35 views
Apakah Wasir Bisa Terjadi Pada Remaja?

Wasir atau disebut juga Hemoroid merupakan kondisi di mana terjadi pembengkakan pembuluh darah pada anus. Wasir dapat terjadi pada usia remaja hingga dewasa, namun jarang ditemukan pada anak-anak. 

Apa saja tahapan dalam penyakit ambeien?

Berdasarkan tingkat keparahannya wasir dapat dibagi menjadi 4 derajat:

  1. Derajat 1: terjadi perdarahan dari anus saat BAB, darah menetes dan berwarna merah segar. Tidak terdapat benjolan di tepi anus
  2. Derajat 2: timbul benjolan pada tepi anus yang dapat masuk dengan sendirinya
  3. Derajat 3: benjolan anus harus dimasukkan dengan jari
  4. Derajat 4: benjolan anus tidak dapat masuk kembali

Bagaimana cara memberikan perawatan wasir pada remaja?

Penanganan wasir derajat 1-2 meliputi perubahan pola hidup dan pemberian obat-obatan:

  • analgetik untuk meredakan nyeri
  • obat pencahar untuk melancarkan BAB
  • obat untuk mengatasi pembengkakan pembuluh darah, baik dalam bentuk topikal/salep, suppositoria (obat yang dimasukkan ke dalam anus), maupun obat oral/minum.

Bila kondisi terus berlanjut (derajat 3-4) dan tidak berhasil ditangani dengan cara biasa, maka akan dianjurkan untuk dilakukan tindakan non-operatif (suntikan skleroterapi, pengikatan hemoroid, koagulasi dengan inframerah) maupun tindakan operatif dengan pembedahan.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami memang disebabkan oleh wasir. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik melalui pengamatan maupun pemeriksaan colok dubur untuk menilai keluhan yang terjadi.

Pada kasus tertentu jika diperlukan dokter akan menganjurkan tes penunjang seperti proktoskopi untuk menelusuri lebih jauh. Dengan demikian penanganan yang tepat akan dapat diberikan sesuai dengan kondisi yang mendasarinya. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:

  • Banyak minum air putih 10-12 gelas sehari untuk menjaga pencernaan tetap lancar
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi (buah, sayur, oat)
  • Jangan menahan keinginan untuk BAB
  • BAB secara teratur
  • Jangan mengejan berlebihan
  • Hindari duduk terlalu lama atau mengangkat beban berat
Baca Juga:  Apakah Fistula Ani Penyakit Keturunan?

Jika, kamu mengalami ambeien dalam maupun luar, maka kamu bisa datang ke klinik wasir terpercaya, ST Wasir Center. Klinik ini memiliki beberapa metode operasi wasir yang aman, nyaman, dan membutuhkan waktu yang relatif singkat. Metode operasi wasir di Klinik ST Wasir Center tidak memerlukan rawat inap seperti di Rumah Sakit pada umumnya.  Keunggulan klinik ini yaitu ditangani oleh dokter spesialis bedah yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun. 

Selain menerima konsultasi langsung diklinik, ST Wasir Center juga menyediakan konsultasi online untuk memudahkan pasien luar kota untuk berkonsultasi. Pertanyaan seputar wasir dapat menghubungi call center 0878-8756-6315 atau mengunjungi media sosial Instagram @stwasircenter, Facebook ST Wasir Center atau Youtube: STWC.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *