170 views
5 Obat Alami Ambeien Yang Ampuh dan Mudah digunakan

Ambeien, juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi medis yang umum terjadi di sekitar rektum atau anus. Hal ini disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah di area tersebut, menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan rasa tidak nyaman. Meskipun ada banyak obat konvensional yang tersedia untuk mengobati ambeien, beberapa orang mungkin mencari alternatif alami yang ampuh dan mudah diakses. Dalam artikel ini, kami akan menyoroti beberapa obat alami yang telah terbukti efektif dalam meredakan gejala ambeien.

Obat Alami Ambeien Yang Ampuh

Ekstrak Bunga Talang

Ekstrak bunga talang, juga dikenal sebagai ekstrak bunga sempervivum, adalah bahan alami yang diperoleh dari tanaman sempervivum tectorum. Tanaman ini sering ditemukan di daerah pegunungan, terutama di Eropa dan Asia. Ekstrak bunga talang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk wasir.

Ekstrak bunga ini memiliki sifat anti inflamasi yang kuat. ekstrak ini dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan, yang merupakan gejala umum wasir. Dengan mengurangi peradangan, ekstrak bunga talang dapat meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang biasanya terkait dengan wasir.

Ekstrak bunga ini biasanya tersedia dalam bentuk cair yang dapat digunakan secara langsung diminum atau untuk berendam daerah anus. Untuk diminum dosisnya 2×5 tetes dicampus dalam air 150 cc. Sedangkan untuk berendam 2×10 tetes di dalam air kurang lebih 2 liter atau sampai daerah anus teredam. Berendam bias dilakukan selama 15 menit. 

Baca Juga:  Operasi Ambeien Terdekat di Bekasi: Terjangkau, Modern, Langsung Bisa Beraktivitas!

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk ambeien. Gel yang terdapat dalam lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan mengandung senyawa yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan pembengkakan. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda cukup membelah daun lidah buaya dan mengambil gel yang ada di dalamnya. Oleskan gel tersebut ke daerah yang terkena ambeien beberapa kali sehari untuk meredakan gejala.

Jahe (Ginger)

Jahe adalah rempah-rempah yang memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Minyak esensial dalam jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan ambeien. Anda dapat mengkonsumsi jahe segar dengan cara mengunyahnya atau membuat teh jahe. Teh jahe hangat dapat memberikan efek relaksasi pada saluran pencernaan dan membantu meredakan gejala ambeien.

Kunyit (Turmeric)

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang terkait dengan ambeien. Anda bisa mencampurkan kunyit bubuk dengan air hangat untuk membuat pasta dan mengaplikasikannya secara topikal pada area yang terkena. Selain itu, mengonsumsi kunyit dalam makanan atau sebagai suplemen juga dapat membantu meredakan gejala ambeien.

Larutan PK

Rendam area anus dengan air hangat dan tambahan PK dapat membantu mengurangi peradangan ambeien. PK memiliki sifat antiseptik yang membantu mencegah infeksi dan mengurangi peradangan. Pastikan airnya hangat, bukan panas, untuk menghindari iritasi lebih lanjut. Rendam area yang terkena ambeien dalam air hangat selama sekitar 15-20 menit untuk hasil maksimal, dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore. 

Pola Hidup dan Pola Makan

Selain penggunaan obat-obatan alami yang ampuh untuk ambeien, penderita ambeien perlu memperbaiki pola hidup dan pola makan setiap hari. Perhatikan makanan yang dikonsumasi setiap hari dan lakukan olahraga rutin yang aman untuk penderita ambeien. 

Baca Juga:  Penyebab Keterlambatan Kesembuhan Pasca Operasi Fistula

Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat membantu mengurangi sembelit dan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan adalah contoh makanan yang kaya serat. Serat membantu melunakkan tinja dan memudahkan proses buang air besar, mengurangi tekanan pada daerah ambeien.

Olahraga

Bagi penderita ambeien, olahraga merupakan salah satu cara yang aman dan efektif untuk mengurangi gejala serta membantu meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan. Olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi sembelit, dan menjaga berat badan yang sehat, yang semuanya berkontribusi pada manajemen ambeien. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jenis olahraga cocok untuk semua orang, terutama untuk penderita ambeien. Berikut adalah beberapa olahraga yang dianggap aman dan bermanfaat bagi penderita ambeien:

  1. Berjalan Kaki: Berjalan adalah salah satu olahraga yang paling mudah dan aman untuk penderita ambeien. Lakukan jalan kaki secara teratur, setidaknya 30 menit per hari, untuk membantu melancarkan peredaran darah dan memperlancar pencernaan.
  2. Berenang: Renang merupakan olahraga yang lembut bagi tubuh karena tidak menimbulkan tekanan berlebih pada area panggul. Ini bisa membantu mengurangi gejala ambeien tanpa menyebabkan ketidaknyamanan.
  3. Bersepeda: Bersepeda adalah pilihan olahraga yang baik bagi penderita ambeien karena tidak menyebabkan tekanan langsung pada area dubur. Pastikan Anda menggunakan sepeda yang nyaman dengan posisi duduk yang benar.
  4. Yoga: Beberapa pose yoga tertentu dapat membantu mengurangi tekanan pada area panggul dan meredakan gejala ambeien. Hindari pose yoga yang membutuhkan pengejan atau menekan area perut secara berlebihan.
  5. Pilates: Pilates adalah latihan yang fokus pada kekuatan inti dan postur tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada area perut dan memperkuat otot-otot panggul.
  6. Latihan Kekuatan: Melakukan latihan kekuatan ringan, terutama untuk otot-otot kaki dan panggul, dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko sembelit.
  7. Peregangan: Rutin melakukan peregangan sebelum dan setelah olahraga dapat membantu mengurangi ketegangan pada tubuh dan membantu melancarkan sirkulasi darah.
Baca Juga:  Apa Yang Terjadi Jika Ambeien Dibiarkan Tanpa Pengobatan?

Kesimpulan

Meskipun obat alami di atas telah terbukti membantu mengurangi gejala ambeien, penting untuk diingat bahwa hasilnya bisa bervariasi pada setiap individu. Jika Anda mengalami ambeien yang parah atau gejala tidak kunjung membaik, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan evaluasi dan penanganan yang tepat. Selain itu, hindari menggaruk atau menekan ambeien, dan jaga kebersihan area tersebut untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *