29 views
Kurang Minum Air Putih Bisa Menyebabkan Wasir

Wasir, atau disebut juga hemoroid, adalah kondisi yang umum terjadi di kalangan masyarakat. Meskipun penyebab wasir dapat bervariasi, salah satu faktor yang sering diabaikan adalah kurangnya konsumsi air putih. Air putih memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan kurang minum air dapat meningkatkan risiko terjadinya wasir. Pada artikel kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai bener gak sih kalau kekurangan minum air putih dapat mengganggu kesehatan pencernaan atau menyebabkan wasir.

Bagaimana Air Putih Mempengaruhi Kesehatan Saluran Pencernaan?

Air putih memiliki peran vital dalam menjaga keseimbangan tubuh, termasuk fungsi saluran pencernaan. Sebagian besar usus besar berperan dalam menyerap air dari makanan yang kita konsumsi. Jika tubuh kekurangan cairan, usus besar akan menyerap lebih banyak air dari tinja, membuat tinja menjadi keras dan sulit untuk melewati saluran pencernaan.

Ketika tinja keras dan sulit, tekanan pada dinding rektum dapat meningkat, menyebabkan pembuluh darah di sekitarnya melebar dan membentuk benjolan, yang dikenal sebagai wasir. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan bahkan perdarahan pada saat buang air besar.

Mengapa Kurang Minum Air Putih Dapat Menyebabkan Wasir?

1. Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat membuat tinja keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Baca Juga:  Apakah Penderita Ambeien Boleh Makan Bakso?

2. Kekurangan Cairan dalam Tinja

Air membantu menjaga kelembaban dalam tinja, sehingga memudahkan pergerakan tinja melalui saluran pencernaan. Tanpa cukup cairan, tinja menjadi keras dan dapat menyebabkan tekanan pada dinding rektum.

3. Peningkatan Tekanan Darah di Saluran Pencernaan

Dehidrasi juga dapat meningkatkan tekanan darah di saluran pencernaan, termasuk di area rektum. Tekanan yang meningkat dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitarnya menjadi meradang dan membentuk wasir.

Tips untuk Mencegah Wasir dengan Menjaga Asupan Air Putih

1. Minumlah Setidaknya 8 Gelas Air Sehari

Jaga agar asupan air putih mencukupi setiap hari untuk mencegah dehidrasi. Terdapat perbedaan dalam takaran minimal seseorang dalam meminum air putih dalam sehari, namun menurut para ahli, seseorang harus meminum air putih seminimalnya sebanyak 8 gelas atau 2 liter air putih dalam sehari.

2. Perhatikan Warna Urin

Warna urin yang terang menunjukkan bahwa tubuh Anda cukup terhidrasi.

3. Hindari Minuman Berkafein dan Beralkohol Berlebihan

Minuman berkafein dan beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi, maka dari itu, penting untuk membatasi konsumsi minuman kafein atau alkohol setiap harinya untuk mencegah dehidrasi yang berlebih pada tubuh Anda.

4. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat membantu menjaga kelembaban tinja dan mencegah sembelit. Ketika tinja menjadi lebih lembab, maka akan mempermudah dalam proses pembuangan tinja, dan mencegah sembelit yang mengarah pada wasir ataupun ambeien.

5. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, maka dari itu, penting untuk melakukan olahraga setiap hari ataupun secara teratur, walaupun olahraga tersebut merupakan olahraga ringan.

Kesimpulan

Wasir bisa menjadi masalah yang menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan menjaga asupan air putih dan gaya hidup sehat lainnya, kita dapat mengurangi risiko terjadinya wasir dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Jangan anggap remeh peran penting air putih dalam menjaga kesehatan tubuh Anda!

Baca Juga:  Pengobatan Abses Perianal

Apabila Anda membutuhkan saran langsung mengenai kondisi Anda saat ini, Anda dapat mengunjungi ST Wasir Center atau STWC. Dikarenakan di ST Wasir Center, Anda akan mendapatkan penanganan langsung dari profesional medis di bidangnya untuk menangani masalah yang Anda hadapi. Selain itu, di ST Wasir Center, Anda akan mendapatkan penanganan menggunakan alat ataupun teknologi terkini yang mempermudah proses penyembuhan masalah Anda. Selain itu, akses menuju ST Wasir Center saat ini semakin mudah dengan dibukanya dua cabang di dua lokasi berbeda yaitu di Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan RS Graha Juanda Bekasi.

Jadi tunggu apalagi? Apabila kamu mengalami masalah seperti wasir/ambeien, fistula ani, fisura ani, hingga abses perianal ayo segera dapatkan saran langsung dari ST Wasir Center!

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *