31 views
Tips Mencegah Wasir Kambuh Saat Naik Pesawat

Wasir atau hemorrhoid adalah kondisi umum yang dapat terjadi pada siapa pun. Kondisi ini dapat mempengaruhi kenyamanan seseorang, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh, seperti menggunakan pesawat terbang. Perjalanan udara dapat memperburuk gejala wasir, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah wasir kambuh saat dalam perjalanan. Karena mendekati libur akhir tahun, maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara atau tips mencegah wasir saat berpergian naik pesawat yang dapat Anda ikuti atau lakukan. Yuk simak baik-baik artikel kali ini!

Tips Mencegah Wasir saat Berpergian dengan Pesawat

1. Minum Air Secukupnya

Ketika dalam perjalanan udara, penting untuk tetap terhidrasi dengan baik. Konsumsi air yang cukup membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit, yang dapat memperparah wasir. Hindari minuman beralkohol dan kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Perhatikan Pola Makan

Jaga pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Serat membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi risiko sembelit, yang dapat memicu wasir. Menghindari makanan pedas atau berlemak juga dapat membantu mencegah iritasi pada saluran pencernaan.

3. Hindari Duduk Terlalu Lama

Saat dalam penerbangan yang panjang, usahakan untuk tidak terlalu lama dalam posisi duduk yang sama. Berdiri atau berjalan sebentar setiap beberapa jam untuk meningkatkan peredaran darah di area panggul dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus.

Baca Juga:  Apakah Fistula Ani Disebabkan Kondisi Anus yang Kotor?

4. Gunakan Bantal Donut

Bawa bantal donut atau bantalan khusus yang dirancang untuk mengurangi tekanan pada daerah wasir saat Anda duduk. Bantalan ini dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan iritasi pada wasir.

5. Gunakan Krim atau Salep Anti-inflamasi

Sebelum perjalanan, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi krim atau salep anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan pada wasir. Gunakan sesuai petunjuk dokter jika gejala wasir mulai muncul.

6. Hindari Konstipasi

Saat bepergian, pastikan untuk merespons dorongan buang air besar segera dan hindari menahan buang air besar terlalu lama. Jika perlu, gunakan suplemen serat atau laksatif ringan, tetapi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

7. Kenakan Pakaian Longgar dan Nyaman

Pilihlah pakaian yang longgar dan nyaman saat melakukan perjalanan udara. Terutama dalam penggunaan celana, karena penggunaan celana yang terlalu ketat di sekitar area panggul dapat meningkatkan tekanan pada wasir.

Kesimpulan

Itulah artikel yang membahas mengenai tips mencegah wasir saat liburan dengan naik pesawat yang bisa Anda lakukan. Mengambil langkah-langkah pencegahan ini dapat membantu mengurangi risiko wasir kambuh saat melakukan perjalanan dengan pesawat. Namun, jika gejala wasir memburuk atau Anda merasa tidak nyaman, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum dan setelah perjalanan untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Selalu penting untuk memperhatikan kesehatan Anda, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Untuk mendapatkan saran berkualitas, Anda dapat mengunjungi atau menghubungi ST Wasir Center di kontak yang tersedia. Dikarenakan di ST Wasir Center, Anda akan ditangani oleh profesional medis di bidangnya menggunakan alat atau teknologi terkini yang bertujuan untuk mempermudah segala proses. Gak pengen kan saat liburan, kamu mengalami wasir yang mengganggu keseharian kamu saat liburan? Jadi, tunggu apalagi? Apabila Anda mengalami ataupun khawatir mengalami wasir/ambeien, abses perianal, fistula ani, ataupun fisura ani, Anda dapat mengunjungi ST Wasir Center!

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *