7 views
Apakah Wasir Menular?

Wasir atau dalam bahasa ilmiahnya hemorhoid adalah istilah untuk suatu kondisi ketika pembuluh darah di sekitar anus dan bagian bawah rektum mengalami iritasi dan pembengkakan. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, salah satu penyebab wasir adalah mengonsumsi makanan yang tidak sehat serta menjalani pola hidup  yang tidak teratur. Mungkin, sebagian dari Anda penasaran, apakah wasir termasuk penyakit menular? Artikel ini akan membahas permasalahan tersebut.

Apakah Wasir Merupakan Penyakit Menular?

Wasir bukanlah penyakit menular. Wasir umumnya disebabkan oleh pola hidup yang dijalani penderitanya, bukan karena virus. Dengan kata lain, wasir tidak dapat menular dari satu manusia ke manusia lainnya. Namun, meskipun bukan merupakan penyakit menular, wasir dapat menjadi semakin parah dalam beberapa kasus, seperti terjadinya pendarahan.

Penyebab munculnya wasir

  1. Mengejan keras saat buang air besar
  2. Terlalu lama duduk
  3. Mengangkat beban yang terlalu berat
  4. Kurang mengonsumsi makanan yang berserat

Jika Anda kerap melakukan hal tersebut, risiko munculnya wasir akan lebih besar. Pemicu di atas dapat menyebabkan gangguan backflow, sehingga pembuluh darah di anus mengalami pembengkakan. Setelahnya, akan terjadi penurunan fungsi untuk menutup dari katup vena, pelebaran pembuluh darah, dan pembengkakan yang menonjol.

Bagaimana cara menyembuhkan wasir?

Wasir yang masih dalam kondisi yang tidak terlalu parah dapat sembuh dengan sendirinya. Bahkan, jika Anda mengalaminya, Anda juga dapat melakukan hal yang dapat mempercepat kesembuhan wasir. Adapun hal yang dapat mempercepat penyembuhan wasir adalah sebagai berikut:

  • Memperbanyak konsumsi tinggi makanan yang berserat
  • Minum air putih degan cukup setiap hari
  • Menjaga area anus tetap bersih
  • Rutin berolahraga
  • Memilih jenis makanan untuk di konsumsi seperti sayur sayuran dan buah buahan
  • Berkonsultasi dengan dokter spesialis wasir terpercaya agar penanganan yang Anda dapatkan tepat dan sesuai dengan kondisi Anda
Baca Juga:  Mengatasi Wasir Dengan Cara Sederhana Ini

Kesimpulan: Apakah Wasir Merupakan Penyakit Menular?

Wasir bukanlah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat menular dari satu manusia ke manusia lainnya. Meskipun demikian, jangan dianggap remeh, karena wasir dapat bertambah parah seiring berjalannya waktu. Jika wasir tidak segera diobati, penderitanya semakin lama akan merasakan sakit luar biasa. Hal ini tentu akan menyulitkan penderitanya karena jenis pengobatan yang dilakukan tentu akan semakin serius. Namun, karena zaman sudah semakin modern, Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, ST Wasir Center menghadirkan teknologi terobosan terbaru dari Korea. Teknologi ini dapat menghilangkan wasir hanya dalam waktu 15 menit, minim dan bahkan tanpa rasa sakit, dan tidak perlu rawat inap karena langsung bisa beraktivitas. Jika Anda tertarik, segera lakukan booking konsultasi agar mendapatkan penanganan terbaik dari dokter spesialis bedah wasir kami.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *