31 views
5 Gejala Wasir yang Patut Diwaspadai

Wasir atau ambeien adalah sebuah penyakit yang terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah vena di sekitar anus. Penyebab dan gejala wasir ini cukup beragam namun muncul karena adanya tekanan besar.

Penyakit ini tidak menyebabkan kematian bahkan jika mengalami stadium ringan dapat sembuh dengan sendirinya.

Namun, tentu saja, wasir dapat mengganggu berbagai kegiatan penderita karena terasa menyakitkan. Wasir sering dialami oleh orang dewasa dan diderita oleh perempuan dibandingkan laki-laki.

Gejala Wasir Yang Perlu Diperhatikan

Apa saja gejala wasir yang sering terjadi? Di bawah ini ada beberapa gejala yang sering dialami penderita wasir, khususnya wanita.

1. Rasa Nyeri di Sekitar Anus

Gejala wasir yang umum terjadi adalah adanya rasa nyeri di anus. Nyeri ini bisa muncul pada jenis wasir internal atau eksternal. Biasanya akan terasa sebelum, selama, atau sesudah buang air besar.

Untuk wasir internal, rasa nyeri ini disebabkan karena prolapse yang terjadi ketika benjolan pada anus membengkak. Benjolan inilah yang menyebabkan otot di sekitar hemorrhoid menegang dan memberikan rasa tidak nyaman.

Untuk wasir eksternal biasanya rasa nyeri terasa karena terbentuknya trombosis yaitu gumpalan darah di vena di sekitar hemorrhoid. Gumpalan inilah yang membuat aliran darah dapat terganggu dan membuat kulit disekitarnya akan menegang dan terasa perih.

2. Anus Terasa Bengkak

Anus yang bengkak adalah gejala yang terjadi karena adanya tekanan saat mengejan buang air besar. Mengejan yang terlalu keras akan menekan saluran anus sehingga membuat benjolan terdorong ke otot sphincter.

Baca Juga:  Apakah Wasir Dapat Sebabkan Kanker Anus?

Inilah yang menyebabkan jaringan ikat yang menahan wasir di tempatnya melemah dan membengkak.

Wasir yang membengkak akan membuat anus juga ikut bengkak. Hal ini akan menyebabkan otot-otot yang mengelilingi rectum mengejang sampai menyebabkan rasa sakit.

3. Keluar Benjolan dari Dalam Anus

Salah satu gejala wasir yang perlu diwaspadai adalah muncul atau keluarnya benjolan dari anus.

Benjolan ini adalah pembuluh darah yang membengkak dan mengalami prolaps. Sama seperti gejala sebelumnya, penyebab dari wasir ini karena terlalu keras saat mengejan sehingga benjolan akan ikut keluar.

4. Buang Air Besar Berdarah

Gejala wasir yang satu ini mungkin membuat siapapun panik. Darah yang muncul saat sedang buang air besar aan berwarna merah dan kaya dengan oksigen.

Gejala ini sering terjadi pada kasus wasir internal. BAB yang berdarah karena feses yang keluar memiliki tekstur yang keras dan mampu menggores benjolan wasir hingga terbuka.

Selain itu, kondisi otot sphincter di sekitar anus yang menegang akan semakin mendorong pendarahan. Biasanya hal ini terjadi pada penderita sembelit parah.

5. Anus yang Gatal

Hal yang perlu diketahui sebagai gejala wasir yang terakhir adalah iritasi yang menimbulkan rasa gatal di area anus.

Saat Anda mengalami prolaps, lendir yang ada di dalamnya keluar ke jaringan di sekitar anus. Dalam lendir ini, mengandung feses mikroskopik yang bisa menyebabkan iritasi di kulit.

Gejala wasir di atas dapat Anda ketahui agar dapat diatasi dengan segera. Ada banyak cara mengatasi penyakit yang satu ini.

Salah satunya adalah dengan melakukan operasi di STWC (ST Wasir Center) yang ditangani oleh dokter spesialis bedah berpengalaman lebih dari 15 tahun dan telah menangani lebih dari 1000 kasus.

Baca Juga:  Atasi Wasir Dalam Hitungan Menit dengan Metode Radiofrekuensi di Klinik ST Wasir Center

ST Wasir Center juga menggunakan alat canggih dari Korea yang mampu mengatasi wasir Anda hanya dalam kurun waktu 15 menit tanpa rasa sakit, pendarahan, dan rawat inap.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *