34 views
Cara Mengurangi Nyeri Saat BAB Bagi Penderita Wasir

Wasir atau hemoroid adalah kondisi yang umum terjadi pada banyak orang. Hal ini terjadi ketika pembuluh darah di area anus dan rektum menjadi bengkak dan teriritasi. Salah satu gejala yang sering dialami bagi penderita wasir adalah nyeri saat buang air besar (BAB).

Tips Mengurangi Nyeri Saat BAB Bagi Penderita Wasir

Meskipun nyeri ini bisa sangat mengganggu, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi ketidaknyamanan saat buang air besar bagi penderita wasir. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

Tingkatkan Asupan Serat

Makan makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sereal dapat membantu memperlunak tinja dan mencegah sembelit. Dengan tinja yang lembut, buang air besar akan menjadi lebih mudah dan nyeri dapat dikurangi.

Minum Cukup Air

Pastikan Anda mengonsumsi cukup air setiap hari. Minum air yang cukup dapat membantu menjaga kelembapan tinja dan menghindari sembelit yang dapat memperburuk gejala wasir.

Hindari Menahan Buang Air Besar

Usahakan untuk buang air besar ketika Anda merasa dorongan alami. Menahan buang air besar dapat menyebabkan tinja menjadi lebih keras dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, memperburuk nyeri wasir.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat selama 10-15 menit beberapa kali sehari dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan pada wasir. Air hangat membantu mengendurkan otot-otot dan memperbaiki aliran darah ke daerah yang terkena.

Baca Juga:  Bolehkah Penderita Wasir Makan Daging Sapi?

Hindari Menggaruk

Menggaruk area wasir dapat memperburuk iritasi dan menyebabkan infeksi. Jika Anda merasa gatal, gunakan tisu lembut atau kain bersih untuk membersihkan dengan lembut.

Olahraga Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan mengurangi nyeri wasir. Pilihlah aktivitas yang Anda sukai, seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga.

Jaga Kebersihan

Menjaga area anus tetap bersih dan kering sangat penting untuk mencegah infeksi. Setelah buang air besar, bersihkan area dengan lembut menggunakan air hangat dan tisu lembut. Hindari penggunaan tisu yang kasar atau penggosok.

Konsultasikan dengan Dokter

Jika nyeri wasir tidak kunjung membaik atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter.

Pertimbangkan Penggunaan Salep atau Krim

Ada banyak salep atau krim yang tersedia di pasaran yang mengandung bahan-bahan seperti kortikosteroid atau zat astringen. Bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi peradangan, menghilangkan rasa gatal, dan meringankan nyeri wasir. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan produk tersebut.

Hindari Makanan yang Memicu Wasir

Beberapa makanan dapat memperburuk gejala wasir. Hindarilah makanan pedas, makanan berlemak tinggi, makanan yang mengandung kafein, dan minuman beralkohol. Selain itu, perhatikan juga jika ada makanan tertentu yang secara pribadi memicu gejala wasir Anda, dan hindarilah makanan tersebut.

Perhatikan Pola Buang Air Besar

Cobalah untuk mengatur waktu dan tempat buang air besar yang nyaman bagi Anda. Jangan menahan dorongan buang air besar dan hindari duduk terlalu lama di toilet. Terlalu lama duduk dapat meningkatkan tekanan pada daerah anus dan memperburuk gejala wasir.

Gunakan Bantal Donat

Saat duduk, gunakan bantal donat yang berlubang di tengahnya. Bantal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada area wasir dan mengurangi nyeri saat duduk.

Baca Juga:  Obat Oles Ambeien Sebagai Solusi Setelah Operasi Wasir

Selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba metode apa pun untuk mengurangi nyeri wasir. Setiap orang dapat memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda, dan dokter akan dapat memberikan saran yang paling sesuai untuk situasi Anda. Jika gejala wasir tidak kunjung membaik atau semakin parah, segera cari perawatan medis yang lebih lanjut.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *