44 views
Menghilangkan Gatal Karena Ambeien

Ambeien, atau wasir, adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala yang tidak hanya tidak nyaman, tetapi juga dapat menyebabkan rasa gatal di daerah sekitar anus. Gatal ini dapat menjadi masalah yang mengganggu sehari-hari dan mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menghilangkan gatal yang diakibatkan oleh ambeien. Maka dari itu, berikut ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut. 

1. Perubahan Gaya Hidup

Tingkatkan asupan serat makanan dalam diet harian Anda. Serat membantu melunakkan tinja dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, dan pastikan Anda cukup minum air setiap hari. Karena air akan membantu menjaga tinja tetap lembut dan mencegah sembelit.

2. Hindari Tindakan yang Mempertegas Ambeien

Menghindari duduk terlalu lama, dikarenakan duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan pada area rektum. Berdiri atau berjalan setiap beberapa jam dapat membantu mengurangi tekanan. Hindari mengangkat beban berat dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di daerah rektum.

3. Gunakan Salep atau Krim Anti-Gatal

Penggunaan salep atau krim hemoroid dapat membantu mengurangi gatal dan peradangan. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti hydrocortisone atau witch hazel.

4. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membantu meredakan gatal dan peradangan. Tambahkan sedikit garam Epsom ke dalam air untuk meningkatkan efeknya.

5. Gunakan Tisu Basah

Saat membersihkan area rektum, hindari penggunaan tisu toilet kering. Gunakan tisu basah atau baby wipes yang lembut untuk menghindari iritasi.

Baca Juga:  MRI Fistulography sebagai Penunjang Penanganan Fistula Ani

6. Konsumsi Obat Pereda Nyeri dan Pencahar

Paracetamol atau ibuprofen dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gatal akibat ambeien. Jika Anda cenderung sembelit, obat pencahar dapat membantu menjaga tinja tetap lembut.

7. Jaga Kebersihan

Pastikan area sekitar anus tetap bersih dan kering setelah buang air besar. Hindari penggunaan sabun yang dapat menyebabkan iritasi.

8. Konsultasikan dengan Dokter

Jika gejala tidak membaik atau menjadi lebih buruk, segera berkonsultasi dengan dokter. Mereka dapat memberikan saran yang sesuai atau meresepkan obat yang diperlukan.

Pencegahan

Untuk mencegah gatal akibat ambeien, penting untuk menjaga gaya hidup sehat, termasuk diet tinggi serat, cukup minum air, dan rutin bergerak. Hindari kebiasaan yang dapat memperburuk ambeien, dan konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gejala yang tidak kunjung membaik.

Penting untuk diingat bahwa setiap kondisi kesehatan yang persisten atau memburuk harus segera dikonsultasikan dengan profesional medis untuk diagnosis yang tepat dan penanganan yang sesuai. 

Itulah artikel yang membahas mengenai cara menghilangkan gatal pada ambeien yang bisa Anda lakukan di rumah. Pencegahan ambeien berlanjut dapat ditangani ketika masih dalam gejala awal seperti rasa panas dan gatal pada area sekitar anus. Penting untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter ketika gejala ambeien masih dalam tahap awal. Hubungi ST Wasir Center di 0878-8756-6315, Klinik proctology pelayanan terlengkap yang berlokasi di Jakarta Barat untuk mengatasi gejala wasir yang anda alami. Dilayani oleh dokter spesialis yang telah berpengalaman dan dibantu tim medis profesional, anda tidak perlu khawatir untuk kesembuhan ambeien anda. 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *