34 views
Tips Mengatasi Wasir Saat Hamil 

Kehamilan merupakan salah satu peristiwa penting. Maka tidak salah jika sang ibu berusaha maksimal untuk merawat dan menjaga kesehatan bayi yang ada di dalam kandungannya. Pada masa ini ibu hamil selalu diharapkan dalam keadaan sehat. Maka makanan yang dikonsumsi harus tetap dijaga. Namun kadang banyak ibu yang  melupakan hal itu, sehingga malah menimbulkan penyakit baru. Salah satunya adalah ambeien atau biasa dikenal dengan istilah wasir. Saat mengalami kehamilan, wasir ini juga kerap kali dirasakan. Simak artikel  berikut untuk mengetahui lebih dalam cara mengatasi wasir saat hamil.

Apa Itu Wasir?

Wasir adalah penyakit yang terjadi karena adanya pelebaran pembuluh balik. Sayangnya lokasi pelebaran pembuluh ini tidak tepat, yakni berada di sekitar anus. Mengalami wasir saat hamil meningkatkan kemungkinan Bumil mengalami wasir kembali setelah melahirkan nanti. Meski umumnya terjadi di trimester ketiga, wasir juga bisa muncul di kehamilan trimester lebih awal.

Baca juga: Penyebab Wasir Berdarah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Wasir Saat Hamil

Siapapun bisa terkena wasir, tetapi wanita yang sedang hamil memiliki risiko lebih tinggi. Disebutkan jika 50 persen wanita yang sedang hamil dapat mengalami wasir dan umumnya terjadi selama trimester ketiga. Lalu, Apa saja faktor faktor yang menyebabkan wanita hamil mengalami wasir?

  • Adanya perubahan secara hormonal

Secara hormonal, wanita hamil memiliki perubahan mendasar cukup signifikan. Apalagi hormon progesteronnya. Ini berguna untuk membantu menahan janin yang ada di dalam rahim ibu. Namun sayangnya hormon ini bekerja juga untuk menghambat kerja otot pencernaan, sehingga gerakan peristaltik berjalan lambat.

  • Janin yang semakin besar

Semakin lama usia kandungan, maka perkembangan janin juga semakin besar. Keadaan ini mendorong beberapa otot tubuh wanita ke ujung. Salah satunya mendorong pembuluh darah sehingga semakin membesar.

  • Adanya konstipasi

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa 25% ibu yang sedang hamil cenderung mengalami masalah sembelit. Keadaan ini akan terus berlanjut sampai nanti 3 bulan ke depannya, bahkan sampai proses persalinan. Jika masalah ini tidak segera ditangani, bisa menyebabkan kerusakan otot panggul yang makin lama makin membesar. Penelitian ini sudah dilakukan oleh seorang Dr. Bradley, yakni seorang dokter dari Departemen Kebidanan Universitas Iowa, Amerika Serikat.

Baca Juga:  Hati-hati! Hal Ini Bisa Menyebabkan Ambeien Meradang

Pengobatan Wasir Saat Hamil

wasir saat hamil
sumber: sehatq.com

Anda tidak mungkin membiarkan kondisi ambeien atau wasir terus mengganggu kehidupan. Apalagi kondisi kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk membiarkan penyakit semakin banyak bersarang dalam tubuh. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam melakukan dalam mengatasi wasir pada saat hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Duduk dengan cara berendam dalam air hangat.
  2. Menggunakan es batu.
  3. Mengurangi tekanan  perut dengan menggunakan SOS (Sleep on side).
  4. Bagian dubur harus selalu dalam keadaan bersih.
  5. Hindari makan makanan yang berlemak.
  6. Kunjungi dokter untuk melakukan konsultasi dan pengobatan lanjutan.

Kunjungi ST Wasir Center untuk mendapatkan konsultasi dan pengobatan yang sesuai dengan keluhan wasir Anda. Didukung oleh teknologi terkini dari Korea dan ditangani langsung oleh tenaga medis profesional, membuat STWC menjadi salah satu klinik wasir yang dipercaya lebih dari 100 lebih pasien.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *