45 views
Ketahui 7 Fakta Ambeien Ini

Fakta Ambeien – Ambeien merupakan penyakit yang sudah ada sejak lama dan bisa mengenai siapa saja. Umumnya penyakit ini menyerang pada usia 45 tahun ke atas karena pada usia tersebut pembuluh darah mengalami penurunan. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa ambeien bisa mengenai orang-orang di usia muda.

Hal itu bisa terjadi karena adanya peningkatan tekanan secara terus menerus pada area perut hingga rektum. Dengan peningkatan tekanan tersebut menyebabkan pembuluh vena di rektum membesar dan bengkak. Sayangnya masih banyak beredar mitos di masyarakat mengenai penyakit satu ini. Berikut kami ulas mengenai fakta penyakit ambeien. Simak terus artikel ini ya!

Fakta Penyakit Ambeien 

Untuk mengurangi banyaknya anggapan-anggapan yang keliru mengenai penyakit ambeien, berikut sedikit kami jelaskan mengenai fakta-fakta dari sakit ambeien.

#1. Penyebab ambeien bukan karena makanan pedas

Banyak masyarakat yang berpendapat bahwa mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan ambeien. Hal tersebut hanyalah sebuah mitos belaka. Fakta yang terjadi adalah ambeien disebabkan karena adanya pelebaran dan pembuluh pembuluh vena di sekitar rektum bawah ataupun anus. Ambeien sering terjadi karena kebiasaan duduk yang terlalu lama, obesitas, kehamilan, sering mengangkat beban terlalu berat, dan lain sebagainya.

Makanan pedas hanya dapat memicu rasa perih dan panas di daerah anus saat seseorang sudah terkena ambeien. Terlebih apabila ambeien sudah menimbulkan robekan anus dan berdarah. Jadi, makanan pedas bukanlah penyebab terjadinya ambeien. Tetapi merupakan salah satu hal yang dapat memperparah keluhan ambeien pada seseorang.

Baca Juga:  Apakah Ambeien Dapat Hilang Sendiri?

#2. Konsumsi jenis makanan yang berhubungan dengan ambeien

Anggapan lain tentang penyebab penyakit ambeien pada seseorang adalah bahwa kondisi ini tidak berkaitan dengan konsumsi makanan. Hal tersebut sebenarnya tidaklah benar. Fakta yang terjadi adalah asupan serat pada makanan yang sangat penting sebagai bentuk pencegahan ambeien.

Seseorang yang kekurangan serat makanan akan menyebabkan feses menjadi keras dan memicu terjadinya sembelit. Jika demikian, Anda menjadi lebih sering mengejan saat buang air besar dan berisiko sekali mengalami ambeien. Untuk mencegah hal itu terjadi maka pastikan kebutuhan serat Anda tercukupi dengan makan buah-buahan dan sayuran berserat tinggi.

#3. Ambeien tidak hanya dialami pada lansia

Seperti yang sudah sedikit disinggung di aias, bahwa ambeien sebenarnya tidak hanya bisa dialami oleh lansia. Ambeien bisa dialami juga pada usia muda. Jika Anda menganggap bahwa ambeien adalah penyakit yang hanya bisa dialami oleh lansia, maka Anda keliru.

Memang benar bahwa lansia memiliki resiko lebih besar terkena penyakit ambeien. Tetapi hal tersebut terjadi karena faktor pertambahan usia. Semakin tua usia seseorang maka jaringan penyangga antara rektum dan anus semakin melemah.

Namun, bukan berarti usia lanjut usia menjadi satu-satunya kelompok usia yang bisa mengalami ambeien ya. Fakta yang terjadi adalah banyak juga penderita ambeien yang berasal dari kalangan muda . Apalagi jika orang tersebut memiliki kebiasaan sering mengejan saat buang air besar, mengangkat beban berat. Memiliki riwayat diare kronis, kurang mengonsumsi makanan berserat, dan sering menggunakan toilet duduk dalam jangka waktu lama. Hal tersebut rentan sekali menyebabkan penyakit ambeien.

fakta ambeien

#4. Ambeien bukan pertanda kanker usus besar

Mitos lain yang beredar di tengah masyarakat adalah anggapan bahwa ambeien merupakan pertanda seseorang menderita kanker usus besar. Fakta yang terjadi adalah jika hal tersebut kurang tepat. Ambeien dan usus besar kanker memang sama-sama bisa menyebabkan BAB berdarah. Namun ada Hal yang membedakan yaitu mekanisme terjadinya perdarahan. Keduanya pun memiliki gejala-gejala lain yang berbeda.

Baca Juga:  Tanda Bahaya Wasir dan Kapan Harus Segera Ditangani

Meskipun begitu, sebaiknya Anda tidak mengabaikan saat mengalami pendarahan saat buang air besar. Terutama jika Anda sudah berusia di atas 45 tahun dan memiliki keluarga dengan riwayat kanker usus besar. Sebab gejala yang hampir mirip dengan ambeien terkadang membuat kanker usus besar ini tidak terdeteksi sejak dini.

#5. Ambeien tidak hanya dapat disembuhkan dengan operasi

Anggapan nengenai ambeien hanya dapat disembuhkan melalui tindakan operasi adalah mitos. Ambeien yang terdeteksi sejak dini dan kondisinya belum terlalu parah dapat diatasi dengan perubahan pola hidup dan pola makan yang lebih sehat.

Beberapa obat-obatan maupun krim salep dapat penderita berikan untuk mengurangi gejala-gejala yang muncul pada ambeien. Jika perawatan dilakukan secara intens maka besar kemungkinan ambeien bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika kondisi ambeien tidak berubah bahkan bertambah buruk seiring berjalannya waktu, maka barulah ambeien harus ditangani melalui prosedur operasi.

#6. Duduk di lantai yang dingin tidak menyebabkan ambeien

Banyak orang yang mengira bahwa alah satu penyebab ambeien adalah karena duduk di lantai yang dingin. Nyatanya tidak ada hubungan antara duduk di permukaan lantai dingin dengan penyakit ambeien. Dinginnya permukaan lantai tidak berpengaruh pada timbulnya benjolan ambeien.

Yang berpengaruh adalah duduk atau jongkok terlalu lama saat buang air. Karena jika melakukan hal tersebut secara terus menerus akan menimbulkan tekanan pada daerah anus yang menyebabkan pembuluh darah pecah dan memicu timbulnya ambeien.

#7. Bisa sembuh melalui metode non bedah

Kebanyakan orang enggan melakukan pengobatan wasir karena takut dengan metode bedah yang harus penderita lalui. Saat ini ada beragam metode non bedah yang dapat dipilih penderita untuk menghilangkan wasir. Tampilan wasir jenis ini memanfaatkan teknologi modern seperti penggunaan laser dan radiofrekuensi.

Baca Juga:  Wasir pada Atlet: Dampak, Pencegahan, dan Pengobatan

Itulah beberapa fakta mengenai penyakit ambeien. Semoga setelah ini kamu tidak keliru lagi ya dalam penyelesaian mengenai penyakit ambeien ini. Jika Anda merasa memiliki ambeien maka segera konsultasikan ke dokter terdekat untuk segera mendapatkan perawatan terbaik.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *