195 views
Terapi Jus Buah Yang Baik Untuk Wasir

Wasir adalah salah satu penyakit yang menimbulkan ketidaknyamanan karena bisa menghambat saluran pencernaan, sehingga buah air besar pun jadi nggak lancar. Mengatasi penyakit ini nggak harus dilakukan dengan minum obat, tetapi kamu juga bisa mencobanya dengan terapi jus buah yang baik untuk wasir. Berikut 7 macam jus buah yang ampuh membantu mengatasi wasir.

Sekilas tentang Wasir Dan Jus Buah

Dalam sekali siklus pencernaan, umumnya seseorang melakukan buang air besar maksimal sebanyak dua kali. Nah, jika BAB hanya terjadi sekali selama beberapa hari, maka bisa dikatakan kalau sistem pencernaannya sedang terganggu dan ini bisa memicu terjadinya penyakit wasir.

Gejala wasir diawali dengan tumbuhnya benjolan di luar anus disertai rasa gatal dan perih, sehingga akan sangat mengganggu aktivitas harian. Untuk itulah, kamu perlu menyembuhkan penyakit ini dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti jus buah. Adapun buah yang bagus untuk wasir minimal harus mengandung 5 gram serat per porsinya untuk diminum setiap hari.

Manfaat Jus Buah Untuk Wasir

Ketika sistem pencernaan kurang lancar dalam memproses makanan, maka kondisi ini bisa memperparah penyakit wasir yang kamu alami. Nah, cara terbaiknya bisa dilakukan dengan mengonsumsi jus buah yang berserat tinggi. Diantaranya, kamu bisa minum jus buah delima, jambu biji, kiwi, dan lainnya.

Jus buah yang berbentuk cairan ini sangat mudah dicerna oleh tubuh untuk memenuhi gizi dan nutrisi di dalamnya. Tentunya hal ini bisa memaksimalkan kinerja peristaltik organ usus menjadi lebih baik untuk memudahkan BAB keluar. Selain itu, banyak pula orang yang percaya dengan mengonsumsi jus buah akan membantu mengeluarkan racun tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Baca Juga:  Kenapa Ambeien Muncul Setelah Makan Pedas?

Memulai penyembuhan dengan terapi jus buah untuk wasir memang sangat efektif untuk mengobati penyakit ini. Namun, sembari minum jus buah, kamu tetap harus rajin berolahraga dan minum air putih minimal 2 liter per hari. Selain itu, jangan pernah pula kamu menunda BAB dan mengejan terlalu dipaksakan karena ini bisa memicu wasir.

Rekomendasi Terapi Jus Buah Yang Baik Untuk Wasir

1. Jus Pisang

Buah pisang dikenal sangat bagus untuk membantu mengatasi wasir karena memiliki kandungan serat, kalium, dan vitamin C yang tinggi. Sebuah pisang berukuran sedang setidaknya mengandung 3 gram serat yang bisa melunakkan kotoran penyebab wasir.

Pisang yang baik dipilih harus dalam kondisi matang yang bisa kamu beli mulai Rp22 ribuan per sisirnya. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dibuat jus pisang. Caranya cukup dengan memasukkan 2 potong pisang yang sudah dikupas ke dalam blender.

Jangan lupa untuk menambahkan susu bubuk, susu kental manis, dan gula secukupnya, lalu nyalakan blendernya. Jus pisang segar pun siap dinikmati.

2. Jus Buah Kiwi

Terapi jus buah untuk wasir berikutnya yakni dengan mengonsumsi jus buah kiwi. Dalam 100 gram buah kiwi setara dengan 3 gram serat alami yang membantu melancarkan keluarnya kotoran. Selain itu, berkat vitamin C dan enzim actinidin yang ada di dalamnya juga berperan penting dalam proses menyembuhkan wasir.

Harga buah kiwi sangat bervariasi tergantung jenis kiwinya, misalnya untuk kiwi gold zespro dijual kisaran Rp60 ribuan per kilogramnya. Untuk cara pembuatannya bisa dilakukan dengan masukkan 150gr buah kiwi, 150ml air matang, dan gula secukupnya ke dalam blender dan proses hingga lembut.

3. Jus Delima

Buah delima dengan ciri khasnya berwarna merah dan rasanya yang asam ini terbukti ampuh mengatasi wasir. Buah yang kaya akan astringent alami ini bisa mengurangi pembengkakan di anus, sehingga nggak heran kalau buah ini sangat disarankan untuk penderita wasir.

Baca Juga:  Ini Dia, Operasi Wasir Terjangkau di Bekasi!

Dalam 100 gram buah delima setara dengan 4 gram serat yang bisa meredakan rasa sakit ketika BAB. Namun, agar khasiatnya semakin terasa, sebaiknya konsumsi delima dalam bentuk jus yang masih segar. Jadi nggak dimakan secara langsung. Kalau nggak mau repot, kamu juga bisa coba membeli jus delima seharga Rp29 ribuan per liternya.

4. Jus Jambu Biji

Buah jambu biji sangat tinggi akan kandungan vitamin E dan C untuk memudahkan pencernaan. Bahkan, untuk 100 gram jambu biji mengandung 5 Mengonsumsi buah biji yang bersifat laksatif bisa berfungsi sebagai penyembuhan yang alami untuk penyakit wasir. Terutama buah jambu biji yang berwarna merah. gram serat yang sangat ampuh melancarkan BAB. Belum lagi kandungannya ini juga sangat efektif menurunkan berat badan sebagai alternatif cara diet.

4.5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *