64 views
Resiko Akibat Operasi Wasir Berulang Kali

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum menjadi bengkak dan teriritasi. Wasir dapat menyebabkan gejala seperti nyeri, perdarahan, dan ketidaknyamanan. Operasi seringkali diperlukan untuk mengatasi wasir yang parah atau kronis. Namun, seperti halnya semua jenis operasi, tindakan pembedahan untuk wasir juga melibatkan risiko. Pada artikel ini akan dibahas mengenai resiko akibat operasi wasir berulang kali.

Resiko Operasi Wasir Berulang

1. Komplikasi Pembedahan

Operasi wasir dapat menimbulkan berbagai komplikasi, terutama jika dilakukan berulang kali. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi meliputi infeksi, perdarahan yang berkepanjangan, atau kerusakan pada jaringan di sekitar anus. Selain itu, jika operasi tidak dilakukan dengan benar atau oleh dokter yang tidak berpengalaman, resiko komplikasi bisa semakin tinggi.

2. Penyempitan Rektum

Operasi wasir berulang kali dapat menyebabkan penumpukan jaringan parut di sekitar rektum. Hal ini dapat mengakibatkan penyempitan rektum, yang dapat menyebabkan kesulitan buang air besar. Penyempitan ini biasanya disebut sebagai stenosis rektal.

3. Inkontinensia Feses

Operasi wasir berulang mungkin juga meningkatkan risiko inkontinensia feses, yaitu kehilangan kontrol atas buang air besar. Hal ini dapat terjadi jika operasi merusak saraf atau otot di sekitar anus, yang diperlukan untuk menjaga kontrol buang air besar.

4. Nyeri Kronis

Beberapa orang yang menjalani operasi wasir berulang kali mengalami nyeri kronis di daerah anus atau rektum. Hal ini bisa disebabkan oleh jaringan parut yang terbentuk akibat operasi sebelumnya atau oleh kerusakan saraf. Nyeri kronis ini dapat mengganggu kualitas hidup sehari-hari.

Baca Juga:  Postur Dan Posisi Duduk Yang Dapat Membantu Mencegah Wasir

5. Kegagalan Operasi

Setiap operasi memiliki kemungkinan kegagalan, dan operasi wasir tidak terkecuali. Jika operasi tidak berhasil, wasir bisa kembali muncul setelah beberapa waktu, terutama jika faktor penyebab wasir seperti sembelit atau kebiasaan buruk lainnya tidak diatasi.

6. Reaksi Alergi atau Efek Samping

Sama seperti dalam operasi lainnya, terdapat risiko reaksi alergi terhadap anestesi atau efek samping dari obat-obatan yang digunakan selama operasi. Resiko ini juga perlu dipertimbangkan.

Itulah pembahasan mengenai resiko melakukan operasi wasir berulang kali. Operasi wasir adalah pilihan yang diperlukan dalam beberapa kasus untuk mengatasi masalah wasir yang serius. Namun, perlu diingat bahwa operasi wasir berulang kali dapat meningkatkan risiko komplikasi dan memunculkan efek samping yang tidak diinginkan. Sebelum memutuskan untuk menjalani operasi wasir, penting untuk berbicara dengan dokter dan mempertimbangkan manfaat dan risikonya. Apabila Anda bingung harus mempercayai kasus wasir Anda ke siapa, Anda dapat mengunjungi ST Wasir Center untuk mendapatkan saran langsung dari para ahli medis di bidangnya. Selain itu, upaya pencegahan wasir seperti menjaga pola makan sehat, menghindari sembelit, dan hidup aktif dapat membantu mengurangi kemungkinan pengulangan wasir dan operasi yang berulang.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *