39 views
Kenapa Wasir Bisa Berdarah?

Wasir, juga dikenal sebagai ambeien, adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika pembuluh darah di dalam anus dan rektum membengkak dan meradang. Salah satu gejala yang umum terjadi pada wasir adalah pendarahan. Pendarahan pada wasir bisa menjadi tanda bahwa kondisi ini sedang memburuk atau terjadi komplikasi. Mari kita bahas lebih lanjut kenapa wasir bisa berdarah dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa Itu Wasir dan Kenapa Bisa Berdarah?

Wasir dapat terjadi ketika tekanan yang berlebihan diberikan pada pembuluh darah di sekitar anus dan rektum. Ada dua jenis wasir, yaitu wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal terletak di dalam rektum dan cenderung tidak menimbulkan rasa sakit. Wasir eksternal terletak di sekitar anus dan dapat menimbulkan rasa sakit serta ketidaknyamanan.

Ketika wasir mengalami peradangan atau pembengkakan, pembuluh darah di dalamnya dapat pecah atau merobek. Inilah yang menyebabkan pendarahan. Pendarahan tersebut umumnya terjadi saat seseorang buang air besar. Darah yang muncul biasanya berwarna merah terang dan bisa terlihat pada kertas toilet atau di dalam toilet.

Penyebab Kenapa Berdarah Pada Wasir Bisa Terjadi

Ada beberapa faktor yang dapat memicu pendarahan pada wasir:

  1. Konstipasi: Ketika Anda mengalami konstipasi, Anda cenderung harus menerapkan tekanan lebih besar saat buang air besar. Tekanan ini dapat meningkatkan risiko pembengkakan dan peradangan pada wasir, sehingga menyebabkan pendarahan.
  2. Diare Kronis: Diare yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan pendarahan pada wasir. Diare dapat menyebabkan iritasi pada area rektum dan anus.
  3. Kehamilan: Selama kehamilan, tekanan pada pembuluh darah di panggul dapat meningkat, yang bisa menyebabkan wasir berkembang. Pendarahan pada wasir selama kehamilan cukup umum terjadi.
  4. Gaya Hidup: Gaya hidup yang kurang sehat, seperti kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan duduk terlalu lama, dan pola makan rendah serat, dapat meningkatkan risiko terjadinya wasir dan pendarahannya.
  5. Faktor Genetik: Riwayat keluarga dengan riwayat wasir dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kondisi ini.
Baca Juga:  Apakah Penderita Wasir Boleh Bersepeda?

Cara Mengatasi Wasir yang Berdarah

Jika Anda mengalami pendarahan pada wasir, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Namun, beberapa langkah umum yang dapat membantu mengatasi wasir yang berdarah meliputi:

  1. Menjaga Kebersihan: Pastikan area anal tetap bersih dan kering setelah buang air besar. Hindari menggosok atau menggaruk area tersebut.
  2. Konsumsi Serat: Tingkatkan konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Serat dapat membantu mencegah konstipasi dan melancarkan buang air besar.
  3. Minum Air Putih: Cukupi kebutuhan cairan harian Anda dengan minum air putih yang cukup. Cairan yang cukup dapat membantu melunakkan tinja dan mencegah konstipasi.
  4. Hindari Mengejan Berlebihan: Hindari menerapkan tekanan yang berlebihan saat buang air besar. Jika perlu, gunakan bantuan dari sepotong kertas toilet basah atau mandi air hangat untuk membantu membersihkan area tersebut.
  5. Obat Topikal: Dokter dapat meresepkan salep atau krim topikal untuk meredakan rasa sakit dan peradangan pada wasir.
  6. Prosedur Medis: Dalam kasus yang lebih parah, dokter dapat merekomendasikan tindakan medis seperti ligasi wasir (pengikatan), skleroterapi, atau bahkan pembedahan untuk mengatasi wasir yang berdarah.

Kesimpulan

Wasir yang berdarah bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius. Jika Anda mengalami pendarahan berkepanjangan, nyeri yang tak tertahankan, atau gejala lain yang mengkhawatirkan, segera hubungi tenaga medis atau dokter Anda. Pencegahan merupakan langkah terbaik dalam menghindari terjadinya wasir dan komplikasinya. Pastikan untuk menjaga gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan kaya serat, dan menghindari faktor risiko yang dapat memicu wasir.

Konsultasikan wasir atau penyakit anorektal kamu dengan dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta. ST Wasir Center hadir sebagai solusi permasalahan wasir dengan membawa berbagai layanan metode terkini untuk pengobatan wasir. Pengobatannya juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan tenaga medis ahli professional, juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Baca Juga:  Apakah Stres Dapat Memperburuk Wasir?

Kamu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *