170 views
Mengalami Gatal Setelah Operasi Wasir, Apakah Wajar?

Wasir, yang juga dikenal sebagai ambeien, adalah masalah umum yang dapat memengaruhi siapa saja, terutama orang yang memiliki riwayat sembelit, duduk terlalu lama, atau hamil. Operasi wasir adalah salah satu pilihan perawatan yang biasa digunakan jika pengobatan konservatif tidak efektif. Setelah menjalani operasi wasir, beberapa pasien mungkin mengalami gejala yang tidak menyenangkan, seperti gatal. Apakah gatal setelah operasi wasir adalah hal yang wajar? Artikel ini akan membahas penyebab dan penanganan gatal setelah operasi wasir.

Penyebab Gatal Setelah Operasi Wasir

Gatal pasca operasi wasir bisa menjadi pengalaman yang mengganggu. Namun, ini adalah gejala yang umum terjadi dan memiliki beberapa penyebab yang mungkin, termasuk:

1. Proses Penyembuhan

Setelah operasi wasir, tubuh memulai proses penyembuhan. Bagian dalam dan luar anus akan mengalami perubahan fisik yang normal sebagai bagian dari proses penyembuhan ini. Pemulihan ini dapat memicu rasa gatal pada area tersebut.

2. Luka dan Pembengkakan

Operasi wasir melibatkan pengangkatan jaringan wasir yang meradang. Luka dan pembengkakan di sekitar anus adalah reaksi alami terhadap prosedur tersebut. Kondisi ini dapat menyebabkan sensasi gatal dan ketidaknyamanan.

3. Infeksi

Meskipun jarang terjadi, infeksi pada luka operasi dapat terjadi. Infeksi ini bisa memicu gatal, disertai dengan gejala lain seperti kemerahan, pembengkakan yang tidak normal, dan nyeri yang meningkat.

Baca Juga:  Perlukah Abses Perianal yang Pecah Dioperasi?

4. Perubahan Pola Buang Air Besar

Setelah operasi wasir, dokter mungkin akan memberikan petunjuk khusus tentang perubahan pola buang air besar. Jika tidak diikuti dengan benar, konstipasi atau sembelit dapat memicu gatal.

Penanganan Gatal Setelah Operasi Wasir

Penting untuk diingat bahwa gatal setelah operasi wasir umumnya merupakan gejala yang normal dalam proses penyembuhan. Namun, jika gatal berkepanjangan, parah, atau disertai dengan gejala lain yang mencurigakan seperti demam atau nanah, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Berikut beberapa langkah yang dapat membantu mengatasinya:

1. Jaga Kebersihan

Membersihkan area anus dengan lembut menggunakan air hangat setelah buang air besar dapat membantu mengurangi iritasi dan gatal. Hindari penggunaan tisu toilet kasar atau produk yang mengandung alkohol.

2. Hindari Gesekan

Hindari menggaruk area yang gatal. Ini dapat memperparah iritasi dan memperlambat proses penyembuhan. Sebagai gantinya, Anda bisa menepuk-nepuk area yang gatal dengan lembut.

3. Konsumsi Diet Sehat

Makanan tinggi serat dan minum cukup air dapat membantu mencegah sembelit, yang bisa memperburuk gatal. Konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Obat Topikal

Dokter Anda mungkin akan meresepkan salep atau krim topikal yang mengandung bahan-bahan antiinflamasi atau anestesi lokal untuk mengurangi gatal dan ketidaknyamanan.

5. Konsultasi dengan Dokter

Jika gatal berlanjut atau semakin parah, segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Mereka dapat mengevaluasi kondisi Anda dan meresepkan pengobatan yang sesuai jika diperlukan.

Gatal setelah operasi wasir adalah gejala yang umum terjadi dan biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu. Namun, selalu penting untuk tetap berkomunikasi dengan dokter Anda atau bisa mengunjungi ST Wasir Center jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan atau jika gatal tidak kunjung reda. Dokter Anda adalah sumber informasi terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan perawatan yang sesuai untuk kondisi Anda.

Baca Juga:  Apakah Boleh Makan Roti Setelah Operasi Wasir?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *