78 views
Ciri–Ciri Ambeien Parah dan Perlunya Penanganan Segera

Ambeien, juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di daerah rektum dan anus membengkak dan meradang. Kondisi ini dapat berkisar dari ringan hingga parah, dan jika tidak ditangani dengan tepat, ambeien dapat menjadi masalah yang serius. Artikel ini akan membahas ciri-ciri ambeien parah dan cara mengatasinya.

Ciri-Ciri Ambeien Parah

Ciri-ciri ambeien yang sudah parah, yang perlu diwaspadai agar penanganan medis segera dilakukan:

Pembengkakan yang signifikan

Salah satu ciri-ciri ambeien yang sudah parah adalah pembengkakan yang signifikan di sekitar anus. Anda mungkin melihat benjolan yang tampak dan teraba di luar anus. Benjolan ini mungkin terasa lunak atau keras, tergantung pada jenis ambeien yang Anda alami. Pembengkakan yang parah dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk duduk, berjalan, atau buang air besar.

Perdarahan

Ambeien yang sudah parah seringkali disertai dengan perdarahan. Anda mungkin melihat darah merah terang pada kertas toilet, di dalam toilet, atau pada feses Anda. Perdarahan dapat terjadi selama atau setelah buang air besar. Penting untuk diingat bahwa perdarahan rektal juga dapat menjadi tanda kondisi medis lain yang serius, oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis yang tepat.

Nyeri dan Ketidaknyamanan

Ketika ambeien parah, nyeri dan ketidaknyamanan menjadi lebih intens. Anda mungkin merasakan sensasi terbakar, gatal, atau perih di daerah sekitar anus. Rasa sakit bisa bertambah parah saat Anda duduk, berjalan, atau saat buang air besar. Pada beberapa kasus, ambeien parah dapat menyebabkan pembentukan gumpalan darah di dalamnya yang dikenal sebagai trombosis hemoroid. Ini bisa sangat nyeri dan memerlukan penanganan medis segera.

Baca Juga:  Kelola Stres untuk Mempercepat Proses Penyembuhan Fistula

Kesulitan Buang Air Besar

Ambeien yang parah dapat menyebabkan kesulitan saat buang air besar. Anda mungkin mengalami rasa tidak puas setelah buang air besar atau merasa seperti masih ada feses yang tertinggal di rektum. Ambeien yang parah juga dapat menyebabkan penurunan atau kehilangan kontrol terhadap buang air besar.

Prolaps

Prolaps adalah kondisi di mana ambeien keluar dari anus. Pada tahap parah, ambeien mungkin tidak dapat masuk kembali dengan sendirinya, dan memerlukan penanganan medis untuk dimasukkan kembali. Prolaps ambeien dapat sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ambeien yang sudah parah dapat memiliki dampak serius pada kualitas hidup seseorang. Jika Anda mengalami ciri-ciri yang disebutkan di atas, sangat penting untuk mencari penanganan medis segera. Dokter akan dapat memberikan diagnosis yang tepat dan meresepkan pengobatan yang sesuai untuk mengatasi ambeien parah. Pengobatan mungkin melibatkan perubahan gaya hidup, penggunaan obat-obatan, atau dalam kasus yang parah, prosedur medis seperti skleroterapi, ligasi elastik, atau pembedahan.

Selain penanganan medis, Anda juga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi risiko ambeien parah.

Pencegahan Ambeien

Beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan meliputi:

  1. Menjaga pola buang air besar teraturHindari menahan keinginan buang air besar dan usahakan untuk buang air besar secara teratur. Hindari mengejan terlalu keras saat buang air besar, karena dapat memperburuk kondisi ambeien.
  2. Konsumsi serat yang cukup: Tambahkan makanan tinggi serat dalam diet Anda, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sereal. Serat membantu mencegah sembelit dan membuat tinja menjadi lebih lunak, mengurangi tekanan pada pembuluh darah di area anus.
  3. Hindari mengangkat beban berat: Mengangkat beban berat dapat meningkatkan tekanan pada daerah perut dan panggul, yang dapat memperburuk ambeien. Jika Anda harus mengangkat beban berat, gunakan teknik yang benar dan mintalah bantuan jika diperlukan.
  4. Hindari duduk terlalu lama: Jika pekerjaan atau kegiatan Anda melibatkan duduk dalam waktu yang lama, berusaha untuk berdiri atau berjalan sejenak setiap jamnya. Hindari duduk terlalu lama di toilet karena dapat meningkatkan tekanan pada daerah anus.
  5. Jaga kebersihan daerah anus: Setelah buang air besar, bersihkan daerah anus dengan lembut menggunakan tisu basah atau air hangat. Hindari penggunaan tisu kasar atau menggosok dengan keras, karena dapat menyebabkan iritasi.
Baca Juga:  Mengatasi Wasir di Makassar : Solusi dan Perawatan yang Efektif

Prosedur Pengobatan Ambeien

Tindakan medis untuk ambeien parah dapat melibatkan beberapa prosedur yang ditujukan untuk mengurangi gejala dan memperbaiki kondisi tersebut. Beberapa prosedur yang mungkin direkomendasikan oleh dokter adalah:

  1. Skleroterapi: Prosedur ini melibatkan injeksi larutan sklerosan ke dalam pembuluh darah ambeien untuk menyebabkan pengeringan dan pengecilan pembuluh darah tersebut.
  2. Ligasi elastik: Dalam prosedur ini, sejumlah kecil karet elastis ditempatkan di pangkal ambeien untuk memutus pasokan darah ke benjolan. Tanpa pasokan darah, ambeien akan menyusut dan mengering.
  3. Fotokoagulasi inframerah: Metode ini menggunakan sinar inframerah untuk mengkoagulasi pembuluh darah di dalam ambeien dan menyebabkan pengeringan serta penyusutan ambeien.
  4. Hemoroidektomi: Prosedur pembedahan ini biasanya direkomendasikan untuk kasus ambeien yang parah. Operasi ini melibatkan pengangkatan ambeien melalui pembedahan konvensional atau menggunakan teknik yang lebih modern seperti metode stapler.
  5. Hemoroidopexy: Metode ini melibatkan mengangkat dan mengikat ambeien ke posisi normal dengan menggunakan jahitan atau alat khusus untuk mencegah keluarnya ambeien.

Setelah prosedur medis, perawatan setelah operasi sangat penting untuk pemulihan yang sukses. Ini mungkin termasuk perubahan pola makan dan gaya hidup, menghindari mengejan saat buang air besar, mengonsumsi makanan tinggi serat, menjaga kebersihan daerah anus, dan menghindari penggunaan tisu kasar.

Penting untuk dicatat bahwa hanya dokter yang dapat menentukan penanganan terbaik berdasarkan kondisi spesifik Anda. Jadi, jika Anda mengalami ambeien parah, segera konsultasikan dengan dokter spesialis diklinik ST Wasir Center untuk diagnosis yang akurat dan rencana penanganan yang tepat.

Meskipun ambeien parah dapat mengganggu dan menyakitkan, dengan penanganan yang tepat, perubahan gaya hidup, dan perhatian medis yang tepat, Anda dapat mengatasi kondisi ini dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional dan mengikuti rekomendasi dokter Anda.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *