51 views
Yuk Ganti Olahragamu Yang Bikin Ambeien Semakin Parah!

Ambeien, atau wasir, adalah kondisi yang umum terjadi di sekitar area dubur di mana pembuluh darah pada anus dan rektum mengalami peradangan atau pembengkakan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk tekanan berlebihan pada pembuluh darah di daerah tersebut. Meskipun olahraga dianggap penting untuk kesehatan, beberapa jenis olahraga dapat memperparah gejala ambeien atau bahkan menimbulkan risiko terjadinya ambeien. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jenis olahraga yang tepat bagi mereka yang menderita ambeien. Pada artikel kali ini akan dijelaskan olahraga apa saja yang bikin ambeien semakin parah.

Jenis Olahraga yang Harus Dihindari

Angkat Beban Berat

Olahraga angkat beban berat dapat meningkatkan tekanan intra-abdominal, yang dapat memperburuk gejala ambeien. Saat mengangkat beban, tubuh perlu menahan napas dan menekan otot perut, sehingga tekanan pada area anus dapat meningkat.

Bersepeda Lama

Bersepeda, terutama dalam jarak yang cukup jauh, dapat menyebabkan tekanan berlebih pada area panggul dan anus. Posisi duduk yang konstan dan tekanan pada daerah perineum dapat memicu atau memperparah ambeien.

Olahraga Kontak Fisik Tinggi

Olahraga seperti tinju, rugby, atau sepak bola yang melibatkan kontak fisik tinggi dapat meningkatkan tekanan dan trauma pada tubuh. Ini dapat berkontribusi pada pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di sekitar anus.

Berlari Jarak Jauh

Aktivitas lari jarak jauh atau maraton dapat meningkatkan tekanan pada area perineum dan menyebabkan gesekan yang berlebihan. Ini dapat memperparah gejala ambeien atau bahkan memicu munculnya ambeien baru.

Baca Juga:  Penyebab Kutil Kelamin Kambuh

Pilihan Olahraga yang Lebih Aman

Renang

Renang adalah olahraga tanpa beban yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah tanpa memberikan tekanan berlebih pada area anus.

Yoga

Gerakan dan posisi yoga dapat membantu mengurangi tekanan pada daerah perineum dan memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga ringan yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah tanpa menimbulkan tekanan berlebih pada pembuluh darah di daerah anus.

Bersepeda Statis

Menggunakan sepeda statis atau sepeda olahraga dalam ruangan dapat menjadi alternatif yang lebih aman dibandingkan bersepeda di luar ruangan.

Kesimpulan

Memilih jenis olahraga yang sesuai sangat penting bagi mereka yang menderita ambeien. Dengan menghindari olahraga yang dapat meningkatkan tekanan pada area anus, individu dapat membantu mengelola gejala ambeien dan mencegah kondisi semakin parah. Sebelum memulai atau mengubah program olahraga, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk memastikan keamanan dan relevansi olahraga yang dipilih dengan kondisi kesehatan individu.

Penting untuk diingat, selain memilih olahraga yang sesuai, penting untuk merubah pola hidup menjadi lebih baik. Memakan makanan yang bergizi dan berserat tinggi, tidak jongkok atau duduk lama-lama di toilet, tidur dan istirahat yang cukup juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kamu termasuk ambeien atau wasir.

Jika kamu sudah mengalami gejala ambeien yang cukup mengganggu, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Semakin dini memeriksakan ke dokter, semakin memudahkan pengobatannya. Hubungi ST Wasir Center, klinik proctology pelayanan terlengkap yang menangani penyakit wasir/ambeien, fistula ani, dan berbagai penyakit anorektal lainnya. Tim medis profesional kami akan dengan senang hati membantu anda.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *