14 views
Bagaimana Cara Mengobati Wasir Yang Gatal?

Bagaimana Cara Mengobati Wasir Yang Gatal? – Salah satu gejala yang umum terkait wasir adalah rasa gatal yang tidak nyaman di area tersebut. Gatal pada wasir dapat mengganggu kualitas hidup seseorang dan membuat mereka merasa tidak nyaman. Namun, ada beberapa cara yang efektif untuk mengobati wasir yang gatal dan meredakan gejalanya.

 

Cara Yang Efektif Untuk Mengobati Wasir Yang Gatal Dan Meredakan Gejalanya

  1. Menjaga Kebersihan dan Keringat: Salah satu langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengobati wasir yang gatal adalah menjaga kebersihan area tersebut. Setelah buang air besar, pastikan Anda membersihkan area dengan lembut menggunakan air hangat atau tisu basah yang lembut. Hindari penggunaan tisu yang kasar atau menggosok area yang terkena wasir. Setelah membersihkan, pastikan Anda mengeringkan area tersebut dengan lembut menggunakan handuk lembut atau kain bersih. Kebersihan dan keringat yang baik dapat membantu mengurangi rasa gatal.
  2. Sitz Bath: Sitz bath adalah metode pengobatan yang melibatkan perendaman area panggul dalam air hangat selama 10-15 menit. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan gatal pada wasir. Anda dapat menggunakan bak mandi khusus sitz bath yang tersedia di apotek, atau Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan ember atau baskom yang cukup besar. Gunakan air hangat (tidak panas) dan pastikan air mencapai area yang terkena wasir.
  3. Penggunaan Krim atau Salep: Penggunaan krim atau salep topikal dapat membantu mengurangi rasa gatal pada wasir. Pilih krim atau salep yang mengandung bahan-bahan seperti hidrokortison, lidokain, atau aloe vera, yang memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan. Oleskan krim atau salep ini secara tipis pada area yang terkena wasir, sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Hindari penggunaan produk yang mengandung steroid tanpa resep dokter.
  4. Menghindari Menggaruk: Meskipun gatal pada wasir bisa sangat mengganggu, hindari menggaruk area tersebut. Menggaruk hanya akan memperburuk iritasi dan meradangnya wasir. Sebaliknya, gunakan teknik-teknik yang telah disebutkan di atas untuk mengurangi rasa gatal dan memberikan bantuan yang lebih baik.
  5. Perubahan Gaya Hidup: Perubahan gaya hidup dapat membantu mengatasi wasir dan mencegah kekambuhannya.
Baca Juga:  Manfaat Air Putih untuk Mengatasi Wasir

 

Beberapa langkah Untuk Mencegah Wasir Kambuh

  • Minum banyak air: Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum cukup air setiap hari. Air membantu menjaga tinja tetap lunak dan mencegah sembelit yang dapat memperburuk wasir.
  • Hindari mengejan terlalu keras: Ketika buang air besar, hindari mengejan terlalu keras. Jangan menahan napas saat mengejan, karena itu dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus.
  • Olahraga teratur: Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu menjaga fungsi normal sistem pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Pilih aktivitas yang Anda nikmati seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga.
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama: Jika pekerjaan atau aktivitas Anda membutuhkan duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, cobalah untuk mengambil istirahat singkat dan bergerak. Jangan biarkan tekanan terus-menerus pada area wasir.
  1. Konsultasikan dengan dokter: Jika gejala wasir yang gatal tidak membaik setelah beberapa minggu atau semakin parah, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis di Klinik ST Wasir Center. Dokter dapat memberikan pengobatan yang lebih kuat atau menyarankan prosedur medis seperti ligasi wasir atau pengangkatan wasir yang lebih serius.

Kesimpulan

Wasir yang gatal dapat menjadi masalah yang mengganggu, tetapi ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengobatinya. Menjaga kebersihan, melakukan sitz bath, menggunakan krim atau salep topikal, menghindari menggaruk, melakukan perubahan gaya hidup yang sehat, dan berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan, adalah cara-cara efektif untuk mengatasi wasir yang gatal. Selalu ingat untuk memeriksa dengan dokter jika gejala tidak membaik atau semakin parah.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *