50 views
Tindakan Ketika Wasir Berdarah

Wasir berdarah, atau hemoroid, adalah kondisi umum yang terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus atau rektum mengalami pembengkakan dan perdarahan. Meskipun umumnya tidak membahayakan jiwa, wasir berdarah dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan memerlukan perhatian khusus. Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab, gejala, dan tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi ataupun ketika menghadapi wasir berdarah. Maka dari itu, yuk simak baik-baik artikel berikut ini!

Penyebab Wasir Berdarah

1. Tekanan Berlebih di Area Panggul

Tekanan yang berlebih di daerah panggul, seperti yang terjadi selama kehamilan atau saat konstipasi kronis, dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus.

2. Kurangnya Serat dalam Diet

Diet rendah serat dapat menyebabkan sembelit, yang pada gilirannya meningkatkan tekanan saat buang air besar dan dapat memicu wasir.

3. Aktivitas Fisik yang Tidak Cukup

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan peredaran darah yang buruk di tubuh, termasuk di area panggul, yang dapat berkontribusi pada pembentukan wasir.

4. Kegemukan

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan di daerah panggul dan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah.

Baca Juga:  Jenis- jenis Pekerjaan yang Rentan Wasir

5. Kebiasaan Buang Air Besar yang Tidak Sehat

Menahan buang air besar terlalu lama atau mengejan terlalu keras saat buang air besar dapat merusak pembuluh darah di sekitar anus.

Gejala Wasir Berdarah

1. Perdarahan saat Buang Air Besar

Gejala utama wasir berdarah adalah adanya darah segar pada tinja atau di kertas toilet setelah buang air besar.

2. Pembengkakan dan Rasa Gatal di Anus

Pembengkakan di sekitar anus, disertai rasa gatal atau nyeri, bisa menjadi tanda adanya wasir.

3. Rasa Tidak Nyaman atau Nyeri

Wasir dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri, terutama selama duduk atau saat buang air besar.

Tindakan yang Harus Dilakukan

1. Perubahan Gaya Hidup

Tambahkan serat dalam diet Anda dengan mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan sumber serat lainnya.

2. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari.

Meminum cukup air putih setiap hari dapat membantu seseorang untuk terhindar dari wasir, dikarenakan air putih membantu seseorang dalam melancarkan buang air besar.

3. Rutin berolahraga untuk meningkatkan peredaran darah.

Aktivitas fisik seperti olahraga mampu membuat seseorang terhindar dari wasir terutama wasir berdarah. Aktivitas fisik mampu membuat kondisi pencernaan terutama kondisi kotoran di dalam tubuh menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

4. Sitz Bath

Mandi air hangat (sitz bath) dapat membantu meredakan gejala wasir dan meningkatkan kesejahteraan.

5. Hindari Mengejan Terlalu Keras

Ketika buang air besar, hindari mengejan terlalu keras dan segera hentikan proses buang air besar jika Anda merasa tidak nyaman.

6. Konsultasi dengan Dokter

Jika gejala wasir berdarah berlanjut atau memburuk, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat merekomendasikan prosedur medis, seperti skleroterapi, ligasi, atau prosedur bedah jika diperlukan.

Baca Juga:  Apakah Wasir Bisa Sebabkan Kanker Anus?

Itulah artikel yang membahas mengenai tindakan-tindakan seperti apa yang dapat Anda lakukan ketika mengalami wasir berdarah. Tindakan pencegahan dan perawatan dini dapat membantu mengelola wasir berdarah dengan lebih efektif. Selalu penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan atau jika kondisi tidak membaik setelah mengikuti langkah-langkah perawatan di atas.

Apabila Anda membutuhkan penanganan langsung dari dokter atau profesional medis lainnya, Anda dapat mengunjungi ST Wasir Center. Selain mendapatkan penanganan langsung dari profesional medis, Anda juga mendapatkan penanganan menggunakan alat atau teknologi terkini yang mempermudah Anda dalam proses penyembuhan. Selain itu juga, saat ini ST Wasir Center telah membuka dua cabang di lokasi yang berbeda yaitu pertama di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dan kedua di RS Graha Juanda Bekasi. Maka dari itu, apabila Anda mengalami masalah seperti wasir/ambeien, fistula ani, fisura ani, hingga abses perianal, segera mengeceknya di ST Wasir Center terdekat!

Jangan lupa juga untuk mengunjungi website resmi STWC di www.stwasir.com dan Instagram STWC di @stwasircenter untuk mendapatkan informasi terbaru yang dapat Anda percayai!

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *