57 views
Hati-Hati Wasir Pecah Akibat Trombosis!

Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam dan sekitar  saluran anus. Pembuluh darah di sekitar anus cenderung meregang karena tekanan yang meningkat dan mungkin membengkak. Jika anda pernah mengalami nyeri dubur akut disertai pendarahan per rektal terkait buang air besar, sangat disarankan untuk segera mencari pertolongan medis. Ini bisa jadi merupakan tanda dan gejala wasir pecah.

Mengenal Wasir Pecah

Jika bekuan darah terbentuk di dalam wasir, maka akan terjadi trombosis dan akhirnya mengalami hal tersebut, ketika tekanan internal meningkat (saat mengejan berlebihan baik karena sembelit atau diare).

Tanda dan Gejala Peringatan yang Mengindikasikan Pecahnya Wasir

1. Benjolan nyeri yang teraba dilubang anus.

2. Perdarahan per rectum yang peristen.

3. Nyeri hebat, iritasi dan bengkak disekitar anus.

Tingkat Keparahan Wasir Yang Pecah

Jika kondisi wasir seperti itu, perawatan darurat harus dicari. Komplikasi serius akibat kehilangan darah berlebih adalah pusing, pingsan, atau bahkan hipotensi/syok. Namun, pendarahan per rektal juga bisa menjadi tanda penyakit lain, seperti kanker kolorektal dan saluran yang sama, pemeriksaan fisik yang cermat dan tes diagnostic yang sesuai selanjutnya yang dilakukan oleh spesialis ahli sangat dianjurkan.

Penatalaksanaan Wasir Pecah

Setelah wasir mengalami kondisi tersebut, perawatan segera harus diberikan sebagai berikut :

1. Kompres secara lembut menggunakan kain bersih yang lembut atau pembalut Wanita untuk menghentikan pendarahan.

2. Lakukan kompres dingin atau mandi sitz dingin untuk mengurangi peradangan dan menghentikan pendarahan.

Pengobatan Wasir Pecah

Ambeien pecah yang disertai pendarahan per rectum yang berlebihan biasanya terjadi pada ambeien luar, pilihan pengobatan utama adalah pengangkatan wasir, yang disebut hemoroidektomi. Ini dianggap sebagai pendekatan paling efektif untuk masalah ini dengan pemulihan yang cepat dan Kembali ke aktivitas sehari-hari dengan cepat. Tergantung pada tingkat keparahanya, pembedahan dapat diatur sebagai prosedur rawat jalan tanpa rawat inap.

Baca Juga:  Pola Tidur dan Kondisi Ambeien, Apakah Berpengaruh?

Pencegahan Wasir Pecah

1. Hindari ketegangan berlebihan saat melakukan Gerakan

2. Hindari duduk terlalu lama di toilet

3. Perbanyak minum air putih minimal 8-10 gelas per hari

4. Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian

5. Carilan pertolongan medis kapan pun diperlukan

Wasir mengalami kondisi tersebut dapat menyebabkan kehilangan banyak darah, sehingga mengakibatkan komplikasi serius yang memerlukan keadaan darurat. Diagnosis yang akurat dan tepat waktu untuk mengetahui kondisi lain adalah kunci yang memungkinkan pengobatan efektif. Karena kemajuan dalam teknik dan teknologi bedah, pengobatan baru terus bermunculan, memungkinkan pasien untuk mencapai hasil pengobatan terbaik dengan ketidaknyamanan yang minimal, komplikasi pasca operasi yang lebih sedikit, pemulihan yang cepat, Kembali ke aktivitas normal sehari-hari dengan cepat dan kekambuhan yang lebih sedikit Terus konsultasikan kondisi kesehatan Anda ke tenaga medis terpecaya, salah satunya ST Wasir Center untuk mendapatkan penanganan yang efektif.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *