16 views
Harus Dihindari! 13 Kesalahan yang Bisa Memperparah Wasir

Wasir merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Hal ini biasanya muncul akibat gaya hidup yang tidak tepat. Masalah kesehatan ini biasanya ditandai dengan keluarnya darah saat buang air besar. Pada beberapa kasus, kondisi ini bahkan menyebabkan seseorang kesulitan untuk duduk dan beraktivitas.

Masalah wasir milik seseorang bisa jadi menghilang secara sendiri. Walau begitu, ada kemungkinan masalah ini kembali kambuh akibat berbagai hal. Sejumlah hal sepele yang kia lakukan sehari-hari bisa menyebabkan wasir atau ambeien kembali kambuh. Lebih buruk, hal ini bahkan bisa menyebabkan masalah ini semakin parah.

Hal Yang Harus Dihindari Agar Ambeien Tidak Kambuh

1. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama bisa menjadi awal gaya hidup kurang gerak yang tak sehat. Hal ini bakal semakin parah ketika kamu memiliki berat badan berlebih. Duduk dalam waktu lama baik untuk bekerja dan menonton TV bisa berujung konstipasi. Ketika duduk terlalu lama, perlu mengimbangi dengan aktivitas seperti berjalan dan berolahraga.

2. Mengangkat Beban Terlalu Berat

Menangkat beban terlalu berat baik saat berolahraga atau bekerja bisa menyebabkan wasir bertambah parah. Hal ini bisa menyebabkan lebih banyak tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan memperparah wasir.

Baca Juga:  Mengatasi Fistula dan Wasir Kambuh secara Bersamaan

3. Konstipasi dan Diare

Konstipasi merupakan penyebab kambuhnya masalah wasir eksternal. Masalah ini juga bisa muncul pada saat kamu mengalami diare. Oleh karena itu, mencegah kedua masalah ini bisa sangat membantu dalam mencegah muncul dan kambuhnya wasir.

4. Kebersihan yang Buruk

Kondisi lembap di area sekitar pantat yang bertemu udara lembap dan panas bisa jadi hal yang kurang baik bagi penderita penyakit ini. Jika kebersihan tidak dijaga dengan baik, hal ini bisa menjadi penyebab muncul dan kambuhnya masalah wasir.

5. Stres dan Kecemasan

Kondisi mental yang kamu alami berupa stres dan kecemasan bisa memperburuk wasir. Oleh karena itu, mejaga tubuh agar terhindar dari stres dan kecemasan bisa sangat membantu.

6. Penggunaan Pencahar Berlebih

Penggunaan pencahar berlebihan bisa membuat buang air besar terus-menerus. Hal ini bisa menyebabkan tekanan pada pantat dan memperparah kondisi wasir.

7. Menggunakan Ponsel saat Buang Air Besar

Ketika berada di toilet, usahakan agar tidak lebih dari 10-15 menit. Ketika lebih dari itu, bisa mengalami masalah wasir. Pada saat menggunakan ponsel di kamar mandi, bisa lupa waktu sehingga banyak menghabiskan waktu terlalu lama untuk duduk di toilet.

8. Menggunakan Tisu

Membersihkan pantat menggunakan tisu bisa menjadi penyebab semakin parahnya wasir yang. Hal ini terutama pada tisu basah dengan aroma dan alkohol di dalamnya. Cara terbaik untuk membersihkan pantat adalah dengan cara menggunakan air.

9. Menggaruk Pantat

Rasa gatal di pantat merupakan suatu hal yang kerap kali muncul. Namun, sebaiknya hindari untuk menggaruknya terutama ketika mengalami wasir. Hal ini justru malah bisa memperparah kondisinya.

10. Minum Terlalu Banyak Kopi

Sama seperti alkohol, kopi juga bisa menyebabkan dehidrasi dan iritasi di perut. Kafein juga diketahui merupakan penyebab terjadinya konstipasi dan diare. Kedua hal tersebut merupakan hal yang bisa memperparah masalah konstipasi yang dialami.

Baca Juga:  Resiko Akibat Operasi Wasir Berulang Kali

11. Duduk di Permukaan yang Keras untuk Waktu Lama

Duduk terlalu lama memang merupakan penyebab semakin parahnya wasir. Namun, hal ini bisa semakin parah ketika duduk di permukaan yang terlalu keras. Oleh karena itu, untuk mencegah masalah ini semakin parah, sebaiknya pilihlah kursi yang lebih empuk.

12. Menahan Buang Air

Ketika merasa ingin buang air besar, sebaiknya segera melakukannya. Pasalnya, menahan buang air besar bisa menjadi penyebab semakin parahnya wasir. Hal ini terjadi karena tekanan yang ada pada pembuluh darah di pantat bisa semakin berat ketika menahannya.

13. Tidak Melakukan Operasi

Ketika masalah wasir sudah sangat parah dan kerap kambuh, operasi merupakan jalan keluar terbaik. Walaupun sudah melakukan gaya hidup yang baik namun masih sering mengalami keluarnya darah saat buang air besar.

ST Wasir Center menyediakan tindakan tanpa rawat inap, minim nyeri, minim perdarhan dan dalam waktu singkat yaitu hanya 15 menit hilang. Yuk konsultasikan penyakit Anda di Klinik bedah ST Wasir Center.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *