurangnya aliran darah, hemoroid akan menyusut. Prosedur ini tidak melibatkan jahitan karena hanya melibatkan pengikatan arteri.

  4. Laser dan radiofrekuensi: operasi ambeien modern yang tidak dijahit

    Operasi dengan laser atau radiofrekuensi adalah teknik non-invasif yang digunakan untuk memotong dan menghancurkan jaringan ambeien. Metode ini biasanya tidak memerlukan jahitan karena luka yang dihasilkan sangat kecil dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Operasi Ambeien Jika Dijahit?

Kelebihan

  • Hemoroidektomi konvensional
    Jahitan dapat membantu memastikan bahwa luka tertutup dengan rapat sehingga mengurangi risiko infeksi dan perdarahan setelah operasi.
  • Pemulihan lebih cepat
    Dengan adanya jahitan, jaringan bisa menyatu lebih cepat sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Kekurangan

  • Rasa nyeri
    Pasien mungkin mengalami rasa nyeri yang lebih intens di area yang dijahit.
  • Perawatan pasca operasi
    Jahitan memerlukan perawatan pasca operasi yang lebih intensif, termasuk menjaga kebersihan area yang dioperasi untuk mencegah infeksi.

Kesimpulan

Tidak semua operasi ambeien memerlukan jahitan. Keputusan untuk menjahit atau tidak bergantung pada jenis operasi yang dilakukan dan kondisi spesifik pasien. Hemoroidektomi konvensional biasanya melibatkan jahitan untuk menutup luka dan mencegah perdarahan, sementara teknik-teknik modern seperti stapled hemorrhoidopexy dan penggunaan laser tidak memerlukan jahitan. Penting bagi pasien untuk mendiskusikan pilihan terbaik dengan dokter mereka untuk menentukan metode yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mereka.

Rate this post
Baca Juga:  Jengger Ayam pada Wanita, Kok Bisa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *