2,825 views
Gambar Ambeien Stadium 1 2 3 4: Cek Keparahan Wasir Kamu!

Mengenali gambar ambeien stadium 1 2 3 4 dapat membantu untuk memperkirakan sudah sampai mana tingkat keparahan ambeien. Wasir atau ambeien merupakan salah satu penyakit yang dapat setiap orang alami  tanpa batasan usia. Meski ambeien  bukanlah penyakit yang berat, namun bagi penderitanya, tapi dapat mengganggu aktivitas.Penyakit ini ditandai dengan keluarnya darah ketika mengejan saat buang air besar(BAB). Hal ini biasanya  terjadi karena pola makan yang kurang sehat. Wasir adalah terjadinya pembengkakan pembuluh darah di dalam pleksus hemorrhoidalis yang ada di anus.

Faktor Risiko Terjadinya Ambeien

  1. Keturunan
  2. Terlalu mengedan pada saat buang air besar
  3. Pola buang air besar yang salah (terlalu lama duduk dijamban)
  4. Peningkatan tekanan intra abdomen karena tumor usus dan tumor abdomen
  5. Usia Lanjut
  6. Konstipasi kronik, diare kronik atau diare akut berlebihan
  7. Hubungan seks perenal
  8. Kurang minum air
  9. Kurang makan-makanan berserat
  10. Kehamilan (disebabkan oleh tekana janin pada abdomen dan perubahan hormonal)

Apa Saja Gejalanya?

  1. Pendarahan saat buang air besar. Warna darahnya berwarna merah terang.
  2. Benjolan di sekitar anus.
  3. Pembengkakan, rasa nyeri, dan kemerahan di sekitar anus.
  4. Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.

Gambar Ambeien Stadium 1 2 3 4

Berdasarkan tingkat keparahan wasir terbagi menjadi 4 stadium, dari wasir yang paling ringan sampai wasir paling parah. Berikut gambar ambeien stadium 1 2 3 4:

ambeien

  • Stadium 1

Mulai terjadi pembesaran vena di anus. Ukurannya masih kecil sehingga biasanya belum menimbulkan gejala apapun. Baru bisa terdeteksi ketika melakukan pemeriksaan dengan endoskopi. Namun terkadang sudah mulai menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air besar (BAB).

  • Stadium 2

Pembesaran vena sudah mulai dapat teraba, bisa keluar dari anus dan masuk kembali secara spontan, namun belum ada pendarahan. Terkadang terjadi infeksi yang mengakibatkan rasa panas dan gatal di anus. Kemungkinan rasa panas meningkat saat duduk terlalu lama dan BAB.

  • Stadium 3
Baca Juga:  Mengatasi Kecemasan Sebelum Tindakan Wasir

Pembesaran vena lebih sering keluar dari anus, bahkan sudah tidak mampu dimasukan kembali secara spontan. Maka untuk memasukkannya diperlukan bantuan jari. Dapat menimbulkan rasa panas saat duduk terlalu lama ataupun BAB. Saat terjadi kontraksi, vena yang membesar bisa pecah dan menimbulkan pendarahan.

Pembesaran vena sudah tidak dapat dimasukan kembali, meskipun dengan bantuan jari. Pendarahan terjadi semakin sering lantaran vena yang semakin membesar, sehingga mungkin dapat membuat penderitanya kekurangan darah atau penurunan hemoglobin (HB).

Apa Komplikasi Penyakit Ambeien?

Penyakit ambeien apabila tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti misalnya:

  • Anemia. Meskipun jarang, perdarahan yang terus menerus akibat ambeien dapat menyebabkan anemia.
  • Strangulated hemorrhoid. Otot-otot dapat menjepit aliran darah ke area yang mengalami ambeien, hal ini menyebabkan rasa nyeri hebat.
  • Bekuan darah. Bekuan darah yang terbentuk dalam ambeien dapat menyebabkan nyeri hebat.
  • Skin tags. Ketika bekuan darah kembali larut, kulit yang awalnya terisi bekuan tersebut menjadi longgar dan dapat mengalami iritasi.
  • Infeksi. Ambeien eksternal dapat terinfeksi.

Bisakah Ambeien Dicegah?

Beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk mencegah, mengurangi dan memperlambat perburukan gejala penyakit ambeien:

  • Makan banyak serat (buah, sayur, gandum utuh) untuk memudahkan buang air besar.
  • Minum banyak air putih, setidaknya 8 gelas sehari. Hindari minuman mengandung kafein (teh, kopi, soda) dan alkohol untuk menghindari konstipasi.
  • Gunakan suplemen mengandung serat bila kebutuhan serat tidak tercukupi dari makanan. Bila Anda mengkonsumsi suplemen ini, pastikan Anda minum cukup air. Mengkonsumsi suplemen serat tanpa air cukup justru akan menyebabkan konstipasi.
  • Jangan menahan buang air besar.
  • Jangan mengedan ketika buang air besar.
  • Jangan duduk terlalu lama terutama di toilet karena dapat meningkatkan tekanan pembuluh darah di anus.
  • Jangan membasuh anus terlalu keras.
  • Jaga bokong tetap kering dan bersih.
  • Gunakan es yang dibungkus dengan handuk untuk mengompres untuk mengurangi rasa tidak nyaman.
  • Olahraga dengan teratur dapat membantu mencegah konstipasi dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah akibat duduk atau berdiri terlalu lama.
Baca Juga:  Operasi Wasir di Makassar: Pilihan Tepat untuk Mengatasi Ambeien

ST Wasir Center menyediakan layanan medis untuk penderita wasir dengan harga yang terjangkau. Peralatan dengan metode modern tanpa rawat inap serta tenaga medis (dokter spesialis bedah) yang berpengalaman dalam pengobatan wasir atau ambeien. Tak hanya wasir atau ambeien, ST Wasir Center juga melayani pengobatan gangguan anorektal lainnya seperti fisura, fistula ani, abses perianal dan kondiloma. Yuk konsultasi gratis via chat dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *