50 views
Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien – Berbicara tentang kesehatan saluran pencernaan selalu menarik, apalagi karena banyaknya penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan, dari yang ringan hingga yang berat. Maag, GERD, radang usus besar dan sembelit hanyalah beberapa contoh gangguan pencernaan, belum lagi ambeien.

Ambeien merupakan penyakit saluran cerna yang cukup umum. Menurut data Kementerian Kesehatan (Depkes) tahun 2015, prevalensi penyakit ambeien di Indonesia adalah 5,7 persen dari total penduduk. Pria dan wanita dari segala usia bisa menderita ambeien.

Ambeien sebenarnya adalah kumpulan pembuluh darah yang terletak di bawah selaput lendir rektum dan anus. Melansir dari Harvard Medical School, penyebab munculnya ambeien adalah pembuluh darah meradang dan bengkak, mirip dengan varises di kaki.

Pembengkakan pembuluh darah biasanya akibt tekanan yang berlebihan, seperti duduk terlalu lama atau mengejan terlalu keras saat BAB. Ada dua jenis ambeien, yaitu ambeien internal yang terjadi di bagian bawah rektum, dan ambeien eksternal, yang berkembang di bawah kulit di sekitar anus.

Jenis dan Gejala Ambeien

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien – Seperti yang sudah dibahas di atas, ambeien tergolong menjadi dua jenis yaitu ambeien internal (dalam) dan ambeien eksternal (luar). Lalu bagaimana kita menyadari adanya ambeien?

Tanda dan gejala ambeien tergantung dari jenis ambeien yang dialami. Yuk, simak penjelasannya di bawah!

  • Lingkungan eksternal (luar)

Ambeien jenis ini biasanya ditandai dengan pembuluh darah yang membengkak di bagian luar anus sehingga penderita bisa melihat dari luar. Gejala yang bisa dirasakan pada ambeien eksternal atau ambeien luar, yaitu:

  • Terasa gatal atau iritasi, nyeri, dan bengkak di sekitar anus
  • Terasa nyeri saat menyentuh benjolan yang menggantung di luar anus
  • Terdapat pendarahan saat buang air besar
  •  Ambeien internal (dalam)
Baca Juga:  Apakah Wasir Bisa Menyebabkan Fistula di Skrotum?

Ambeien internal terjadi saat terdapat pembengkakan pembuluh darah yang berada di dalam anus sehingga ambeien tidak terlihat atau terasa saat di raba dari luar. Gejala yang bisa di rasakan pada ambeien jenis ini adalah:

  • Pendarahan ketika buang air besar, namun tanpa rasa sakit
  • Nyeri saat mengejan, jika ambeien menyebabkan timbulnya benjolan yang keluar dari anus (prolaps)
  • Terasa gatal pada anus

Gejala Benjolan Ambeien Berdasar Tingkat Keparahan

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien – Penyakit ambeien tergolong menjadi beberapa klasifikasi berdasarkan tingkat keparahan kondisinya, antara lain:

  • Ambeien derajat I: Terdapat benjolan yang berada di dalam anus dan tidak terlihat.
  • Ambeien derajat tingkat II: Adanya benjolan di dalam anus yang dapat terasa saat diraba, tetapi dapat masuk dengan sendirinya setelah buang air besar.
  • Wasir derajat III: Benjolan ambeien membengkak hingga bisa keluar dari anus. Setelah buang air besar, benjolan itu harus dimasukkan menggunakan tangan.
  • Ambeien derajat tingkat IV: Benjolan sudah tidak bisa lagi dimasukkan ke dalam anus.

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien

Seperti Ini Mendiagnosis Ambeien

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien – Untuk mendiagnosis ambeien, dokter melakukan beberapa metode diagnostik, mulai dengan wawancara. Selama percakapan, dokter memeriksa keluhan yang pasien rasakan lalu akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh oleh dokter.

Pemeriksaan detail yang penting antara lain pemeriksaan daerah anus untuk memastikan penyebab keluhan adalah ambeien. Jika ambeien internal, pemeriksaan dapat mencakup prosedur colok dubur (memasukkan jari ke dalam anus untuk memeriksa bagian dalam anus) selain pemeriksaan anus secara visual (mencari benjolan).

Bila hasil pemeriksaan fisik tidak memuaskan, dapat minta pemeriksaan penunjang. Misalnya, karena ambeien internal, ada rencana untuk operasi ambeien, dan kemungkinan penyebab kanker dubur lainnya.

Baca Juga:  ST Wasir Center Medan: Solusi Terbaik untuk Masalah Wasir

Pemeriksaan penunjang meliputi anoskopi, sigmoidoskopi, dan kolonoskopi. Tes ini dilakukan dengan memasukkan alat yang berkamera ke dalam anus untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan detail dari bagian bawah usus besar.

Penyebab benjolan ambeien sebenarnya apa saja ya?

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien – Ambeien umumnya akibat tekanan pada bagian bawah anus dan rektum. Hal itu dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan membengkak. Berikut adalah beberapa kondisi yang meningkatkan tekanan dan menyebabkan pembengkakan.

  1. Duduk terlalu lama, sebaiknya kalau sudah duduk terlalu lama berdirilah dan jalan sedikit agar bisa bikin otot kamu meletup-letup.
  2. Sembelit dan diare, hal ini juga bisa membuat kamu menjadi ambeien loh.
  3. Mengejan berlebihan saat buang air besar, saat buang air besar lebih baik jangan mengejan terlalu keras ya.
  4. Obesitas dan kehamilan, hal ini karena adanya tekanan yang besar pada badan
  5. Kurang konsumsi serat. Konsumsilah makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, nasi merah, biji-bijian, dan kacang-kacang.
  6. Kurangi melakukan aktivitas olahraga, sebaiknya lakukan olahraga 20 sampai 30 menit sehari, agar bisa mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya ambeien.

Ambeien dapat bertahan lama dan menyebabkan nyeri kronis, apabila tidak segera mendapat penanganan. Selain itu, ambeien juga dapat menyebabkan komplikasi dalam bentuk penyakit, seperti:

  1. Anemia akibat pendarahan
  2. Ambeien bengkok
  3. Pembekuan darah pada pembuluh darah yang bengkak
  4. Infeksi ambeien eksternal
  5. Kulit rusak

Inilah Pengobatan Benjolan Ambeien Paling Efektif

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien – Meskipun ambeien biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, pengobatan tetap harus pasien dapatkan untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Beberapa pengobatan ambeien yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan, mulai obat untuk luar maupun dalam. Selain itu, terdapat prosedur-prosedur medis non-bedah. Beberapa prosedur medis yang dapat Anda pilih untuk mengobati ambeien antara lain:

  • ULTRASONIC

Ultrasonic merupakan tindakan medis untuk mengatasi ambeien yang menggunakan teknologi minimal invasif. Pada terapi laser ini, hanya akan terjadi jaringan induksi yang mengalami pembengkakan akibat ambeien.

Baca Juga:  Ahli Wasir Terbaik di Jakarta untuk Perawatan yang Optimal

Selain prosesnya yang cepat hanya 10 menit, metode ini juga tanpa pemotongan pada jaringan dan tidak terasa begitu nyeri ataupun mengalami pendarahan yang berlebih. Ultrasonic tidak membutuhkan rawat inap , sehingga setelah tindakan menggunakan Ultrasonic, pasien bisa langsung beraktivitas seperti biasanya.

  • RADIOFREKUENSI

Radiofrekuensi adalah teknologi baru untuk pengobatan ambeien, dengan efisiensi pengobatan hingga 90% tanpa luka bakar. Prinsip utama di balik ablasi radiofrekuensi ini adalah menggunakan gelombang radio 4,0 MHz, yang kemudian ditransmisikan melalui microfiber elektroda.

Sehingga mengurangi resiko kerusakan jaringan yang menerima perawatan radiofrekuensi, meskipun ambeien bisa hilang sampai ke pangkal. Tindakan ini minim rasa nyeri dan pendarahan, sehingga tidak membutuhkan rawat inap.

  • LIGATING BAND – WELLC

Paran Injection Ligation for Ambeien atau WellC, adalah terapi yang menggabungkan agen skleroterapi yang diinjeksi dengan ligasi karet atau rubber ligation. Beberapa literatur medis telah menyarankan bahwa skleroterapi injeksi dan karet ligasi bekerja sangat baik untuk ambeien tingkat 1, 2, dan 3 dengan efek samping yang minimal atau risiko yang relatif rendah dan kekambuhan pasca operasi yang rendah. Tindakan PILA ini juga hanya sebentar, sekitar 5 menit saja. Selain itu metode ini juga terjangkau biayanya dan tanpa rawat inap.

Konsultasikan masalah ambeien Anda di klinik ST Wasir Center. Hubungi call center di bawah ini untuk mendatkan informasi lengkap mengenai klinik dan layanan yang disediakan.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *