46 views
Kenapa Ambeien Harus Dioperasi?

Ambeien atau wasir adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di dalam anus dan rektum menjadi meradang dan membengkak. Ada beberapa kasus ambeien yang dapat diobati dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan non-operatif, namun ada juga beberapa situasi di mana operasi menjadi pilihan yang diperlukan. Ambeien yang harus dioperasi biasanya sudah mengganggu kualitas hidup penderita, seperti perdarahan terus menerus, nyeri, hingga anemia.

Beberapa alasan seseorang perlu menjalani operasi untuk mengobati ambeien:

1. Kondisi yang Parah

Jika ambeien menjadi sangat parah, bisa menyebabkan pendarahan yang hebat, prolaps, atau trombosis. Kondisi yang parah ini dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan. Prolaps merupakan kondisi ketika jaringan ambeien keluar dari anus. Sedangkan trombosis merupakan kondisi pembekuan darah di dalam ambeien.

2. Tidak Merespons Pengobatan Non-Operatif

Beberapa kasus ambeien mungkin sudah tidak merespons terhadap perubahan gaya hidup, obat-obatan, atau prosedur non-operatif seperti ligasi elastik atau skleroterapi. Dalam situasi ini, operasi menjadi satu-satunya pilihan yang tersisa untuk mengobati ambeien.

3. Komplikasi Lain

Ambeien yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius seperti anemia akibat kehilangan darah yang berlebihan, infeksi, atau jaringan ambeien yang menjadi terjepit (strangulasi), yang memerlukan intervensi segera melalui tindakan operasi.

Baca Juga:  Ketahui Perbedaan Wasir dan Ambeien 

4. Kualitas Hidup yang Terpengaruh

Jika ambeien mengganggu kualitas hidup seseorang secara signifikan, seperti menyebabkan rasa sakit kronis, kesulitan buang air besar, atau masalah psikologis seperti depresi atau kecemasan, operasi mungkin direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas hidup.

5. Penyebab Yang Mendasarinya

Jika ambeien disebabkan oleh kondisi medis lain seperti tumor pada panggul atau gangguan saluran pencernaan, operasi mungkin diperlukan untuk mengatasi penyebab yang mendasarinya dan mencegah ambeien kambuh.

Meskipun operasi dapat menjadi pilihan yang efektif untuk mengobati ambeien yang parah atau kronis, keputusan untuk menjalani operasi harus dibuat setelah konsultasi dengan dokter. Dokter akan mengevaluasi kondisi individu pasien dan menyarankan tindakan terbaik berdasarkan faktor-faktor seperti tingkat keparahan ambeien, riwayat medis, dan preferensi pasien. Selain itu, terdapat berbagai macam prosedur operatif yang tersedia, mulai dari tindakan yang sederhana hingga prosedur yang lebih kompleks, sehingga penting untuk berdiskusi secara rinci dengan dokter untuk memahami opsi yang tersedia dan potensi hasil serta risikonya.

Berikut prosedur operasi ambeien yang sudah menggunakan metode canggih:

1. Metode ikat Wellc

Metode ini cocok untuk wasir dalam atau internal dengan grade 1-3. Wasir tidak perlu dipotong seperti pada metode lainnya. Metode ini aman, harga lebih terjangkau, dan prosedur sangat cepat. 

2. Metode Radiofrequency

Wasir atau ambeien dikeringkan menggunakan gelombang radiofrequency. Metode canggih ini memungkinkan pasien untuk menjalankan operasi ambeien baik internal maupun eksternal dengan lebih cepat, aman, dan efektif.

3. Metode Ultrasonic

Wasir atau ambeien dipotong menggunakan alat dengan getaran ultrasonic. Metode ini sangat efektif untuk wasir yang besar, minim rasa sakit, tanpa rawat inap, dan penyembuhan yang lebih cepat. 

Baca Juga:  Penyakit Tuberkulosis Menghambat Proses Penyembuhan Fistula

Itulah artikel yang membahas mengenai alasan ambeien harus segera dioperasi. Penting untuk selalu berkonsultasi dengan profesional medis agar mengetahui lebih dalam tindakan seperti apa yang cocok dilakukan untuk kondisi Anda. Untuk mendapatkan saran langsung dari profesional medis berpengalaman, Anda dapat mengunjungi ST Wasir Center di kontak yang sudah tersedia.

Alasan mengapa ST Wasir Center menjadi pilihan tepat karena di ST Wasir Center, selain ditangani oleh profesional medis , Anda juga akan ditangani menggunakan alat ataupun teknologi terkini seperti Ultrasonic, Radiofrequency, hingga WellC yang mempermudah Anda dalam proses penyembuhan.

Jadi tunggu apalagi? Apabila Anda mengalami masalah seperti wasir/ambeien, fistula ani, fisura ani, hingga abses perianal segeralah mengecek kondisi Anda di ST Wasir Center!

Jika kalian membutuhkan informasi terkini seputar masalah-masalah yang disebutkan di atas, Anda dapat mengunjungi laman website resmi STWC di www.stwasir.com dan Instagram resmi STWC di @stwasircenter

1/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *