42 views
Terapi Wasir Terkini

Wasir, atau hemoroid, adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah di dalam atau sekitar anus dan rektum mengalami peradangan atau pembengkakan. Kondisi ini cukup umum terjadi dan dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman, nyeri, perdarahan, dan ketidaknyamanan lainnya. Beberapa orang mungkin merasa malu untuk membicarakan masalah ini, tetapi penting untuk memahami bahwa ada berbagai terapi wasir terkini yang dapat membantu mengatasi kondisi ini.

Pendekatan Terapi Wasir Terkini:

1. Terapi Konservatif:

  • Perubahan Gaya Hidup: Meningkatkan asupan serat dalam diet, minum lebih banyak air, dan menghindari duduk terlalu lama dapat membantu mencegah dan mengurangi gejala wasir.
  • Obat-obatan: Dokter dapat meresepkan obat-obatan seperti krim topikal atau supositoria untuk meredakan peradangan dan nyeri. Obat-obatan oral juga dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan.
  • Sitz Bath: Mandi Sitz (mandi air hangat) dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan akibat wasir.

2. Terapi Minimal Invasif:

  • Skleroterapi: Prosedur ini melibatkan penyuntikan larutan khusus ke dalam wasir untuk menyusutkan pembuluh darah dan mengurangi gejalanya.
  • Ligasi Wasir dengan Karet: Ini adalah prosedur di mana dokter menggunakan karet untuk mengikat wasir dan menghentikan aliran darah ke dalamnya. Wasir akan kering dan terlepas dalam beberapa hari. Metode ligasi biasanya cocok untuk wasir internal
  • Ultrasonik: Metode ini menggunakan alat yang memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk memotong wasir. Cocok untuk wasir internal dan eksternal grade 1,2,3,4.
  • Radiofrekuensi: Metode ini menggunakan alat yang memanfaatkan gelombang radio untuk mengeringkan wasir hingga ke pangkal. Cocok untuk wasir internal dan eksternal grade 1,2,3,4
  • Terapi Laser: Beberapa dokter menggunakan teknologi laser untuk menghilangkan wasir.
Baca Juga:  Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Jadi Penyebab Wasir

3. Operasi:

  • Jika terapi konservatif dan minimal invasif tidak efektif, dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk mengangkat wasir. Beberapa teknik operasi termasuk hemoroidektomi konvensional, stapler hemoroid, dan teknik kauterisasi.

4. Terapi Non-Invasif:

  • Terapi cahaya inframerah (IRC) adalah metode yang menggunakan cahaya inframerah untuk mengurangi pasokan darah ke wasir, yang kemudian menyebabkan wasir menyusut.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki kondisi wasir yang berbeda, dan pengobatan yang paling sesuai dapat bervariasi. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan terapi yang paling sesuai berdasarkan tingkat keparahan dan jenis wasir yang Anda alami. 

Selain terapi fisik, penting juga untuk merawat kesehatan Anda secara keseluruhan dengan mengadopsi gaya hidup sehat. Ini termasuk menjaga pola makan yang seimbang, rutin berolahraga, dan menghindari kebiasaan duduk terlalu lama.

Wasir adalah kondisi yang dapat diatasi dengan bantuan medis dan perubahan gaya hidup yang tepat. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika Anda mengalami gejala wasir, dan ingatlah bahwa terapi wasir terkini menawarkan banyak pilihan pengobatan yang efektif.

Hubungi Klinik Proctology dengan pelayanan terlengkap ST Wasir Center untuk memperoleh informasi yang akurat dan terkini. Klinik STWC dilayani oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dalam menangani permasalahan proctology seperti wasir, fistula ani, dll. Selain biaya yang lebih terjangkau, metode yang digunakan di Klinik STWC sudah menggunakan metode minimal invasif yaitu tanpa pisau bedah. Terapi dilakukan tanpa rawat inap, minim rasa sakit, dan minim perdarahan. Hubungi 0878-8756-6315 untuk informasi lebih lanjut.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *