70 views
Risiko Kesehatan Akibat Wasir Tidak Dioperasi

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum mengalami pembengkakan dan peradangan. Wasir dapat muncul dalam berbagai tingkatan keparahan, dan banyak orang yang mengalaminya dapat mengelola gejala mereka dengan perubahan gaya hidup, obat-obatan, atau perawatan non-bedah lainnya. Namun, jika wasir tidak diobati dan dibiarkan selama bertahun-tahun, ada beberapa risiko kesehatan akibat wasir tidak dioperasi yang perlu diperhatikan.

Risiko Kesehatan Akibat Wasir Tidak Dioperasi

1. Komplikasi Wasir yang Lebih Parah

Wasir biasanya terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal terjadi di dalam rektum, sementara wasir eksternal terletak di sekitar anus. Jika wasir tidak diobati selama bertahun-tahun, kemungkinan akan mengalami komplikasi yang lebih serius. Misalnya, wasir internal dapat mengalami prolaps, yaitu saat bagian dari wasir muncul dari anus. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan perdarahan yang lebih parah.

2. Trombosis Hemoroid

Wasir eksternal dapat menjadi lebih besar dan lebih keras jika tidak diobati. Ketika darah terjebak dalam wasir eksternal dan membentuk gumpalan darah, ini disebut trombosis hemoroid. Kondisi ini sangat menyakitkan dan dapat memerlukan intervensi bedah mendesak untuk menghilangkan gumpalan darah.

3. Anemia

Perdarahan kronis dari wasir yang tidak diobati selama bertahun-tahun dapat menyebabkan anemia, yaitu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Anemia dapat menyebabkan kelemahan, kelelahan, pusing, dan gejala lain yang dapat mengganggu kualitas hidup sehari-hari.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi BAB Keluar Darah Segar

4. Infeksi dan Abses

Wasir yang tidak diobati dapat menjadi sumber infeksi dan abses. Jika bakteri masuk ke dalam wasir yang meradang, hal ini dapat menyebabkan infeksi yang memerlukan perawatan medis. Abses, yaitu kumpulan nanah yang terbentuk di sekitar anus, juga dapat terjadi dan memerlukan drainase bedah.

5. Kanker Kolorektal (Jarang Terjadi)

Meskipun sangat jarang, ada beberapa laporan tentang wasir yang kemudian berkembang menjadi kanker kolorektal. Ini terutama terkait dengan wasir yang sangat besar dan terus berdarah. Namun, perlu diingat bahwa hubungan antara wasir dan kanker kolorektal sangat langka dan tidak umum.

6. Gangguan Fungsional dan Kualitas Hidup Menurun

Wasir yang tidak diobati dapat menyebabkan gangguan fungsional, seperti kesulitan dalam buang air besar dan nyeri kronis. Ini dapat mengganggu kualitas hidup sehari-hari, membuat aktivitas sehari-hari menjadi sulit, dan mengurangi produktivitas.

Untuk mencegah risiko kesehatan yang terkait dengan wasir yang tidak diobati selama bertahun-tahun, sangat penting untuk mengambil tindakan yang sesuai begitu gejalanya muncul. Ini termasuk mengadopsi perubahan gaya hidup sehat, seperti makan makanan tinggi serat, minum cukup air, dan rutin berolahraga. Selain itu, jika gejala wasir tidak mereda dengan perawatan non-bedah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan rekomendasi perawatan yang sesuai. Jangan menunda perawatan jika Anda mengalami gejala wasir yang mengganggu, karena risiko kesehatan yang lebih serius dapat terjadi jika wasir tidak diatasi dengan tepat.

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *