141 views
Memahami apa itu Pengecilan Anus atau Striktur

Pengecilan anus, juga dikenal sebagai striktur anal, adalah kondisi medis yang melibatkan penyempitan atau penciutan pada saluran anus. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu dan memerlukan perhatian medis.

Penyebab Striktur

Pengecilan anus terjadi ketika jaringan di sekitar anus mengalami peradangan atau trauma, yang kemudian menyebabkan penyempitan saluran anus. Beberapa penyebab umum terjadinya kondisi ini meliputi:

  1. Cedera atau Trauma

Cedera fisik pada area sekitar anus, seperti cedera saat melahirkan atau cedera akibat benda tumpul, dapat menyebabkan peradangan dan penciutan jaringan.

  1. Infeksi

Infeksi pada area anus, seperti infeksi menular seksual atau infeksi lainnya, bisa menyebabkan peradangan yang kemudian berkontribusi pada pembentukan striktur.

  1. Proses Penyembuhan yang Tidak Normal

Kadang-kadang, proses penyembuhan tubuh setelah cedera atau peradangan dapat menyebabkan pengumpulan jaringan parut yang menyebabkan penyempitan.

  1. Penyakit Radang Usus

Penyakit seperti Crohn’s dan kolitis ulseratif dapat memicu peradangan kronis dalam saluran pencernaan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan pembentukan striktur anal.

Gejala-Gejala

Gejala pengecilan anus dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan lokasi striktur. Beberapa gejala umum yang dapat muncul meliputi:

  1. Sulit Buang Air Besar: Kesulitan atau rasa sakit saat buang air besar adalah gejala umum striktur anal.
  1. Perdarahan: Gangguan yang parah dapat menyebabkan perdarahan rektal atau pendarahan saat buang air besar.
  1. Rasa Tidak Puas Setelah Buang Air Besar: Orang yang mengalami striktur anal mungkin merasa bahwa mereka belum selesai buang air besar sepenuhnya setelah melakukannya.
  1. Nyeri: Nyeri saat duduk atau nyeri tumpul di area rektum juga dapat menjadi gejala.

Diagnosis Striktur

Diagnosis pengecilan anus didasarkan pada riwayat medis pasien, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan seperti sigmoidoskopi atau kolonoskopi. Pemeriksaan ini memungkinkan dokter untuk melihat kondisi anus dan rektum langsung dan menilai tingkat keparahan striktur.

Baca Juga:  Apakah Ambeien Bisa Sembuh ?

Penting untuk mencari bantuan medis jika Anda mengalami gejala yang mengindikasikan adanya masalah dengan anus atau rektum Anda. Seiring dengan perkembangan teknologi medis, banyak opsi pengobatan yang tersedia untuk membantu mengatasi masalah seperti pengecilan anus dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *