154 views
Olahraga yang Dilarang untuk Penderita Wasir

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi yang melibatkan pembengkakan pembuluh darah di daerah dubur dan rektum. Meskipun ada banyak faktor yang dapat memicu wasir, seperti diet yang kurang sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan kebiasaan buang air besar yang buruk, beberapa orang berpikir bahwa ada olahraga tertentu yang dilarang untuk dilakukan penderita wasir. Namun, sejauh ini, belum ada bukti ilmiah yang kuat yang mendukung klaim ini.

Olahraga yang Dilarang untuk Penderita Wasir dan Aliran Darah

Salah satu mitos yang beredar adalah bahwa olahraga yang intens atau mengangkat beban berat dapat menyebabkan tekanan ekstra pada area dubur dan rektum, menyebabkan pembuluh darah membengkak dan menjadi wasir. Namun, dalam realisasinya, olahraga yang teratur dan sesuai dengan kemampuan fisik masing-masing justru dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi risiko pembentukan wasir.

Olahraga aerobik seperti berjalan, berlari, berenang, atau bersepeda dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk area panggul. Aliran darah yang baik dapat membantu mencegah pembuluh darah menjadi tegang atau membengkak, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi risiko wasir.

Kebiasaan Buang Air Besar dan Olahraga

Saat seseorang mengalami sembelit atau harus mengejan saat buang air besar, tekanan di daerah dubur dan rektum dapat meningkat, yang pada akhirnya dapat menyebabkan wasir atau memperburuk kondisi yang sudah ada. Olahraga yang teratur dapat membantu mencegah sembelit dengan memperkuat otot-otot perut dan panggul serta meningkatkan mobilitas usus.

Baca Juga:  Manfaat Sunat Untuk Kesehatan

Pentingnya Kehidupan Aktif

Menjaga gaya hidup aktif memiliki manfaat yang lebih luas bagi kesehatan. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, memperkuat otot dan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan mood. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki tingkat kenyamanan dan kemampuan yang berbeda dalam melakukan aktivitas fisik.

Penting! Lakukan olahraga dengan benar dan sesuai kemampuan

Penting untuk mengetahui bahwa olahraga yang dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kemampuan individu tidak akan memicu wasir. Sebaliknya, olahraga yang teratur justru dapat membantu mencegah wasir dengan meningkatkan aliran darah dan mencegah sembelit. Namun ada beberapa kondisi atau jenis olahraga yang perlu dilakukan hati-hati oleh penderita wasir. Beberapa jenis olahraga tersebut melibatkan tekanan berlebih pada area dubur dan rektum, yang dapat memperburuk pembengkakan atau iritasi. 

Beberapa olahraga yang dilarang atau dilakukan dengan hati-hati untuk penderita wasir adalah:

  1. Olahraga Berat dan Angkat Beban Berlebihan dapat meningkatkan tekanan pada area perut dan panggul. Ini mungkin meningkatkan risiko pembengkakan atau memperburuk wasir.
  2. Bersepeda dengan Sadel yang Tidak Sesuai dapat meningkatkan tekanan pada area dubur dan rektum. Jika Anda memiliki wasir, memilih sadel yang tepat dan memastikan posisi duduk yang nyaman sangat penting.
  3. Olahraga dengan Loncatan atau Gerakan Tubuh tiba-tiba dapat menekan area perut dan panggul sehingga berdampak negatif pada wasir.
  4. Olahraga Kontak Fisik seperti sepak bola, rugby, atau gulat dapat menyebabkan benturan pada tubuh, termasuk area panggul yang memicu wasir.
  5. Olahraga yang Memerlukan Tekanan Berlebih pada Perut: Olahraga yang memerlukan tekanan perut yang berlebihan, seperti angkat berat sambil mengejan atau latihan perut yang intens, bisa memicu tekanan pada area dubur dan rektum.
Baca Juga:  Mengatasi Sakit Fistula Ani

Kesimpulan

Jika Anda memiliki wasir atau masalah sejenis, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis sebelum memulai program olahraga baru atau melakukan olahraga yang dapat berpotensi mempengaruhi kondisi wasir Anda. Mereka akan memberikan panduan yang lebih spesifik tentang jenis olahraga yang aman dan yang sebaiknya dihindari berdasarkan kondisi Anda.

Oleh karena itu, konsultasikan wasir atau penyakit anorektal kamu dengan dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta. ST Wasir Center hadir sebagai solusi permasalahan wasir dengan membawa berbagai layanan metode terkini untuk pengobatan wasir. Pengobatannya juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan tenaga medis ahli professional, juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Kamu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *