12 views
Cara Cegah Ambeien Pada Pekerja Kantoran

Cara cegah ambeien memang hal yang tak mudah, namun juga tak begitu sulit. Apalagi, jika kamu selama ini sudah menjalani pola hidup sehat. Akan tetapi, jika kamu memiliki keturunan genetik di mana terdapat riwayat wasir pada keluargamu. Maka, cara mencegah wasir ini harus kamu lakukan dengan cara yang lebih ekstra atau cara lebih keras. Selain genetik, para pekerja kantoran juga rentan terkena wasir karena pola hidup yang mengharuskan mereka duduk berjam-jam. Pencegahan wasir pada golongan tersebut harus benar-benar diperhatikan agar tidak terkena wasir yang mengganggu aktivitas.

Faktor risiko wasir

Selain pola makanan, pola hidup yang tak sehat juga menjadi salah satu faktor terjadinya risiko ambeien atau wasir pada seseorang. Salah satunya adalah duduk dalam waktu yang lama. Ketika dalam posisi duduk dalam waktu yang lama, tekanan pada rektum dan anus akan menjadi tertekan. Sehingga menghambat aliran darah yang menyebabkan munculnya benjolan ambeien/wasir berbentuk benjolan daging.

Melansir dari Cleveland Clinic (2021) menyebutkan bahwa ada beberapa faktor dan kondisi yang bisa menyebabkan seseorang lebih rentan terkena ambeien, seperti:

  • Mengejan terlalu keras, masalah ini berhubungan dengan sembelit atau konstipasi.
  • Kondisi obesitas dan kehamilan juga rentan terkena ambeien atau wasir.
  • Melakukan seks anal.
  • Sering mengangkat beban terlalu berat.
  • Pertambahan wasir juga menyebabkan bertambahnya risiko wasir pada seseorang.
  • Duduk dalam waktu yang lama.

Pola hidup pekerja kantoran

Melansir dari jurnal kesehatan Universita Katolik Soegijapranata (2019) dalam jurnal ini penulis melakukan penelitian terhadap bahaya terlalu lama duduk ini menyebutkan bahwa duduk terlalu lama berbahaya bagi kesehatan. Tak hanya itu, duduk terlalu lama yang banyak dijalankan oleh para pekerja kantoran juga rentan menyebabkan masalah wasir. Meskipun terdengar masalah sepele, masalah ambeien wasir ini dapat mengganggu aktivitas, hingga menimbulkan masalah komplikasi kesehatan lainnya.

Baca Juga:  Minyak Kayu Putih, Apakah Bisa Menyembuhkan Ambeien?

Cara mencegah ambeien

Meskipun merupakan penyakit yang umum dan banyak terjadi, bukan berarti masalah ambeien ini tidak dapat para pekerja hindari. Melansir dari Premier Surgical (2017) menyebutkan bahwa ada beberapa cara cegah ambeien yang dapat dilakukan, di antaranya:

1. Istirahatlah sesekali dari posisi duduk

Duduk seharian tak hanya meningkatkan risiko timbulnya wasir. Melainkan dapat pula menyebabkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung. Untuk itu, jika kamu menghabiskan waktu untuk duduk seharian, cobalah luangkan beberapa menit untuk berdiri dan melakukan peregangan. Sehingga, aliran darah menjadi lancar dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

2. Gunakan kursi ergonomis 

Kursi ini dirancang agar dapat menyesuaikan tubuh pengguna, sehingga kursi lebih nyaman dan mencegah berbagai risiko kesehatan. Selain itu, bantalan pada kursi ergonomis biasanya lebih lembut sehingga dapat mengurangi tekanan pada area anus.

3. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Hidrasi atau menjaga kebutuhan mineral pada tubuh sangat penting untuk mencegah wasir. Banyak minum air putih dapat memperlancar sistem peredaran darah dan mengurangi risiko timbulnya ambeien.

Nah, itu dia beberapa pencegahan pada ambeien yang bisa para pekerja kantoran tetapkan. Kunci utama terhindar dari masalah wasir adalah dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Selain itu, jika sudah mulai muncul gejala-gejala wasir, sebaiknya segeralah melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis ahli di ST Wasir Center. Hal ini penting, agar mencegah kondisi wasir menjadi lebih buruk.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *