49 views
Cara Mengempeskan Benjolan Wasir Secara Alami

Benjolan wasir atau hemoroid adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Meskipun tidak mengancam jiwa, benjolan wasir dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan nyeri. Untungnya, ada beberapa metode alami yang dapat membantu mengempeskan benjolan wasir. Berikut beberapa cara yang efektif untuk mengatasi benjolan wasir secara alami.

Cara Mengempeskan Benjolan Pada Wasir

1. Perubahan Gaya Hidup

Perubahan gaya hidup adalah langkah pertama yang perlu diambil untuk mengempeskan benjolan wasir. Beberapa tips yang dapat membantu meliputi:

  • Konsumsi makanan tinggi serat

Serat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit, yang merupakan faktor risiko utama untuk benjolan wasir. Makanlah lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan sereal tinggi serat.

  • Cukup minum air

Minumlah setidaknya delapan gelas air putih per hari untuk menjaga kelembaban tinja dan mencegah sembelit.

  • Olahraga teratur

Aktivitas fisik membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar area wasir. Cobalah melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau yoga secara teratur.

2. Kompres dengan Es Batu

Kompres dengan es batu dapat membantu mengurangi peradangan dan mengempeskan benjolan wasir. Caranya cukup sederhana, yaitu bungkus beberapa es batu dengan kain bersih dan tempelkan pada area yang terkena selama 10-15 menit. Lakukan ini beberapa kali sehari untuk meredakan pembengkakan.

Baca Juga:  4 Khasiat Daun Ungu Untuk Wasir Yang Mengganggu

3. Penggunaan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi benjolan wasir. Beberapa contoh yang efektif antara lain:

  • Lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri. Oleskan gel lidah buaya pada benjolan wasir beberapa kali sehari.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Oleskan minyak kelapa pada area yang terkena beberapa kali sehari untuk meredakan gejala wasir.

  • Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan pembengkakan serta nyeri yang disebabkan oleh benjolan wasir. Kamu dapat mengonsumsi jahe segar dalam bentuk teh jahe atau menambahkannya sebagai bahan dalam masakan. Teh jahe dapat diseduh dengan merebus potongan jahe segar dalam air panas selama beberapa menit. Minum teh jahe ini secara teratur untuk membantu mengempeskan benjolan wasir.

  • Ikan berlemak (Salmon dan Tuna)

Konsumsi ikan berlemak secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan dan membantu dalam proses penyembuhan benjolan wasir. Kamu dapat memasak ikan ini dengan cara dipanggang, direbus, atau dibakar. Pastikan untuk memilih ikan segar dan sehat untuk mendapatkan manfaat maksimal.

  • Bawang putih dan bawang merah

Mengonsumsi bawang putih dan bawang merah dalam diet sehari-hari dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Kamu dapat menambahkan bawang putih dan bawang merah ke dalam masakan atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen dengan meminta saran dari ahli gizi atau dokter spesialis bedah berpengalaman.

4. Hindari Penggunaan Tisu Kering

Menggunakan tisu kering untuk membersihkan area anus dapat memperburuk gejala wasir. Sebaiknya gunakan tisu basah atau air hangat untuk membersihkan area dengan lembut setelah buang air besar. Juga, pastikan untuk mengeringkan dengan lembut menggunakan handuk lembut.

Baca Juga:  Mengenali Gejala Bab Berdarah yang Berbahaya

5. Mandi dengan air hangat 

Mandi dengan air hangat dapat memberikan efek relaksasi pada area yang terkena benjolan wasir. Isi bak mandi dengan air hangat yang nyaman suhunya, lalu rendam area anus dalam air hangat selama 10-15 menit. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengempeskan benjolan wasir.

Sudah tahu kan cara mengempeskan benjolan wasir secara alami? Jika wasir kamu tidak kunjung sembuh atau gejalanya semakin parah, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter spesialis bedah wasir yang berpengalaman di Klinik ST Wasir Center.

Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *