42 views
Tips Praktis Mengatasi Ambeien Kumat

Ambeien, atau wasir, adalah kondisi yang umum terjadi di sekitar anus yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Ketika ambeien kumat, gejalanya dapat menjadi lebih parah, dan pengobatan yang tepat diperlukan untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah komplikasi lebih lanjut. Pada artikel ini akan dibahas secara lugas mengenai tips praktif mengatasi ambeien atau wasir yang kumat. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang dapat membantu mengatasi ambeien yang kumat:

Langkah-langkah Mengatasi Ambeien Kumat

1. Sitz Bath

Mandi Sitz (duduk) dalam air hangat dapat memberikan bantuan yang signifikan. Air hangat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketidaknyamanan. Lakukan ini dengan rutin beberapa kali sehari selama 15 menit. Anda juga bisa menggunakan aromatherapy sambil merendam anus untuk merelaksasi pikiran. Selain menenangkan, sitz bath juga dipercaya mampu meredakan ambeien yang meradang.

2. Penggunaan Obat-obatan bebas

Jika anda belum sempat konsultasi dengan dokter, silakan menggunakan obat-obatan yang bisa dibeli tanpa resep dokter. seperti salep anti inflamasi atau supositoria untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Obat pencahar juga bisa direkomendasikan untuk mencegah sembelit. Apabila Anda telah berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa terus mengikuti prosedur-prosedur yang telah diberikan oleh dokter kepercayaan Anda.

3. Perubahan Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup dapat membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Beberapa langkah yang dapat diambil meliputi:

  • Menjaga berat badan ideal.
  • Meningkatkan asupan serat dalam makanan untuk mencegah sembelit.
  • Minum banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
Baca Juga:  Penyakit yang Membuat Fistula Ani Lebih Sulit Ditangani

4. Hindari Mengedan

Usahakan untuk Buang Air Besar 1x sehari dan hindari mengedan. Mengedan saat buang air besar dapat memperburuk ambeien. Cobalah untuk tidak mengejan terlalu keras dan hindari duduk terlalu lama di toilet.

5. Konsultasikan dengan Dokter

Pertama-tama, konsultasikan kondisi Anda dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Dokter dapat memberikan saran pengobatan yang sesuai dengan tingkat keparahan ambeien Anda.

6. Prosedur Medis

Dalam kasus ambeien yang sudah meradang, dokter dapat merujuk Anda untuk prosedur medis seperti ligasi atau pembedahan untuk mengatasi masalah ini. Pembedahan untuk kasus ambeien saat ini tidak hanya menggunakan metode konvensional, namun sudah menggunakan metode minimal invasif. Konsultasikan dengan dokter anda mengenai resiko yang mungkin terjadi setelah tindakan pembedahan seperti perdarahan, rasa nyeri, dll. Klinik STWC sebagai klinik proctology pelayanan terlengkap, menyediakan metode pembedahan ambeien minimal invasif teknologi terkini seperti Ultrasonic, Radiofrequency, dan WellC. Penggunaan metode minimal invasif ini menjadi jawaban atas ketakutan pasien untuk melakukan operasi ambeien. Minim rasa sakit, minim perdarahan, dan tanpa rawat inap sehingga memudahkan pasien dalam menjalani pembedahan ambeien.

Pencegahan Ambeien

Selain pengobatan, langkah-langkah pencegahan juga penting untuk mencegah ambeien kumat:

  • Hindari duduk terlalu lama, terutama di toilet.
  • Pertahankan pola makan sehat dengan asupan serat yang cukup.
  • Rutin berolahraga untuk meningkatkan sirkulasi darah.
  • Hindari angkat beban berat.

Kesimpulan

Itulah artikel yang membahas mengenai tips praktis mengatasi ambeien atau wasir yang kumat. Mengatasi ambeien yang kumat memerlukan perubahan gaya hidup dan pengobatan yang tepat. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Pencegahan juga penting untuk mencegah ambeien kembali muncul. Dengan perawatan yang tepat, banyak orang dapat mengelola ambeien dan memperoleh kembali kenyamanan hidup mereka. Hubungi ST Wasir Center di 0878-8756-6315 untuk informasi lebih lanjut. Tim profesional medis Klinik STWC siap menjawab keluhan anda dengan baik.

Baca Juga:  Awas! Wasir yang Tak Ditangani Bisa Picu Anemia

Apabila Anda membutuhkan informasi terbaru mengenai kondisi wasir atau ambeien, fistula ani, fisura ani, hingga abses perianal, Anda dapat mengunjungi website resmi dari STWC yaitu www.stwasir.com atau juga bisa dengan mengunjungi Instagram STWC di @stwasircenter

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *