128 views
Hati-hati! Ini 5 Ciri-ciri Wasir yang Harus Dioperasi

Wasir atau hemoroid adalah kondisi yang umum terjadi pada area sekitar anus dan rektum. Biasanya, wasir dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, penggunaan obat-obatan, dan tindakan medis sederhana. Namun, terdapat beberapa kasus di mana wasir memerlukan tindakan operasi untuk mengatasi masalahnya. Artikel ini akan membahas beberapa ciri wasir yang harus dioperasi, simak artikelnya.

Ciri Wasir Yang Harus Dioperasi

Berikut adalah beberapa ciri-ciri wasir yang sebaiknya dipertimbangkan untuk dioperasi:

Wasir Stadium 3 & 4

Wasir dapat diklasifikasikan ke dalam empat stadium berdasarkan tingkat keparahan:

  1. Stadium 1: Wasir dalam stadium ini biasanya masih kecil dan belum menonjol keluar dari anus. Perawatan medis atau perubahan gaya hidup biasanya sudah cukup untuk mengatasi gejalanya.
  2. Stadium 2: Wasir pada stadium ini mungkin sudah menonjol saat buang air besar, namun akan kembali masuk setelahnya.
  3. Stadium 3: Wasir dalam stadium ini cenderung lebih besar dan tidak dapat kembali masuk ke dalam anus secara spontan. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu mendorongnya kembali dengan tangan.
  4. Stadium4: Wasir pada stadium ini sangat besar dan tidak dapat ditekan kembali ke dalam anus. Kondisi ini biasanya sangat menyakitkan dan mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari. Wasir pada stadium IV seringkali memerlukan tindakan operasi.

Terjadi Pendarahan yang Berkepanjangan

Jika Anda mengalami pendarahan terus-menerus dari area anus dan rektum, terutama saat buang air besar, meskipun sudah mencoba perawatan konservatif, maka mungkin itu menjadi pertanda bahwa wasir Anda memerlukan tindakan operasi untuk menghentikan pendarahan dan mengatasi masalah yang mendasarinya.

Baca Juga:  Mengatasi Fisura Ani Melalui Operasi

Trombosis Wasir

Trombosis hemoroid terjadi ketika gumpalan darah membentuk di dalam wasir eksternal. Kondisi ini biasanya sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan pembengkakan yang signifikan. Jika Anda mengalami trombosis hemoroid, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi untuk menghilangkan gumpalan darah dan meredakan gejala.

Prolapsus Wasir

Wasir yang terus menerus menonjol keluar dari anus dan tidak dapat didorong kembali ke dalam, disebut prolapsus wasir. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan kesulitan dalam buang air besar. Jika prolapsus wasir terjadi secara berulang dan mengganggu aktivitas sehari-hari, operasi mungkin diperlukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Infeksi Sekunder

Kadang-kadang, wasir yang terlalu besar atau mengalami iritasi berulang dapat menyebabkan infeksi. Jika wasir menjadi terinfeksi dan terbentuk abses (kumpulan nanah), tindakan bedah mungkin diperlukan untuk mengeluarkan nanah dan mengobati infeksi.

Kehilangan Fungsi Usus

Wasir yang parah dan tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi lebih serius, seperti kehilangan fungsi usus atau gangguan lainnya dalam sistem pencernaan. Jika perawatan non-bedah tidak efektif dalam mengatasi masalah ini, operasi mungkin diperlukan untuk mengembalikan fungsi normal usus.

Diagnosis Yang Tepat Di ST Wasir Center

Penanganan hemoroid tergantung dari tingkat keparahannya. Jika kamu memiliki hemoroid stadium 1, Anda bisa mengubah gaya hidup dan menghindari makanan pedas serta berlemak. Untuk hemoroid stadium 1-2, Anda bisa menggunakan obat-obatan dan metode non-operasi seperti ligasi, serta mengubah gaya hidup. Namun, jika Anda mengalami hemoroid stadium 3-4 atau hemoroid eksternal, mungkin perlu dilakukan tindakan operasi.

Untuk memastikan diagnosis dan penanganan yang tepat, sangat disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter. Selain memikirkan penanganan, kamu juga perlu memodifikasi gaya hidup dengan baik.

  • konsumsi air putih yang cukup setidaknya 2 liter sehari
  • konsumsi makanan tinggi serat bagi anda yang mengalami sembelit
  • hindari mengejan saat buang air besar
  • jangan duduk terlalu lama di kloset
Baca Juga:  Makanan Penyebab Wasir yang Pedas dan Berminyak

Apabila kamu atau kerabat terdekat mengalami gejala ambeien yang tak kunjung membaik meski sudah melakukan perawatan di rumah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di Klinik ST Wasir Center agar mendapatkan penanganan secara tepat.

Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara gratis via chat dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp atau kamu juga bisa mengunjungi media sosial STWC seperti Instagram @stwasircenter, Facebook ST Wasir Center, atau Youtube STWC.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *