41 views
Apakah Wasir Bisa Sembuh Total?

Wasir adalah pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah di daerah rektum dan anus. Kondisi ini dapat terjadi baik di dalam anus (wasir internal) maupun di sekitar anus (wasir eksternal). Wasir eksternal dapat terlihat sebagai benjolan di sekitar anus, sementara wasir internal biasanya tidak terlihat karena terletak di dalam rektum. Beberapa orang mungkin akan bertanya, apakah wasir bisa sembuh total? simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Penyebab Wasir

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan wasir meliputi:

  1. Tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul karena sering mengangkat beban berat.
  2. Konstipasi kronis yang menyebabkan tegang saat buang air besar.
  3. Diare kronis.
  4. Kehamilan, karena rahim yang membesar dapat menekan pembuluh darah di area panggul.
  5. Keturunan, dimana seseorang lebih rentan mengalami wasir jika ada riwayat keluarga yang menderita wasir.

Pengobatan Wasir

Pengobatan wasir bertujuan untuk mengurangi gejala dan memperbaiki kualitas hidup pasien. Seseorang yang melakukan pengobatan wasir dapat mencakup:

  1. Perubahan gaya hidup: Mengadopsi pola makan yang sehat, mengonsumsi makanan tinggi serat untuk mencegah sembelit, dan menghindari mengangkat beban berat.
  2. Obat-obatan: Beberapa obat, seperti salep atau krim yang mengandung kortikosteroid, dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa gatal dan perih.
  3. Sclerotherapy: Prosedur di mana dokter menyuntikkan larutan yang menyebabkan wasir mengkerut dan kering.
  4. Kauterisasi: Proses menghilangkan wasir dengan menggunakan alat yang memancarkan panas atau listrik untuk membakar dan mengeringkannya.
  5. Ligasi: Prosedur yang melibatkan pemasangan cincin karet di pangkal wasir untuk memutus aliran darah dan membuatnya kering dan luruh.

Apakah Wasir Bisa Sembuh Total?

Pertanyaan yang sering diajukan adalah apakah wasir bisa sembuh total. Jawabannya bergantung pada tingkat keparahan wasir dan jenis pengobatan yang diterapkan.

Baca Juga:  Menjaga Kebersihan yang Baik Setelah Perawatan Fistula Ani

Untuk wasir ringan yang tidak parah, perubahan gaya hidup seperti mengonsumsi makanan berserat tinggi dan menjaga pola buang air besar yang teratur bisa membantu mengurangi gejala dan membuat wasir sembuh total. Namun, jika wasir lebih parah, mungkin dibutuhkan pengobatan medis, seperti operasi wasir menggunakan teknologi ultrasonic, radiofrekuensi, dan ligating band.

Meskipun pengobatan medis dapat membantu menghilangkan wasir yang sudah ada, perlu diingat bahwa wasir dapat kambuh jika tidak diikuti dengan perubahan gaya hidup yang sehat. Kebiasaan buruk, seperti sering mengangkat beban berat atau kebiasaan buang air besar yang buruk, dapat menyebabkan wasir kembali muncul.

Apabila kamu atau kerabat terdekat mengalami gejala ambeien yang tak kunjung membaik meski sudah melakukan perawatan di rumah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di Klinik ST Wasir Center agar mendapatkan penanganan secara tepat.

Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara gratis via chat dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp atau kamu juga bisa mengunjungi media sosial STWC seperti Instagram @stwasircenter, Facebook ST Wasir Center, atau Youtube STWC.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *