74 views
Penyebab Wasir Berdarah

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam atau di sekitar rektum dan anus yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kondisi yang dikenal sebagai wasir berdarah. Wasir berdarah terjadi ketika pembuluh darah di dalam wasir pecah atau terluka, menyebabkan darah keluar selama buang air besar. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi penyebab, gejala, serta pilihan pengobatan untuk wasir berdarah.

Penyebab Wasir Berdarah

Wasir dapat terjadi karena tekanan berlebihan pada pembuluh darah di area anus dan rektum. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko wasir berdarah meliputi:

1. Konstipasi

Sulit buang air besar dan mengejan terlalu keras dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area anus.

2. Diare Kronis

Diare yang berlangsung lama juga dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada pembuluh darah.

3. Kehamilan

Tekanan yang meningkat pada area panggul selama kehamilan dapat menyebabkan wasir.

4. Kegemukan

Kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di daerah anus.

5. Faktor Genetik

Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk mengembangkan wasir.

Gejala Wasir Berdarah

Gejala wasir berdarah dapat bervariasi, tetapi beberapa yang umum meliputi:

1. Perdarahan

Darah merah terang dapat muncul pada kertas toilet atau di toilet setelah buang air besar.

2. Rasa Gatal atau Nyeri

Pecahnya pembuluh darah bisa menyebabkan rasa gatal atau nyeri di area anus.

Baca Juga:  Pengaruh Faktor Genetik Terhadap Wasir

3. Pembengkakan

Wasir dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar anus.

4. Rasa Tidak Nyaman

Seseorang mungkin merasa tidak nyaman atau merasa ada benda asing di dalam anus.

Kesimpulan

Wasir berdarah dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan perdarahan yang tidak menyenangkan. Penting untuk mencari pertolongan medis jika mengalami gejala wasir berdarah untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan pengobatan yang sesuai. Selain itu, menjaga gaya hidup sehat dan mengadopsi kebiasaan hidup yang baik dapat membantu mencegah wasir dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara umum.

Apabila Anda membutuhkan konsultasi langsung dari profesional medis di bidangnya, Anda dapat mengunjungi ST Wasir Center atau STWC di kontak yang tersedia. Dikarenakan selain ditangani oleh profesional medis, Anda akan ditangani dengan menggunakan teknologi atau alat terkini yang mampu mempermudah proses penyembuhan Anda. Alat-alat tersebut seperti Radiofrequency, Ultrasonic, dan WellC. Selain itu, ST Wasir Center saat ini telah memiliki dua cabang di dua kota berbeda yaitu klinik Jakarta yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dan klinik Bekasi yang terletak di RS Graha Juanda Bekasi agar mempermudah mereka yang membutuhkan akses kesehatan dalam menghadapi masalah-masalah seperti wasir/ambeien, fistula ani, fisura ani, hingga abses perenianal.

Jadi, apabila Anda mendapati masalah seperti yang disebutkan di atas, segeralah mengecek kondisi Anda di ST Wasir Center! Apabila Anda membutuhkan informasi terbaru, Anda dapat mengunjungi website resmi ST Wasir Center di www.stwasir.com, serta Instagram resmi kami di @stwasircenter

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *