14 views
Operasi Ambeien Pakai Apa? 

Ambeien, atau yang juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi medis di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum membengkak dan meradang. Hal ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit, dan perdarahan saat buang air besar. Mungkin Anda bertanya, operasi ambeien pakai metode apa? Pada kasus yang parah, operasi mungkin diperlukan untuk mengatasi ambeien. Berikut adalah beberapa metode operasi yang umum digunakan untuk mengatasi ambeien.

Operasi Ambeien atau Hemoroidektomi: Pakai Metode Apa?

Hemoroidektomi adalah prosedur pembedahan konvensional yang paling sering dilakukan untuk menghilangkan ambeien. Dalam prosedur ini, ambeien dipotong dan diangkat dari tubuh. Hemoroidektomi biasanya digunakan untuk ambeien internal dan eksternal yang besar dan menyebabkan ketidaknyamanan signifikan. Prosedur ini dapat dilakukan dengan beberapa teknik berbeda, yaitu:

  • Radiofrequency

Mengempeskan jaringan wasir menggunakan gelombang radio frequency yang minimal invasif, minim nyeri, dan minim perdarahan. 

  • Ultrasonic

Menghilangkan wasir menggunakan alat ultrasonic yang memanfaatkan getaran untuk memotong jaringan wasir tanpa pisau bedah, minimal invasif sehingga minim perdarahan dan penyembuhan lebih cepat. 

  • Ligasi well-C

Prosedur yang lebih sederhana dan biasanya dilakukan untuk ambeien internal. Dalam prosedur ini, nylon khusus ditempatkan di sekitar dasar ambeien, memotong aliran darahnya. Ambeien kemudian akan mengecil dan akhirnya mati serta jatuh dalam beberapa hari. Prosedur ini relatif cepat dan dapat dilakukan di klinik tanpa memerlukan anestesi umum.

Proses Pemulihan

Pemulihan setelah operasi ambeien bervariasi tergantung pada jenis prosedur yang dilakukan. Berikut beberapa tips umum untuk mempercepat pemulihan:

  • Istirahat
    Beristirahat cukup penting untuk membantu tubuh pulih.
  • Konsumsi makanan tinggi serat
    Ini membantu melunakkan tinja dan mencegah konstipasi, yang bisa memperburuk gejala.
  • Minum banyak air
    Asupan cairan yang cukup penting untuk menjaga tinja tetap lunak.
  • Menghindari angkat berat
    Hindari aktivitas yang memerlukan angkat berat untuk mencegah tekanan pada daerah rektum.
  • Mengikuti petunjuk dokter
    Patuhi semua petunjuk dan resep obat yang diberikan oleh dokter untuk mengurangi risiko infeksi dan komplikasi lainnya.
Baca Juga:  Ciri-Ciri Ambeien: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesimpulan: Operasi Ambeien Pakai Apa?

Operasi ambeien tersedia dalam berbagai metode, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Pilihan metode tergantung pada jenis dan keparahan ambeien serta kondisi kesehatan umum pasien. Konsultasi dengan dokter spesialis bedah adalah langkah penting untuk menentukan metode terbaik yang sesuai dengan kondisi individu. Dengan penanganan yang tepat, pasien dapat kembali menjalani kehidupan tanpa rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat ambeien. Hubungi klinik ST Wasir Center untuk mengetahui informasi lebih lanjut melalui whatsapp 0878-8756-6315.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *