146 views
Ini Loh Ciri-Ciri Ambeien yang Sudah Parah!

Ambeien, juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi yang umum terjadi di sekitar area anus dan rektum. Kondisi ini disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus dan rektum yang dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman. Ambeien dapat berkembang menjadi tingkat keparahan yang berbeda, dan penting untuk mengenali tanda-tanda bahwa ambeien telah mencapai tingkat parah. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai ciri-ciri ambeien yang sudah parah. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang dapat membantu mengidentifikasi ambeien yang sudah parah:

1. Pendarahan yang Berkepanjangan

Salah satu tanda bahwa ambeien sudah mencapai tingkat parah adalah pendarahan yang berkepanjangan. Anda mungkin melihat darah pada tinja, tisu toilet, atau bahkan tetesan darah di toilet setelah buang air besar. Pendarahan yang terus-menerus dapat menjadi indikasi bahwa pembuluh darah di dalam ambeien telah pecah atau meradang secara signifikan.

2. Trombosis Hemoroid

Ambeien yang sudah parah dapat mengalami trombosis hemoroid, yaitu pembekuan darah di dalam ambeien. Ini dapat menyebabkan nyeri yang sangat intens, pembengkakan yang signifikan, dan perubahan warna kulit di sekitar area anus menjadi biru atau ungu. Trombosis hemoroid memerlukan penanganan medis segera.

3. Prolaps Rektum

Ambeien yang sangat parah dapat menyebabkan prolaps rektum, di mana jaringan dalam rektum meluas keluar dari anus. Ini dapat terjadi selama buang air besar atau bahkan ketika sedang beraktivitas fisik. Prolaps rektum memerlukan perhatian medis segera dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman yang signifikan.

4. Nyeri yang Berkepanjangan

Nyeri yang berkepanjangan, terutama selama atau setelah buang air besar, dapat menjadi tanda bahwa ambeien telah mencapai tingkat parah. Kondisi ini mungkin tidak hanya terjadi selama tindakan buang air besar, tetapi dapat berlangsung lebih lama dan sulit diatasi dengan pengobatan rumahan.

Baca Juga:  Cara Mengobati Wasir Berdarah

5. Kesulitan untuk Mengontrol Buang Air Besar

Ambeien yang sudah parah dapat menyebabkan kesulitan dalam mengontrol buang air besar. Penderita mungkin mengalami perasaan bahwa mereka tidak dapat sepenuhnya mengosongkan usus, atau bahkan mungkin mengalami inkontinensia tinja.

Penanganan dan Pencegahan

Jika Anda mengalami gejala ambeien yang sudah parah, sangat penting untuk segera mencari pertolongan medis. Dokter dapat memberikan perawatan yang sesuai, mulai dari obat-obatan hingga prosedur medis, seperti skleroterapi atau pengikatan ambeien.

Pencegahan ambeien melibatkan adopsi gaya hidup sehat, termasuk diet tinggi serat, menjaga kebersihan anus, dan menghindari duduk atau berdiri terlalu lama. Olahraga teratur juga dapat membantu mencegah ambeien dengan meningkatkan sirkulasi darah.

Penting untuk diingat bahwa informasi di atas bukan pengganti nasihat medis profesional. Jika Anda mengalami gejala ambeien atau kondisi lainnya, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat. Salah satu opsi pilihan yang mungkin bisa Anda pertimbangkan yaitu ST Wasir Center atau STWC. Karena di ST Wasir Center, Anda akan mendapatkan penanganan langsung dari para ahli medis di bidangnya untuk menangani kondisi yang Anda alami secara langsung dengan baik dan efektif. Jadi, apabila Anda memiliki kondisi-kondisi seperti wasir atau ambeien, fistula ani, fisura ani, ataupun abses perianal, Anda dapat menghubungi ataupun mengunjungi STWC secara langsung.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *