111 views
Manfaat Senam Kegel Untuk Penderita Wasir

Senam kegel tidak hanya bisa dilakukan oleh wanita, tetapi juga pria. Selain itu, melakukan gerakan dalam senam ini bisa memberi manfaat kesehatan, baik untuk pria maupun wanita. Senam kegel ternyata menyimpan banyak manfaat. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, jenis senam ini bisa membantu mencegah penyakit, salah satunya wasir. Secara umum, senam kegel atau disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah bisa membantu memperbaiki gangguan atau penurunan fungsi serta kekuatan otot panggul bawah. Berikut adalah penjelasan terkait manfaat senam kegel untuk penderita wasir.

Senam Kegel Untuk Penderita Wasir

Kegel merupakan jenis olahraga yang cukup mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Rutin melakukan gerakan ini disebut bisa membantu mengencangkan otot panggul bawah yang meliputi otot penyokong rahim, kantong kemih, dan usus besar. Dalam mencegah wasir, kegel dilakukan untuk menguatkan otot-otot pelvis atau panggul sehingga menghilangkan tekanan dari bagian bawah tubuh.

Kegel bisa membantu mencegah bahkan mengobati wasir alias ambeien. Sebab, gerakan dalam olahraga ini bisa membantu menguatkan otot panggul serta melancarkan aliran darah ke area-area tersebut, termasuk anus. Selain ampuh mencegah wasir, ada beragam manfaat senam kegel yang perlu diketahui, di antaranya:

Kandung Kemih Lebih Sehat 

Penurunan fungsi kandung kemih dan otot-otot yang menopangnya adalah hal yang normal terjadi, terutama karena pertambahan usia. Melemahnya otot ini bisa membuat seseorang mungkin mengeluarkan urine saat tertawa, batuk, atau bersin. Melakukan senam kegel bisa membantu menjaga kekencangan otot-otot ini dan membuat kandung kemih lebih sehat.

Baca Juga:  Mengobati Wasir dengan Cepat: Solusi yang Efektif

Meningkatkan Performa Seksual 

Tidak hanya pada wanita, kegel juga bisa memberi manfaat untuk pria. Gerakan dalam senam ini disebut bisa membantu meningkatkan performa seksual pada pria, sebab bisa mengencangkan otot panggul di sekitar Mr.P.

Bermanfaat untuk Kehamilan dan Persalinan 

Ibu hamil menjadi kelompok yang paling disarankan untuk melakukan senam ini. Sebab, kegel diklaim bisa membantu meredakan beragam keluhan yang muncul saat hamil, seperti nyeri punggung bawah, sembelit, serta nyeri saat buang air kecil. Selain itu, melakukan kegel selama hamil bisa membantu melancarkan proses persalinan. Senam ini bisa membantu memperkuat dan melenturkan otot panggul sehingga bisa membuka jalan lahir.

Mengencangkan Miss V 

Pada wanita, rutin melakukan senam kegel bisa membantu mengencangkan Miss V. Pernah melahirkan atau proses pertambahan usia bisa membuat organ intim ini sedikit lebih longgar, akan tetapi tidak permanen. Nah, kegel bisa menjadi salah satu cara untuk mempercepat proses pengencangan Miss V.

Senam kegel bisa dilakukan tanpa ruangan atau waktu yang khusus, bahkan bisa dilakukan sambil beraktivitas, duduk, atau berdiri. Berikut cara melakukan kegel:

  • Kenali otot panggul bawah, caranya adalah dengan mencoba menghentikan keluarnya urine saat buang air kecil. Nah, otot yang menahan air seni tersebut yang merupakan otot panggul bawah.
  • Untuk melakukan senam kegel, kencangkan atau tahan otot selama 5 detik, kemudian lemaskan kembali. Selama menahan otot, pastikan untuk tetap bernapas dan rileks.
  • Secara bertahap, tambah durasi menahan otot, tingkatkan dari 5 detik menjadi 10 detik.
  • Lakukan senam ini beberapa kali dalam sehari.
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *