45 views
Mengatasi Perdarahan Akibat Wasir

Wasir, atau dikenal juga sebagai hemoroid, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum mengalami pembengkakan dan peradangan. Salah satu gejala yang sering terjadi adalah pendarahan saat buang air besar. Berikut adalah beberapa cara mengatasi perdarahan akibat wasir:

Mengatasi Perdarahan Akibat Wasir

1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan sereal dapat membantu melunakkan tinja, mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, dan mencegah sembelit. Ini dapat mengurangi perdarahan karena tekanan saat buang air besar.

2. Minum Banyak Air

Asupan cairan yang cukup membantu menjaga tinja tetap lunak, sehingga memudahkan proses buang air besar dan mengurangi iritasi pada wasir. Apabila tinja bersifat keras, maka akan menyebabkan tekanan tinggi pada area tersebut dan menyebabkan wasir semakin parah dan berujung perdarahan.

3. Hindari Menahan Buang Air Besar

Menahan buang air besar dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan memperburuk gejala wasir. Sebaiknya, saat merasakan dorongan buang air besar, segera pergi ke toilet.

4. Sitz Bath

Mandi Sitz adalah cara yang efektif untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada wasir. Caranya dengan duduk dalam air hangat selama sekitar 10-15 menit beberapa kali sehari.

5. Gunakan Bantal Donat

Saat duduk, gunakan bantal donat atau bantal berbentuk cincin untuk mengurangi tekanan pada area wasir agar perdarahan tidak terjadi di area wasir.

Baca Juga:  Mengatasi Ambeien Berdarah: Pengobatan dan Pencegahan

6. Konsultasikan dengan Dokter

Jika perdarahan wasir terus berlanjut atau sangat mengganggu, konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat merekomendasikan pengobatan lebih lanjut, seperti obat-obatan tertentu, prosedur medis, atau tindakan lain yang diperlukan.

7. Perubahan gaya hidup

Mengadopsi gaya hidup sehat dengan olahraga teratur, menghindari duduk terlalu lama, dan menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko perdarahan akibat wasir.

Kesimpulan

Itulah artikel yang membahas mengenai cara mengatasi perdarahan akibat wasir. Penting untuk diingat bahwa wasir bisa menjadi masalah yang mengganggu, tetapi kebanyakan kasus dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan non-invasif. Namun, jika gejalanya parah atau tidak kunjung membaik, segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda temui di Jakarta adalah dengan mengunjungi ataupun menghubungi ST Wasir Center atau STWC. Dikarenakan di ST Wasir Center, Anda akan mendapatkan penanganan langsung dari para ahli medis di bidangnya untuk menangani permasalahan yang Anda hadapi. Jadi apabila Anda mengalami wasir atau ambeien, fistula ani, fisura ani, ataupun abses perianal, ayo segera kunjungi ST Wasir Center!

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *