51 views
Cara Menyembuhkan Ambeien Awal

Ambeien, juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum membengkak dan meradang. Meskipun umumnya tidak berbahaya, ambeien dapat menjadi sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menyembuhkan ambeien awal. Jika Anda mengalami gejala ambeien awal, berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat membantu menyembuhkannya:

1. Perubahan Gaya Hidup

Ambeien sangat berhubungan dengan kebiasaan atau gaya hidup. Perubahan gaya hidup dapat memberikan dampak besar pada kesehatan ambeien. Beberapa langkah yang dapat diambil meliputi:

Perbanyak Serat dalam Diet

Konsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan sereal dapat membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit, yang dapat memperburuk ambeien. Makan makanan berserat tinggi merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. 

Minum Air Secukupnya

Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Konsumsi air minum dianjurkan sebanyak minimal 2 liter dalam sehari. 

Olahraga Teratur

Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan aliran darah ke area anus dan membantu mencegah ambeien. Pastikan olahraga yang dipilih tidak membebani area anus. 

2. Hindari Mengejan

Kurangnya serat dalam diet dapat menimbulkan konstipasi dan meningkatkan kemungkinan mengejan saat buang air besar. Mengejan saat buang air besar dapat memperburuk ambeien. Untuk menghindari ini, cobalah untuk:

  • Jangan menunda-nunda untuk buang air besar. Ketika merasa perlu, segera lakukan.
  • Gunakan toilet dengan bijak, hindari duduk terlalu lama, dan jangan mengejan terlalu keras.
Baca Juga:  Waspada Wasir Setelah Melahirkan

3. Gunakan Obat-obatan Topikal

Jika gejala ambeien sudah muncul dan mengganggu, gunakan obat-obatan untuk pengobatan awal. Beberapa obat-obatan topikal dapat membantu mengurangi gejala ambeien, seperti:

Salep atau Krim

Beberapa salep atau krim mengandung bahan-bahan anti-inflamasi atau anestesi yang dapat memberikan bantuan dari rasa sakit dan pembengkakan.

Obat Penghilang Rasa Sakit

Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit non-resep dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat ambeien.

4. Sitz Bath

Sitz bath adalah cara yang efektif untuk meredakan gejala ambeien. Cara melakukannya:

  • Isi wadah dengan air hangat dan duduk di dalamnya selama sekitar 15 menit. 
  • Lakukan sitz bath beberapa kali sehari, terutama setelah buang air besar.

5. Konsultasi dengan Dokter

Jika gejala ambeien tidak membaik dengan langkah-langkah di atas, atau jika Anda mengalami pendarahan, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memberikan penanganan yang lebih lanjut, termasuk obat-obatan resep atau prosedur medis jika diperlukan.

Itulah artikel yang membahas mengenai cara menyembuhkan ambeien awal. Penting untuk diingat bahwa setiap kasus ambeien bisa berbeda, dan apa yang efektif untuk satu orang mungkin tidak berlaku untuk yang lain. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Selain itu, jaga pola hidup sehat untuk mencegah kambuhnya ambeien di masa depan. Apabila Anda bingung harus berkonsultasi dengan siapa, Anda dapat mengunjungi ST Wasir Center, dikarenakan di ST Wasir Center Anda akan mendapatkan pelayanan langsung dari ahli medis di bidangnya. 

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *