5 views
Jika Wasir Dibiarkan, Ini Yang Akan Terjadi! 

Wasir, atau hemoroid, adalah kondisi di mana pembuluh darah di daerah anus dan rektum bagian bawah membengkak dan meradang. Meski umumnya bukan kondisi yang mengancam jiwa, wasir dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan tepat. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi jika wasir dibiarkan tanpa pengobatan:

Apa yang Terjadi Jika Wasir Dibiarkan?

1. Nyeri dan ketidaknyamanan yang berkelanjutan

Wasir dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan ketidaknyamanan di daerah anus. Jika dibiarkan, gejala ini dapat semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti duduk, berjalan, atau buang air besar.

2. Pendarahan

Wasir yang tidak diobati seringkali menyebabkan pendarahan saat buang air besar. Darah biasanya berwarna merah terang dan dapat terlihat di tinja atau kertas toilet. Pendarahan yang berkelanjutan dapat menyebabkan anemia, yaitu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.

3. Infeksi

Wasir yang dibiarkan dapat teriritasi dan terinfeksi. Infeksi ini dapat menyebabkan pembentukan abses (penumpukan nanah) di daerah anus yang memerlukan perawatan medis segera. Infeksi yang tidak diobati dapat menyebar dan menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

4. Trombosis

Wasir eksternal dapat mengalami trombosis, yaitu pembentukan bekuan darah di dalam wasir. Ini dapat menyebabkan nyeri yang sangat parah dan memerlukan intervensi medis. Trombosis wasir seringkali ditandai dengan benjolan keras dan nyeri di sekitar anus.

5. Prolaps

Wasir internal dapat prolaps, yaitu keluar dari anus. Prolaps ini bisa bersifat sementara (dapat kembali masuk dengan sendirinya) atau permanen (membutuhkan dorongan manual atau pembedahan untuk mengembalikannya ke dalam). Prolaps yang tidak ditangani dapat menyebabkan iritasi, infeksi, dan gangguan lainnya.

Baca Juga:  Cara Mencegah Wasir pada Atlet

6. Komplikasi Lainnya

Wasir kronis dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut dan stenosis (penyempitan) di daerah anus, yang dapat mengganggu proses buang air besar. Selain itu, tekanan berkelanjutan pada pembuluh darah di daerah anus dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Pengobatan dan Pencegahan

Untuk mencegah komplikasi akibat wasir, penting untuk segera mencari pengobatan. Beberapa langkah yang dapat diambil meliputi:

  • Perubahan gaya hidup
    Mengonsumsi makanan tinggi serat, minum banyak air, dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di daerah anus.
  • Obat-obatan
    Krim, salep, atau supositoria dapat digunakan untuk mengurangi nyeri dan peradangan. Beberapa obat oral juga dapat diresepkan oleh dokter untuk mengurangi gejala wasir.
  • Prosedur medis
    Jika perawatan rumahan tidak efektif, dokter mungkin merekomendasikan prosedur medis seperti ligasi pita karet, skleroterapi, atau koagulasi inframerah untuk menghilangkan wasir. Dalam kasus yang parah, pembedahan mungkin diperlukan.

Menjaga kesehatan pencernaan dan melakukan perawatan dini adalah kunci untuk mencegah komplikasi serius akibat wasir. Jika Anda mengalami gejala wasir, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Hubungi ST Wasir Center untuk informasi lebih lanjut melalui whatsapp 0878-8756-6315.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *