84 views
Sering Dianggap Wasir, Apa Itu Penyakit Fisura Ani?

Saat Anda buang air besar (BAB) jika merasakan sakit di bokong terutama merasakan perih biasanya Anda menganggapnya penyakit wasir, tapi ternyata itu adalah fisura ani.

fisura ani adalah luka kecil atau robekan pada lapisan anus. Retakan di kulit menyebabkan rasa sakit yang parah dan beberapa pendarahan merah cerah selama dan setelah buang air besar. Kadang-kadang, celah bisa cukup dalam untuk mengekspos jaringan otot di bawahnya.

Fisura ani bisa mempengaruhi orang-orang dari segala usia tapi paling umum pada bayi dan orang dewasa paruh baya.

Kondisi ini biasanya tidak serius, dan kebanyakan orang bisa mengobatinya di rumah. Namun, fisura ani yang berulang atau yang tidak segera sembuh bisa menjadi perhatian Anda.

Lakukan pengobatan di rumah

Perawatan tertentu bisa meningkatkan penyembuhan dan membantu meringankan ketidaknyamanan, termasuk pelunak feses dan pereda nyeri topikal.

Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya. Tapi jika fisura bertahan lebih dari enam minggu, itu dianggap kronis.

Jika fisura ani tidak membaik, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Dokter biasanya akan melakukan pembedahan. Tapi jika ini tidak berhasil, dokter akan mencari kelainan lain yang mendasari yang bisa menyebabkan fisura ani untuk merekomendasikan perawatan lebih lanjut.

Penyebab fisura ani

Ada beberapa hal yang bisa memicu terjadinya fisura ani, di antaranya:

  • Menurunnya asupan darah pada daerah anorektal
  • Masuknya benda tertentu ke bagian anus
  • Mengalami radang usus seperti penyakit Crohn’s
  • Mengejan saat melahirkan atau saat buang air besar
  • Akibat otot spinkter anus yang terlalu tertarik

Jika anda merasa ada gejala fisura ani, segera konsultasikan ke dokter spesialis anda, atau bisa dating ke klinik ST Wasir Center yang akan ditangani oleh dokter spesialis yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun sudah menangani kasus wasir dan fistula lebih dari 1000 kasus.

Baca Juga:  Waspada! Abses Perianal Penyebab Fistula Ani

Konsultasikan wasir atau penyakit anorektal kamu dengan dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta. ST Wasir Center hadir sebagai solusi permasalahan wasir dengan membawa berbagai layanan metode terkini untuk pengobatan wasir. Pengobatannya juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan tenaga medis ahli professional, juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Kamu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *