79 views
Mengatasi BAB Berdarah Setelah Operasi Wasir

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum mengalami peradangan atau pembengkakan. Operasi wasir mungkin diperlukan ketika kondisi ini menjadi parah. Setelah menjalani operasi wasir, beberapa orang mungkin mengalami BAB (Buang Air Besar) berdarah. Ini adalah hal yang umum terjadi dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mengatasi BAB berdarah setelah operasi wasir. Maka dari itu, yuk simak baik-baik artikel berikut ini.

Langkah Mengatasi BAB Berdasarah

1. Pemantauan Ketat Pasca Operasi

Penting untuk menjalani pemantauan yang ketat setelah operasi wasir. Perhatikan perubahan warna darah dalam tinja dan segera laporkan ke dokter jika terdapat perubahan signifikan.

2. Konsumsi Cairan yang Cukup

Minumlah cukup cairan setiap hari untuk mencegah sembelit. Cairan membantu melunakkan tinja, membuatnya lebih mudah dikeluarkan tanpa menimbulkan tekanan berlebih pada daerah anus.

3. Diet Tinggi Serat

Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber serat lainnya. Serat membantu mencegah sembelit dan mempercepat proses pencernaan.

4. Hindari Makanan Pedas dan Berbumbu

Makanan pedas dan berbumbu dapat mengiritasi saluran pencernaan dan memperburuk kondisi setelah operasi. Hindarilah makanan jenis ini untuk mengurangi kemungkinan iritasi pada daerah yang baru saja dioperasi.

Baca Juga:  Apa itu Fisura Ani: Kenali Gejala dan Penyebabnya

5. Hindari Aktivitas Fisik yang Berat

Setelah operasi wasir, hindarilah aktivitas fisik yang berat seperti angkat beban atau berolahraga yang menimbulkan tekanan pada daerah anus. Istirahat yang cukup akan membantu dalam proses penyembuhan.

6. Gunakan Bantal Donut

Saat duduk, gunakan bantal donut untuk mengurangi tekanan pada area anus. Hal ini dapat membantu mencegah iritasi dan mempercepat proses penyembuhan.

7. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Dokter mungkin meresepkan obat pereda nyeri untuk membantu mengurangi rasa sakit setelah operasi. Konsumsi obat sesuai petunjuk dokter untuk mengurangi ketidaknyamanan.

8. Ikuti Petunjuk Dokter dengan Tepat

Patuhi semua petunjuk dan rekomendasi yang diberikan oleh dokter. Ini termasuk penggunaan obat, perubahan gaya hidup, dan jadwal pemeriksaan pasca operasi.

9. Hindari Penggunaan Tisu Toilet yang Kasar

Saat membersihkan area anus setelah BAB, hindari menggunakan tisu toilet yang kasar. Gunakan tisu toilet lembut atau bahkan pertimbangkan untuk membersihkan dengan air.

Konsultasikan dengan Dokter Jika Masalah Berlanjut

Jika BAB berdarah atau gejala lainnya tidak membaik atau bahkan memburuk, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Mengatasi BAB berdarah setelah operasi wasir memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan, kebersihan, dan gaya hidup. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan panduan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Apabila Anda membutuhkan pertolongan langsung dari profesional medis, Anda dapat mengunjungi ST Wasir Center di kontak yang tersedia. Dikarenakan selain ditangani langsung oleh profesional medis, Anda akan ditangani menggunakan alat ataupun teknologi terkini yang mampu mempermudah proses penyembuhan Anda dari masalah seperti wasir/ambeien, fistula ani, fisura ani, hingga abses perianal. Selain itu, ST Wasir Center sudah memiliki dua cabang berbeda yaitu di Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan RS Graha Juanda Bekasi.

Baca Juga:  Perubahan Gaya Hidup yang Dapat Membantu Mengurangi Risiko Wasir Selama Kehamilan

Apabila Anda membutuhkan informasi terbaru bisa mengunjungi Instagram STWC di @stwasircenter, selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya di website ST Wasir Center di www.stwasir.com.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *