185 views
Cara Membedakan Wasir Luar dan  Fisura Ani

Apakah kamu pernah mengalami pembengkakan dibarengi dengan rasa nyeri pada bagian anus? Benarkah pertanda kamu mengalami kondisi yang disebut dengan wasir luar? Bisa jadi, tetapi ada pula kondisi medis lain dengan gejala yang serupa, yaitu fisura ani. Sebenarnya, apa sih perbedaan di antara dua penyakit ini? Ketahui lebih lengkap pada artikel di bawah ini, yuk! 

Wasir Luar

Wasir luar atau hemoroid eksternal adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum mengalami pembengkakan atau peradangan. Penyakit ini terjadi di luar anus, biasanya terlihat dan teraba sebagai benjolan atau tonjolan lembut yang dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, atau perdarahan saat buang air besar. 

Fisura Ani

Fisura ani adalah luka atau robekan pada selaput lendir yang melapisi anus atau daerah sekitarnya. Biasanya terjadi di bagian bawah anus dan bisa disebabkan oleh tegangan berlebih saat buang air besar, sembelit kronis, diare, atau trauma fisik pada daerah anus. Fisura ani dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam dan terbakar saat buang air besar, terkadang disertai dengan perdarahan. Kondisi ini juga dapat berhubungan dengan ketegangan otot sfingter ani, yang merupakan otot di sekitar anus.

Perbedaan Wasir Luar dan Fisura Ani

Jika dilihat dari berbagai aspek, mulai dari penyebab, gejala hingga proses pengobatannya, berikut perbedaan dari wasir luar dan fisura ani yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga:  Mengatasi Anus Keluar Benjolan Setelah Tindakan Wasir

1. Lokasi adanya luka atau pembengkakan

  • Wasir luar terjadi di luar anus, di sekitar pembuluh darah yang membengkak atau meradang.
  • Fisura ani terjadi pada selaput lendir yang melapisi anus atau daerah sekitarnya, biasanya di bagian bawah anus.

2. Ciri-ciri luka

  • Wasir luar terlihat dan teraba sebagai benjolan atau tonjolan lembut di sekitar anus.
  • Fisura ani merupakan luka atau robekan pada selaput lendir, yang mungkin terlihat sebagai garis memanjang di sekitar anus.

3. Penyebab

  • Wasir luar terjadi akibat tekanan berlebih pada pembuluh darah di sekitar anus, yang biasanya disebabkan oleh faktor seperti mengejan yang keras saat buang air besar, diare kronis, sembelit, atau kehamilan.
  • Fisura ani terjadi akibat robekan pada lapisan dalam dan luar anus. Hal ini sering disebabkan oleh tinja keras atau berukuran besar yang dipaksa keluar, spasme otot klep dalam, atau cedera pada area anus.

4. Gejala Umum Wasir Luar dan Fisura Ani

  • Wasir Luar: Gejala wasir luar meliputi rasa gatal atau terbakar di sekitar anus, pembengkakan, perdarahan saat buang air besar, dan kemungkinan adanya benjolan yang bisa terasa sakit atau tidak nyaman. Penyakit ini biasanya tidak menyebabkan rasa sakit yang intens.
  • Fisura Ani: Gejala fisura ani meliputi rasa sakit saat buang air besar, terutama saat tinja keras melewati fisura. Rasa sakit ini biasanya terasa seperti terbakar dan bisa berlangsung beberapa saat setelah buang air besar. Ada juga kemungkinan terjadi perdarahan.

4. Proses penyembuhan Wasir Luar dan Fisura Ani

  • Wasir luar cenderung muncul secara tiba-tiba dan dapat membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Benjolan yang lebih kecil pada penyakit ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya, sedangkan benjolan yang lebih besar dapat menyisakan skintag.
  • Fisura ani umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, jika tidak sembuh setelah lebih dari 8 minggu, bisa menjadi kondisi kronis dengan luka lecet yang dalam pada otot klep dalam dan kemunculan skintag di sekitar anus.
Baca Juga:  Pengobatan Ambeien di Medan

Kesimpulan

Jika kamu mengalami gejala wasir dan fisura ani, maka sebaiknya konsultasikan kondisi kamu ke dokter spesialis bedah wasir yang dapat kamu temui di Klinik ST Wasir Center Jakarta. Klinik ini memiliki beberapa metode operasi wasir yang aman, nyaman, dan hanya memerlukan waktu yang relatif singkat. Metode operasi wasir di Klinik ST Wasir Center tidak memerlukan rawat inap seperti di rumah sakit pada umumnya dan ditangani oleh dokter spesialis bedah yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun.

Selain menerima konsultasi langsung di klinik, ST Wasir Center juga menyediakan konsultasi online agar memudahkan pasien dari luar kota. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar wasir dan fisura ani, kamu dapat menghubungi call center di nomor 0878-8756-6315 atau mengunjungi media sosial mereka seperti Instagram @stwasircenter, Facebook ST Wasir Center, atau Youtube STWC.

3.7/5 - (9 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *